Syarat Tumbuh Tanaman Tebu

Diposting pada

Syarat Tumbuh Tanaman Tebu – Saat ini, budidaya tanaman tebu sudah bukan lagi kegiatan yang dilakukan oleh PTPN saja.

Syarat Tumbuh Tanaman Tebu
Syarat Tumbuh Tanaman Tebu

Sebab, sudah banyak perusahaan atau petani yang membudidayakannya. Selain itu, dengan adanya program petani tebu rakyat.

Masyarakat sudah dapat melakukan budidaya tanaman tebu dengan pengelolaan mandiri, meskipun masih dalam pengawasan atau bantuan dari PTPN.

Sejak 10 tahun terakhir, pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya menggalakkan program budidaya tanaman tebu kepada masyarakat untuk kembali meningkatkan produksi gula di Indonesia.

Hal ini dikarenakan, terjadinya penurunan produksi gula dan memaksa pemerintah mengimpor gula dari luar negeri.

Pada jaman penjajahan Belanda, Indonesia pernah mengalami kejayaan dalam pertanian tebu dan sebagai pengekspor gula.

Syarat-Syarat Tumbuh Tanaman Tebu

Untuk melakukan budidaya tanaman tebu, kita harus mengetahui beberapa syarat yang dibutuhkan oleh tanaman tebu agar dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Berikut beberapa syarat agar dapat menghasilkan tanaman tebu yang baik dan berkualitas.

  • Umumnya, tanaman tebu akan tumbuh dan berkembang dengan baik pada daerah yang memiliki iklim tropis hingga subtropis yaitu di sekitar garis khatulistiwa sampai garis isotherm. (Baca Juga : Pengertian Iklan Sub Tropis)
  • Tanaman tebu dapat ditanam pada dataran rendah sampai dataran tinggi yaitu sekitar 100 – 1000 m diatas permukaan laut. Tanaman ini banyak dibudidayakan dataran rendah yang memiliki musim kering lebih banyak dari pada musim hujan, sedangkan pada dataran tinggi yang memiliki suhu udara rendah perkembangannya akan sedikit lambat dan memiliki kualitas rendah dari pada yang dibudidayakan di dataran rendah. Di Indonesia, batas maksimal ketinggian untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik adalah 600 – 700 m diatas permukaan laut. Namun ada juga yang membudidayakan diatas ketinggian tersebut, sehingga siklus pertumbuhannya semakin lama yaitu sekitar 14 -18 bulan.
  • Suhu terbaik untuk perkecambahan tanaman tebu adalah 26 – 30°C pada siang hari, sedangkan pada malam hari harus dibawah 18°C agar pembentukan kandungan sukrosa pada tebu semakin tinggi.
  • Curah hujan yang diperlukan tanaman tebu agar dapat tumbuh dengan baik adalah sekitar 1700 – 2500 mm per tahun, sedangkan jika curah hujan dibawah 1700 mm per tahun maka diperlukan aliran irigasi yang baik.
  • Tanaman tebu memerlukan kesuburan, sifat tanah yang baik, dan dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Meski dapat tumbuh dengan baik, tanaman tebu akan tumbuh maksimal pada tanah yang gembur, memiliki aliran irigasi yang baik, memiliki pH antara 5 – 8, memiliki kandungan nutrisi dan senyawa organik lainnya dalam jumlah banyak, hingga memiliki kemampuan menahan air yang baik.
  • Untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sebenarnya tanaman tebu lebih baik ditanam ditanah lempung liat dengan solum, tanah lempung berpasir, dan tanah lempung berdebu. Sedangkan pada tanah yang berat atau keras, juga dapat ditanami oleh tanaman tebu. Tetapi, agar dapat ditanami harus memerlukan pengolahan terlebih dahulu agar tanah tersebut menjadi gembur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.