Perbedaan Bunga Kantil dan Cempaka

Diposting pada

Perbedaan Bunga Kantil dan Cempaka – Bunga cempaka merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di daerah tropis maupun sub tropis. (Baca : Perbedaan Iklan Tropis dan Sub Tropis)

Perbedaan Bunga Kantil dan Cempaka
Perbedaan Bunga Kantil dan Cempaka

Bunga ini tersebar di negara Asia Selatan, Asia Tenggara dan Tiongkok Selatan. Di Indonesia sendiri, bunga cempaka banyak ditemukan di daerah Jawa, Sulawesi, Sumatera dan Maluku. Bunga ini terkenal dengan aromanya yang khas.

Bunga cempaka yang ada di Indonesia memiliki beraneka ragam jenis, di antaranya bunga cempaka putih, bunga cempaka merah, bunga cempaka kuning, bunga cempeka ungu dan bunga cempaka gondok.

Dari berbagai jenis bunga cempaka yang ada di Indonesia tersebut, semuanya memiliki warna dan bentuk yang berbeda-beda. Dengan aroma yang harum dan warna yang berneka ragam serta indah, tidak heran jika bunga cempaka banyak diminati oleh masyarakat.

Dari berbagai jenis bunga cempaka tersebut, bunga cempaka yang paling populer adalah jenis bunga cempaka putih yang juga dikenal dengan nama bunga kantil.

Bunga kantil atau bunga cempaka putih dikenal karena mitos yang sering dikaitkan pada bunga ini.

Selain berbeda warna, masih ada beberapa hal yang membedakan antara bunga kantil atau cempaka putih dengan bunga cempaka lainnya.

Perbedaan Bunga Kantil dan Cempaka

Berikut perbedaan antara bunga kantil dan berbagai jenis bunga cempaka lainnya :

  • Warna

Perbedaan yang paling jelas antara bunga kantil atau bunga cempaka putih dengan beberapa jenis bunga cempaka lainnya yaitu dilihat dari warnanya.

Sesuai dengan namanya, bunga cempaka putih atau yang lebih dikenal dengan bunga kantil memiliki warna putih pada kelopak daunnya.

Namun saat masih muda, bunga kantil memiliki warna hijau dan setelah mekar berubah warna menjadi putih bersih.

Selain itu, terdapat bulu-bulu halus pada bagian ranting tanaman kantil yang berwarna keabu-abuan.

Sedangkan bunga cempaka merah memiliki bunga yang berwarna merah muda dan tumbuh di ujung ranting. Untuk bunga cempaka kuning, bunganya berwarna kuning keruh atau mendekati warna jingga.

Bunga cempaka kuning ini merupakan salah satu flora identitas dari Provinsi Aceh.

Jenis bunga cempaka yang terakhir yaitu cempaka ungu yang memiliki nama latin Magnolia Liliaflora, memiliki kelopak bunga yang berwarna ungu terang.

  • Daun

Untuk membedakan bunga kantil atau bunga cempaka putih dengan berbagai jenis bunga cempaka lainnya juga dapat dilihat pada bagian daunnya.

Umumnya, baik bunga kantil maupun beberapa jenis bunga cempaka lainnya memiliki daun yang berbentuk bulat oval dengan bagian ujung dan pangkal daun runcing.

Namun bedanya, bunga kantil atau cempaka putih memiliki tenda daun yang berjumlah 6 hingga lebih, terlihat jelas dan terkadang 3 tenda daun yang terluar termodifikasi menyerupai daun kelopak dan menyirap.

Sedangkan, tenda pada daun bunga cempaka kuning memiliki panjang sekitar 3 hingga 5 cm dengan bagian terdalam lebih runcing dan lebih sempit dibandingkan dengan bagian terluar.

Berbeda dengan jenis bunga cempaka lainnya, daun yang dimiliki oleh jenis cempaka ungu justru tidak banyak, namun hal tersebut tertutupi dengan banyaknya jumlah bunga yang tumbuh pada setiap rantingnya.

Itulah beberapa hal yang membedakan bunga kantil atau cempaka putih dengan berbagai jenis bunga cempaka lainnya.

Di balik mistisnya bunga kantil, ternyata bunga kantil menyimpan banyak manfaat yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas.

Selain sering dijadikan sebagai pelengkap upacara adat, bunga kantil memiliki berbagai manfaat, salah satunya dapat mengobati berbagai penyakit seperti sinusitis, perut kembung, vertigo, batuk, hingga masalah keputihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.