Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Bunyi, Kelebihan dan Kelemahan Teori Atom

Pengertian, Bunyi, Kelebihan dan Kelemahan Teori Atom – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang atom, pembahasan ini mungkin saja sudah pernah Anda dapatkan saat Anda di bangku sekolah. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara ringan, agar mudah dipahami.

Pengertian, Bunyi, Kelebihan dan Kelemahan Teori Atom

Pengertian, Bunyi, Kelebihan dan Kelemahan Teori Atom

Pengertian atom

Atom yakni suatu satuan dasar materi, hal ini terdiri atas (inti atom) serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya.

Dan inti atom ini terdiri atas proton yang memiliki muatan positifm dan terdapat juga neutron yang bermuatan netral kecuali yang terdapat pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron).

Electron yang terdapat di sebuah atom ini berkaitan pada inti atom, oleh gaya elektromagnetik.

Sekumpulan atom ini bisa berkaitan satu sama lainnya, dan bisa membentuk sebuah molekul.

Atom ini mengandung jumlah proton dan electron yang sama, memiliki sifat yang netral.

Lalu yang mengandung jumlah proton dan elektron berbeda yang bersifat positif atau negative ini disebut dengan nama ion.

Atom ini dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron. Yang ada didalam inti atom tersebut, jumlah proton yang terdapat di atom ini akan menentukan isotop unsur tersebut.

Teori Atom John Dalton

Atom merupakan salah satu satuan dasar yang terdiri dari inti atom dan elektron yang dikelilingi oleh muatan negative.

Didalam inti atom ini terdapat kandungan campuran atom proton yang bermuatan positif dan neutron yang netral.

Terdapat juga elektron didalam suatu atom ini berkaitan oleh gaya elektromagnetik. John Dalton pernah mengatakan jika atom itu seperti bola pejal atau bola tolak peluru.

1). Bunyi Teori Atom John Dalton

salah satu teori atom yang paling terkenal dan teori paling tua yakni teori dari Jhon Dalton. Ia merupakan seorang guru, lulusan dari Negara Inggris, yang mempublikasikan teorinya mengenai atom pada tahun 1808.

Dan jhon Dalton mengeluarkan pendapatnya tentang atom, teori Dalton ini didasarkan pada dua hukum. Yakni hukum susunan tetap ( prouts ) dan hukum kekekalan massa ( Lavoisier).

Prouts mengatakan “ Perbandingan suatu massa unsur dalam suatu senyawa akan selalu tetap “.

Sedangkan Lavosier ini mengatakan bahwa “ Massa total zat sebelum reaksi selalu sama dengan total zat hasil reaksi “. Dari 2 hukum yang sudah dikemukakan tersebut Dalton mengeluarkan pendapatnya mengenai atom :

  • Atom yaitu sebuah bagian terkecil dari materi yang tidak dapat dibagi lagi.
  • Dalton mengatakan bahwa Atom telah digambarkan sebagai pola pejal yang sangat kecil, sebuah unsur yang memiliki atom ini identic dan berbeda untuk unsur yang berbeda.
  • Atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan sederhana dan bilangan bulat. Atom ini hampir mirip dengan air, karena terdiri atom hydrogen dan atom oksigen.
  • Reaksi kimia yakni sebuah oenggabungan ataupun pemisahan kembali dari sebuah atom, sehingga atom tidak bisa dimusnahkan.

 2). Kelebihan dari Teori Atom Dalton

  • Dapat menjelaskan hukum kombinasi kimia.
  • Dalton merupakan orang pertama yang mengakui adanya perbedaan yang dapat diterapkan antara partikel dari suatu unsur atau atom dan dari molekul atau senyawa.

3). Kelemahan dari Teori Atom Dalton

  • Teori ini telah gagal menjelaskan adanya keberadaan alotrop. Sebuah perbedaan sifat grafit, arang dan berlian ini tidak bisa dijelaskan, karea ketiganya terdiri dari atom yang sama ( karbon ).
  • Menurut John Dalton, atom dari unsur yang sama yaitu sama dalam segala hal. Penrnyataan inilah salah, karena atom ini terdiri dari unsur yang berbeda disebut isotope.
  • John Dalton mengatakan atom elemen yang berbeda. Hal ini terbukti salah dalam kasus tertentu.
  • Atom unsur yang berbeda telah bergabung dalam rasio nomor sederhana keseluruhan untuk membentuk senyawa. Dan hal ini tidak terlihat di senyawa kompleks, misalnya saja gula C12H22O11 .

Teori Atom Thomson

Teori Thomson ini keluar atau muncul setelah dikeluarkan teori Delton pada tahun 1903. Dan teori atom dari Thomson yakni menjadi salah satu teori yang mendeskripsikan bentuk atom seperti dengan bentuk roti kismis.

Bahwa atom yang memiliki muatan posotif bertaburan dengan atom yang bermuatan negatif disekelilingnya. Tetapi hingga abad ke 19, teori atom ini masih dipercaya mirip dengan bola pejal. Lalu pada tahun 1987 Thomson mengeluarkan teori atom dengan adanya penemuan elektron yang kemudian dikenal dengan teori atom J.J. Tomson.

Bunyi Teori Atom J.J. Thomson

  1. Atom adalah berupa bola bermuatan positif dengan adanya elektron bermuatan negatif yang berada disekelilingnya.
  2. Muatan yang terdapat pada atom yakni muatan positif dan muatan negative, keduanya memiliki besar yang sama. Hal ini menjadikan atom bermuatan netral.  Dan atom tersebut tidak memiliki muatan positif dan muatan negatif secara berlebihan.

Nah itulah pengertian dan teori atom yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini.

Semoga artikel tentang atom ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan menambah wawasan Anda. Terimakasih.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018