7 Jenis Tanaman Hias Gantung Daun

Jenis Tanaman Hias Gantung Daun – Saat ini, terdapat banyak sekali jenis atau macam dari tanaman hias yang dapat digantung, mulai dari tanaman hias gantung dengan bunga yang terlihat bermekaran di atas pot hingga yang memiliki sifat merambat.

7 Jenis Tanaman Hias Gantung Daun

7 Jenis Tanaman Hias Gantung Daun

Namun, di atntara berbagai tanaman hias, terdapat istilah tanaman hias gantung daun, dimana daun yang dimiliki lebih besar dibandingkan dengan bunga atau batangnya, serta daun yang dimiliki ini akan menjorok ke luar.

Berikut ini adalah jenis tanaman hias gantung daun yang dapat dimiliki dan dijadikan sebagai tanaman hias di rumah Anda.

1). Black Eyed Susan Vine

Tanaman yang juga dikenal sebagai Thunbergia alata ini merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah beriklimi dingin.

Namun, faktanya, tanaman ini juga mampu hidup di berbagai tempat dengan berbagai macam suhu atau iklim, khususnya di Indonesia.

Saat dijadikan sebagai tanaman gantung, maka daun tanaman ini akan menonjol keluar dan menutupi banyak daerah di sekitarnya dengan warna jingga dan putih. Namun, untuk jenis lain, ada warna lainnya seperti merah, salom, dan ivory.

2). Silver Hair

Tanaman hias gantung daun yang dikenal sebagai silver hari merupakan tanaman yang dapat dijumpai di manapun, baik dataran rendah maupun dataran tinggi.

Namun, saat dewasa, daun  Silver Hair akan menyeruak keluar dengan ukuran paling panjang dapat mencapai sekitar 1 meter.

Terkait dengan proses penanamannya, diperlukan sinar matahari yang cukup dan ukuran pot dengan diameter sekitar 20 hingga 30 cm.

Media tanam silver hair sebaiknya adalah tanah dan humus serta perlu dilakukan penyiraman sebanyak 1 kali sehari.

3). Hanging Purple Grass

Tanaman hias gantung yang memiliki ukuran kecil memiliki daun berwarna merah dan menjadi hijau saat sudah menjadi tua.

Tumbuhan ini juga bukanlah tanaman yang manja kare dapat bertahan saat diperlakukan dengan keras dan kejam, seperti saat tanaman ini dibagi menjadi 10 bagian yang nantinya setiap bagian tersebut dapat ditanam di dalam pot yang berbeda.

Untuk menanamnya, maka Anda harus meletakkan tanaman ini di tempat yang teduh dan tidak mendapatkan cahaya matahari langsung dengan media tanam dalam pot yaitu humus dan tanah.

4). Daun Ungu

Tanaman hias daun ungu merupakan tanaman hias yang mampu tumbuh subur di daerah beriklim panas atau di dataran rendah.

Namun, tanaman hias ini tidak dapat terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama.

Dalam perawatannya, utamanya penyiraman, hanya perlu dilakukan 1 kali dalam sehari dan melakukan perawatan seperti pada umumnya.

5). Pelargonimus

Tanaman yang seringkali dikenal sebagai tanaman geranium merupakan jenis tanaman hias yang dapat tumbuh dengan lebat dan sesuai untuk digunakan sebagai tanaman hias gantung.

Danu tanamannya ini memiliki tangkai yang cukup panjang dan akan menyeruak keluar apabila sudah dewasa.

Dalam perawatannya, hanya perlu dilakukan penyiraman minimal 1 kali sehari dan ditempatkan pada daerah yang terkena sinar matahari. Bunga akan bermekaran apabila terkena sinar matahari minimal 6 – 8 jam sehari.

6). Fuschia atau Kembang Anting-Anting

Tanaman gantung Fuschia atau yang dikenal sebagai bunga anting-anting di Indonesia merupakan tanaman yang paling sesuai untuk digantung karena posisi menggantungnya yang menyerupai anting-anting yang cantik dan indah.

Seperti pada tanaman tropis lainnya, tanaman gantung ini dapat tumbuh subur dan mekar sepanjang tahun.

Bibit tanaman Fuschia ini juga mudah ditemukan di pasar dengan berbagai macam variasi warna, seperti merah, putih, pink, ungu, dan berbagai warna kombinasi.

Pastikan bahwa Anda rajin menyirami tanaman gantung Fuschia ini dan diletakkan pada posisi yang sejuk agar terhindar dari kekeringan akibat penyinaran matahari langsung.

7). Lili Paris (Chlorophytum comosum)

Tanaman Lili Paris merupakan salah satu tanaman hias yang popular di daerah tropis seperti di Indonesia karena tanaman ini tahan panas dan mudah beradaptasi dengan cepat dan baik di lingkungan sekitarnya.

Dengan warna daun yang cukup menarik dan mampu tumbuh panjang ke bawah, maka tidak mengherankan bahwa banyak yang menggunakan tanaman Lili Paris ini sebagai tanaman gantung di rumah.

Untuk menanamnya, maka cukup gunakan tanahliat dan tempatkan di daerah yang terkena sinar matahari secara cukup.

8). Tanaman begonia

Selain itu, tanaman hias begonia merupakan tanaman gantung hias yang sesuai untuk ditanam di Indonesia, yang merupakan salah satu negara tropis.

Terdapat berbagai jenis daun begonia, dimulai dari dedaunan begonia, hingga pucuk bunga begonia.

Baca Juga :

Contoh tanaman hias begonia yang paling popular adalah Begonia Rex dengna bentuk daun yang besar dan didominasi dengan warna hijau dan merah yang menarik.

Terdapat juga Begonia Cane yang tidak kalah populer, bahkan dikenal sebagai “Sayap Malaikat” hingga Begonia Lilin (Wax Begonia) karena daunnya yang terlihat seperti dilapisi lilin.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..