Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Klasifikasi dan Morfologi Teratai

Klasifikasi dan Morfologi Teratai – Jika menyebutkan tanaman teratai, maka suku kata ini sangat familiar dengan kita, tanaman yang sering kali kita jumpai di kolam ataupun di danau ini, memang harus tumbuh di daerah yang berarir dan memiliki kelembapan yang tinggi.

Tanaman yang sangat akrab bagi kita ini, ternyata asalnya dari Asia, sehingga wajar jika di Indonesia tanaman ini begitu gampang untuk ditemui, baik itu sengaja dipeliahara ( biasanya terdapat di kolam-kolam ikan, selain untuk memperindah kolam tersebut, karena tanaman ini meliki bentuk yang indah juga bunga yang tak kalah menarik juga, namaun kehadiran tanaman teratai di kolam juga dapat juga menyeimbangkan ekosistem dalam kolam atau danau tersebut ).

Klasifikasi dan Morfologi Teratai
Klasifikasi dan Morfologi Teratai

Ada beberapa juga yang sering kita temui tumbuh secara liar di danau biasanya keberadaannya dalam jumlah yang sangat besar.

Banyak orang yang hanya tahu bahwa tanaman ini merupakan tanaman hias yang bisa memperindah tatanan kolam, namun tamanan ini juga bisa menjadi penyeimbang ekosistem air dimana dia tumbuh.

Selain itu sedikit yang tahu bahwa meskipun tanaman ini berada diatas air atai mengapung diatas air namun sebenarnya tanaman ini akarnya terletak di dalam air atau pada beberapa kasus malah menancap pada dasar air.

Selain manfaat yang sudah disebut sejak awal yakni sebagai tanaman hias yang memperindah kolam atau danau, ternayata tanaman ini juga bermanfaat sebagai obat atau sering juga disebut tanaman obat herbal.

Sebenarnya bagian dari tanaman teratai yang mana yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat, disini dapat dikatakan bahwa semua bagian tanaman ini dapat di manfaatkan sebagai obat mulai dari biji, daun, bunga sampai pada umbinya bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal atau obat yang berasal dari tanam-tanaman.

mari kita mempelajari tanaman ini lebih dalam lagi, yakni mengenai klasifikasi dari tanaman ini sendiri, bisa dijabarkan klasifikasi dari tanaman ini adalah :

Tergabung dalam Species : Nymphaea alba L

Genus : Nymphaea L

Famili : Nymphaeaceae

Ordo : Nymphaeales

Super Ordo : Nymphaeanae

Kelas : Magnolipsida

SubDivisi : Spermatophytina

Divisi : Tracheophyta

Super Divisi : Embryophyta

Infra Kingdom : Streptophyta

Sub Kingdom : Viridiplantae

Kingdom : Plantae

Kemudian mari kita membedah morfologi atau ciri dan bentuk dari tanaman teratai ini :

  1. Kita mulai dari bagian yang paling mencolok yakni bagian bunga ter Bunga teratai yang indah terdapat pada tangkai yang merupaka perpanjangan dari rimpang. Tangkainya ini sendiri tumbuh sangat tegak yang kemudain mengakibatkan bunga teratai yang indah ini dapat muncul ke permukaan air, keindahaan bunga teratai ini sendiri dihasilkan dari gradasi warna merah mudah sampai pada putih.
  2. Daun Teratai. Tangkai daun teratai tumbuh menjalar, sedangkan permukaan atasnya memiliki warna hijauh yang cerah dan permukaan bawahnya memiliki warna keunguan.
  3. Batang Teratai yang memiliki fungsi untuk menopang daunya supaya tetap mengapung diatas air. Selain itu batangnya juga berfungsi untuk mengabsorsi unsur hara yang akan dibutuhakan untuk tanaman teratai dalam kelangsungan tanaman ini sendiri. Hal yang sama yang akan ditemui pada semua tumbuhan air adalah, batang teratai ini memiliki rongga.
  4. Akar teratai. Sama seperti batangnya, akar teratai juga memiliki rongga, namum sayangnya fungsi akarnya hanya sebagai supaya tanamannya bisa berdiri dengan tegak danmengapung dengan baik, karena pada hakekatnya fungsi akar untuk tanaman ini tidak berfungsi dengan baik dikarenakan tanaman ini tidak memiliki bulu akar ataupun tudung akar.

Baca Juga : Faktor Yang mempengaruhi Perkecambahan Biji

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *