Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Fungsi Kepemimpinan dalam Manajemen

Pengertian dan Fungsi Kepemimpinan dalam Manajemen – Kesuksesan atau keberhasilan lembaga dan perusahaan ditentukan oleh tenaga kerjanya.

Sedangkan semangat kerja para pekerja ditentukan oleh pemimpinnya. Maka dari itu, fungsi seorang pemimpin di dalam manajemen perusahaan dan lembaga teramat penting. Tanpa pemimpin yang memiliki komitmen, perusahaan atau lembaga akan gulung tikar tanpa menunggu waktu yang lama.

Pengertian dan Fungsi Kepemimpinan dalam Manajemen

Pengertian dan Fungsi Kepemimpinan dalam Manajemen

Bagi anda yang menjadi pemimpin di sebuah perusahaan, baik sebagai manajer, personalia, kepala bagian, kepala unit dan lain lain, manajemen yang anda kelola harus berjalan dengan lancar.

Karena hal itu merupakan syarat pertama perusahaan anda mendulang hasil memuaskan. Sebaliknya, manajemen perusahaan anda akan hancur akibat pengetahuan anda tentang fungsi kepemimpinan yang rendah.

Nah agar anda bisa menjadi pemimpin yang baik di dalam manajemen yang anda kelola, berikut ini kami list pengertian kepemimpinan sekaligus fungsinya.

PENGERTIAN KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan adalah salah satu fungsi manajemen yang berbentuk penguasaan seseorang terhadap orang lain yang dengan penguasaan ini dia bisa melakukan segala macam perintah dengan benar. Orang yang berperan di dalam kepemimpinan ini disebut pemimpin. Sedangkan orang yang mereka perintah adalah bawahan.

Tanpa adanya kepemimpinan di dalam sebuah manajemen, proses manajemen tidak akan berjalan dengan baik. Tidak ada pengawasan, tidak ada evaluasi, bahkan tujuan yang akan disasar untuk tercapai pun tidak mungkin ada.

Tentu, jika  manajemen model seperti ini yang masih dipertahankan, perusahaan akan segera hilang dari peredaran akibat kalah bersaing degan perusahaan lain yang manajemennya lebih komplit.

Fungsi kepemimpinan bisa berjalan dengan baik apabila pemimpinnya memiliki sifat sifat yang mampu mempengaruhi bawahan agar mampu bekerja dengan baik pula.

Jangan harap jika pemimpinnya egois, otoriter, suka marah marah, bawahannya akan melaksanakan pekerjaan sesuai yang diharapkan. Justru mereka akan bekerja setengah hati.

Manajemen adalah kegiatan merencanakan, mengatur, mengawasi, melakukan suatu kegiatan yang dilakukan secara teratur, sistematis dan serius demi manfaat agar tujuan tujuan perusahaan atau lembaga tercapai.

Nah, setelah membaca narasi diatas bisa disimpulkan kalau pengertian kepemimpinan adalah salah satu fungsi manajemen yang berbentuk pengaturan dan pemberian intruksi atau perintah pemimpin kepada bawahan demi tujuan untuk melancarkan proses manajemen demi tercapainya tujuan tujuan perusahaan atau lembaga.

Sedangkan pengertian kepemimpinan dalam manajemen adalah pemimpin memiliki kewenangan mutlak sebagai pengatur manajemen yang berefek pada intruksi dan teguran kepada bawahan demi tujuan agar perusahaan meraih kesuksesan yang besar.

FUNGSI FUNGSI KEPEMIMPINAN

Fungsi kepemimpinan di dalam manajemen terbagi menjadi 5 bagian, yaitu fungsi perencanaan, pengaturan, Personalia, Koordinasi dan fungsi pengendalian. Berikut ini merupakan penjabaran dari fungsi fungsi tersebut, yaitu :

  1. Fungsi Perencanaan

Menurut fungsi perencanaan atau planning ini kepemimpinan berperan sebagai titik pusat dari perencanaan yang ada. Artinya adalah seorang pemimpin memegang kendali seluruh perencanaan agar nantinya program atau pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan rencana.

Selain itu, semua orang yang ikut andil di dalam perencanaan tersebut harus melaporkan temuan di lapangan kepada pemimpinnya.

  1. Fungsi Pengaturan

Fungsi pengaturan artinya fungsi kepemimpinan mengatur secara absolut struktur organisasi yang dipimpinnya. Artinya, pemimpinlah yang menentukan posisi bawahan sesuai dengan kemampuannya dalam menyelesaikan pekerjaan.

Selain itu, pemimpin juga memiliki hak penuh untuk memberikan perintah tanggung jawab kepada bawahannya sesuai dengan bidang kerjanya masing masing.

Jika fungsi pengaturan ini tidak berjalan, berarti struktur organisasi di perusahaan akan kalang kabut. Ingat! struktur organisasi adalah pondasi pertama berdirinya bangunan kesuksesan sebuah manajemen perusahaan.

  1. Fungsi Personalia Atau Kepegawaian

Fungsi personalia adalah kepemimpinan, dalam hal ini bagian personalia, memiliki hak penuh untuk mengangkat pegawai baru dan ditempatkan di bagian yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Selain itu, kepemimpinan ini juga menentukan promosi, jabatan, training pekerja yang kesemuanya dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja pegawai.

  1. Fungsi Koordinasi

Fungsi koordinasi adalah fungsi kepemimpinan yang berarti pemimpin  memiliki wewenang untuk menggabungkan fungsi pengaturan, perencanaan dan personalia untuk mencari solusi terbaik jika ada permasalahan permasalahan kerja.

Biasanya koordinasi semacam ini terjadi dalam bentuk rapat rapat bersama yang dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

  1. Fungsi Pengendalian

Fungsi kepemimpinan di dalam manajemen yang kelima atau yang terakhir adalah fungsi pengendalian. Fungsi pengendalian ini berarti seorang pemimpin harus menjamin kalau semua fungsi diatas berjalan sesuai harapan.

Biasanya dalam fungsi ini, pemimpin akan menunjuk pengawas pekerja untuk melihat sejauh mana progres pekerjanya berkerja sesuai dengan perencanaan yang sudah tersepakati bersama.

Itulah pengertian dan fungsi fungsi kepemimpinan dalam manajemen. Diharap dari artikel ini, para pemimpin perusahaan atau lembaga bisa memimpin perusahaan terutama memimpin semua bawahannya agar bekerja lebih baik lagi. Sehingga perusahaan berjalan dan bergerak sesuai apa yang di cita citakannya.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018