Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Ciri dan Unsur Sistem Menurut Para Ahli

Pengertian, Ciri dan Unsur Sistem  – Apa itu sistem?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sistem adalah perangkat unsert yang memang secara teratur saling berkaitan satu sama lainnya sehingga membentuk suatu totalitas, contohnya adalah sistem organ pencernaan, pernafasan, jaraingan LA, WAN dan lain sebagainya. ada beberapa pengertiaan sistem yang dijelaskan oleh beberapa ahli seperti berikut ini

  • Sistem menurut Davis G. B

Menurut Davis, G.B dimana sistem secara fisik (System in physical view) merupakan kumpulan – kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi (is a collection of elements that operate) secara bersama-sama guna untuk menyelesaikan suatu sasaran (together to accomplish a goal) atau tujuan.

Ini mengartikan jika sistem adalah kumpulan elemen yang bisa diamati dan juga dikendalikan untuk mencapai tujuan tertentu.

  • Sistem menurut Jogianto

Menurut Jogianto sendiri diartikan bahwa sistem adalah kumpulan dari elemen – elemen (The system is a collection of elements) yang dapat saling berinteraksi guna untuk mencapai sebuah tujuan tertentu atau that interact to achieve a certain goal.

Jogianto juga menambahkan jika “Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata adalah suatu objek nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi”.

Kesimpulannya adalah bahwa jogianto menekankan bahwa sistem harus tersusun oleh segala sesuatu yangfisikal atau dpat diamati dengan menggunakan indera dengan atau tanpa alat bantu.

  • Sistem menurut andri kristanto

Sistem yang diartikan menurut Andri Kristanto adalah sebuahjaringan kerja dari prosedur yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya (A network of interrelated procedures) kemudian saling berkumpul bersama guna agar dapat melakukan aktivitas (gather together to be able to perform activities) maupun dapat menyelesakan suatu target tertentu atau complete a specific target.

  • Adalagi pengertian sistem menurut musanef

Sistem adalah kesatuan yang utuh (The system is a unified whole) dari suatu rangkaian yang saling terikat antara satu dengan yang lainnya (of a series that is bound to one another).

Selain itu juga menurut Musanef dia menambahkan jika”Bagian kecil atau anak cabang dari suatu sistem telah menjadi induk sistem dari rangkaian yang selanjutnya”.

Dimana kondisitersebut akan terus menerus terjadi sampai tiba pada saat terdapat bagian – bagian yang menggangu sktabilan sistem itu sendiri nantinya.

Pada pengertian sistem yag dijelaskan oleh Musanef diatas sebenarnya selain menjelaskan definisi sistem itu sendiri tapi juga menjelaskan tentang suksesi sistem dan juga kstabilan sistemnya sendiri. Tentu definisi ini menjelaskan mengenai sistem tidak mungkin stabil setiap saat.

  • Sistem menurut sumantri

Menurut sumantri sendiri sistem berarti  sekelompok bagian yang saling bekerja sama untuk menjalankan suatu maksud  atau tujuan (A group of parts that work together to carry out a purpose).

Sumantri mengatakan apabila sebuah sistem tersebut mengalami kerusakan pada salah satu bagian tertentu maka keseluruhan sistem tersebut nantinya tidak akan bisa mengekseukui tugasnya secara total.

Ia juga menekankan jika suatu sistem tidak akan sempurna selama – lamanya, jika ada gangguan yang berarti terhadap sistem tersebut yang tentunya akan mengakibatkan sistem tersebut tidak dapat berjalan seusuai dengan targetnya lagi.

Lalu apa unsur – unsur sistem?

Ada lima unsur utama segala sesuatu dianggap sistem sebagai berikut.

  1. Adanya kumpulan objek atau biasa disebut dengan The existence of a collection of objects
  2. Adanya sebuah hubungan atau interaksi antara unsur – unsur serta elemen – elemen atau The existence of a relationship or interaction between elements or elements.
  3. Adanya sesuatu yang dapat mengikat unsur – unsert tersebut menjadi sebuah satu kesatuan.
  4. Sistem dicirikan berada pada suatu lingkungan yang utuh dan juga kompleks atau Being in an intact and complex environment.
  5. Tujuan bersama (output) sebagai hasil akhir sistem tersebut.

Apa saja ciri – ciri dan unsur – unsur sistem

Ada beberapa ciri – ciri dari sistem, yakni terdiri dari 8 bagian:

  1. Adanya Komponen Sistem.

Tentunya sebuah sistem terdiri atas komponen – koponen yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya atau interconnected. Sistem juga dapat bekerja sama sebagai satu kesatuan yang utuh.

Komponen – komponen dalam sistem tersebut dapat berupa sub – sub sistem itu sendiri

  1. Batasan Sistem atau Boundary.

Apa itu batasan sistem?

Batasan sistem terdiri atas segala sesuatu yang menjadi daerah antar sistem dan juga linkungan luar dari sistem Batasan sistem terdiri atas sesuatu yang menjadi daerah antara sistem dan lingkungan luar sistem itu sendiri.

Sehingga batasal inilah yang membuat sistem bisa dilihat sebagai sebuah kesatuan. Tentunya sistem akan mdasari bagaiana penentuan ruang lingkup sistem itu sendiri nantinya.

  1. Lingkungan Luar Sistem

Lingkungan luar sistem adalah segala sesuatu yang berada diluar sistem itu sendiri yang dapat berpengaruh terhadap kerja sistem baik itu yang akan menguntungkan atau sebaliknya.

  1. Penghubung Sistem atau Interface

Tentu sebuah sistem membtuhkan sebuah penghubung sistemagar nantinya terjai kerja yang sesuai. Prose yang telah diselesaikan oleh subsistem satu akan menjadi informasi yang sangat berguna bagi subsistem yang lainnya yang harus dihantarkan oleh penghubung sistem.

  1. Maskan sebuah sistem atau maintenance input

Disini mengartikan bahwa masukan adalah energy yang dimasukkan pada suatu sistem yang kemungkinanbisa berupa perawatan ataupun maintenance input dan signal input maupun masukan sinyal.

Sedangakan maintenance input adaalh energy yang telah dimasukkan supaya sistem tersebut bisa berjalan atau mampu untuk beroperasi sedangakan signal inputadalah energy yang telah diproses guna memperoleh sebuah keluaran.

  1. Ciri seperti adanya keluaran sistem atau output.

Ini mengartikan bahwa keluaran sistemadalahhasil dari energy yang memang telah telah diolah dan diklasifikasikan menjadi sebuah output yang bermanfaat dan sisa – sisa pembuangan.

  1. Adanya pengolah sistem

Tentunya sebuah sistem tersebut akan menjadi suatu bagian pengolah yang mengubah masukan menjadi keluaran.

  1. Adanya sasaran sistem

Mengartiakan dimana suatu sistem pastinya akan memiliki sebuah tujuan berupa objek. Nah sasaran dari sistem tersebut nantinya akan menentukan masukkan ataupu input yang memang dibutuhkan oleh sistem dan keluaran yang akan dihasilkan oleh sistem.

Baca Juga : Pengertian Kepemimpinan

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018