6 Cara Budidaya Tanaman Hias Florida Beauty

Cara Budidaya Tanaman Hias Florida Beauty – Florida Beauty atau yang dikenal dengan nama Dracaena, sudah banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

Cara Budidaya Tanaman Hias Florida Beauty

Cara Budidaya Tanaman Hias Florida Beauty

Terdapat beberapa jenis Dracaena, mulai dari Dracaena marginata, Dracaenafragrans, Dracaenajanet, Dracaena godseffiana, dan Dracaena reflexa. Namun, tanaman hias Florida Beauty yang paling populer adalah Dracaena surculosa atau dikenal sebagai Gold Dust Dracaena dalam Bahasa Inggris.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Sorgum

Tanaman ini berasal dari hutan hujan di Afrika Barat dan memiliki ciri khas berupa daun yang berbentuk pipih, agak elips, dan akan tumbuh mengerucut apabila masih dalam keadaan kuncup.

Namun, ketika telah mekar, maka akan timbul banyak bintik putih berpadu warna krem pada setiap daunnya.

Hal yang perlu menjadi perhatian adalah untuk melakukan penyetekan, tanaman hias Florida Beauty harus memiliki usia minimal 1 tahun, sebab dikhawatirkan hasil stek dan indukannya akan mati.

Cara Budidaya Tanaman Hias Florida Beauty

Cara budidaya tanaman Florida Beauty dapat dilakukan dengan teknik stek batang dan cabang.

Batang dan cabang dari tanaman hias Florida Beauty berpotensi untuk dikembangkan menjadi bibit unggul yang bermutu.

Hal ini akan menyebabkan tanaman dewasa memiliki penampilan yang menyerupai induknya.

1. Media Tanam

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menyetek Florida Beauty adalah menyiapkan media tanam yang berupa campuran antara arang sekam dan cocopeat dengan perbandingan 2:1.

Hal ini menandakan bahwa komposisi media tanam yang terdiri atas arang sekam (sekam bakar) 2 bagian dan cocopeat 1 bagian. Selanjutnya, dicampurkan dan diaduk hingga merata.

Kemudian media tersebut dimasukkan ke dalam pot yang telah disiapkan. Jumlah pot bebas dan tergantung dari selera, mulai dari 10, 20 atau sesuai dengan yang diinginkan. Pot berukuran bebas misalkan berisi media dengan total 0.5 – 2 kilo.

2. Kebutuhan Cahaya dan Suhu

Terkait dengan penempatan tanaman, sebaiknya ditempatkan pada daerah yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Apabila diperlukan pemerolehan cahaya buatan dari lampu, maka cahaya yang diperlukan berkekuatan 400 f.c.

Selain itu, suhu lingkungan siang hari yang diperlukan adalah berkisar antara 75 – 80°F dan suhu malam hari berkisar antara 65 – 70°F.

3. Pemupukan

Selain itu, perlu dibantu pemberian pupuk kompos atau NPK kurang lebih satu bulan sekali dan disirami sehari 1 kali, untuk memastikan tanaman Florida Beauty dapat tumbuh subur dan cantik.

4. Menyiapkan Tanaman

Apabila penyiapan media tanam telah selesai dilakukan, maka tanaman Florida Beauty yang telah dewasa dengan banyak percabangan perlu disiapkan.

Florida Beauty yang akan menjadi induk untuk memperbanyak bibit, minimal berusia 1 tahun.

Saat berusia 1 tahun, maka Florida Beauty akan memiliki percabangan yang sangat banyak dan berukuran besar.

Diameter cabang masing-masing dapat menembus 0.5 cm. Tiap cabang yang ada akan dipotong-potong dengan arah miring.

Hal ini bertujuan agar permukaan potongan yang akan menajdi tempat tumbuhnya akar menjadi lebih luas dan lebar.

Semakin lebar permukaan potongan, maka akan dipastikan semakin banyak tempat tumbuhnya akar.

Akar yang tumbuh ini akan dipastikan memiliki jumlah yang banyak dan berpengaruh terhadap kualitas bibit Florida Beauty.

5. Fenomena Usia 2-3 Bulan

Setelah tanaman tumbuh dewasa, tidak diperlukan penggantian pot. Oleh karena itu, perlu diupayakan agar pot yang digunakan sudah cukup besar dengan banyaknya media tanam minimal 0.5 kilo.

Sejak 1 hingga 2 bulan persemaian, Florida Beauty sudah tumbuh akar dan daun-daunnya sudah begitu sempurna. Daun yang lebar dan lebat akan disertai dengan pembesaran batang.

Saat hal tersebut terjadi, maka cabang baru akan mulai bermunculan yang mengindikasikan bahwa Florida Beauty akan membentuk tajuk yang sempurna dan indah.

Setelah Florida Beauty berusia 2 – 3 bulan, daun akan mulai menghijau dan memancarkan bintik putih.

Saat itu, bintik putih yang telah menjadi daya tarik Florida Beauty, akan semakin tampak pada daun Florida Beauty, yang menyebabkan bunga ini akan tampak semakin cantik.

6. Penyertaan Daun

Pemotongan percabangan sebaiknya disertakan bersamaan dengan daun-daunnya.

Hal ini berarti bahwa pada tiap cabang yang dipotong, daun-daun di atasnya sebaiknya tidak dibuang, melainkan harus tetap ada.

Saat pemotongan tersebut, cabang tumbuhan Florida Beauty harus disertai daun yang rimbun.

Panjang stek umumnya dapat mencapai 15 – 20 cm. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Apabila potongan cabang telah siap, maka dapat langsung disemaikan pada media tanam yang telah dimasukkan ke dalam pot
  • Tiap pot hanya berisikan 1 bibit Florida Beauty saja, Namun, perlu diingat bahwa penyemaian bibit stek perlu disertakan beserta dengan daun-daunnya.
  • Langkah berikutnya adalah menyiram bibit stek selama 2 hingga 3 hari sekali. Hal ini bertujuan agar menciptakan media tanam yang tetap terjaga kelembabannya.
  • Apabila lembab, maka akar akan cepat bertumbuh pada bahan stek, beserta dengan tunas-tunasnya. Apabila hal tersebut telah terjadi, maka stek Florida Beauty dapat dinyatakan berhasil. Oleh karena itu, tanaman hias ini akan dapat dipelihara hingga dewasa.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Belimbing

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *