Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Faktor Yang Mempengaruhi Perkecambahan Biji

Faktor Yang Mempengaruhi Perkecambahan Biji – Perkecambahan adalah merupakan dimana proses bertumbuhnya embrio pada biji menjadi sebuah tumbuhan baru.

Coba kita lihat tumbuhan yang kita mili, jika munculnya daun atau biji-biji kecil baru itu merupakan proses perkecambahan sedang berlangsung.

Faktor Yang Mempengaruhi Perkecambahan Biji

Faktor Yang Mempengaruhi Perkecambahan Biji

Prosesnya adalah Biji akan mulai berkecambah atau menjadi sebuah tumbuhan baru setelah menyerap air dari lingkungan dimana tumbuhan tersebut tumbuh.

Baca Juga :

Proses Air yang masuk ke dalam biji tumbuhan tersebut akan memicu adanya hormon dan enzim pada tumbuhan untuk bekerja yang akan membuat embrio dalam biji tubuhan tersebut mulai tumbuh dan berkembang.

Pengertian Biji

Biji adalah alat yang diperlukan oleh tumbuhan dewasa untuk berkembang biak atu bertumbuh. Biji memiliki beragam macam bentuk, ada yang menyelimuti daging buah contohnya alpukat, mangga dan ada juga yang terdapat pada kulit tumbuhan yang kaku, contohnya seperti tumbuhan padi.?

Proses perkecambahan biji adalah sebagai berikut :

  1. Penyerapan air
  2. Pembelahan sel
  3. Meningkatnya aktivitas enzim
  4. Adanya perpindahan makanan menuju embrio yang sedang tumbuh
  5. Meningkatnya
  6. Meningkatnya pembelahan sel

Dalam proses perkecambahan biji dibagi menjadi dua bagian yaitu: dimana adanya fase hidrasi dan fase aktiv metabolisme.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan biji adalah sebagai berikut:

  1. Suhu

Suhu merupakan faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi perkecambahan biji, biasanya terjadi di suhu 26-35 derajat celcius, jika berada pada suhu tersebut, perkecambahan diharapakan akan sangat baik atau bisa dibilang sempurna.

  1. Cahaya

Perkecambahan sangat membutuhkan cahaya, dan ini banyak sekali macamnya tergantung dari jenis asal benih tumbuhan itu sendiri.

Ada jenis benih tumbuhan yang memerlukan sumber bantuan cahaya untuk proses perkecambahan dan ada juga jenis benih yang sulit sekali berkecambah jika adanya sumber cahaya tersebut.

Jadi dapat kita ambil kesimpulan perkecambahan biji tergantung jenisnya tersebut bisa terjadi : dalam kondisi cahaya penuh, kondisi cahaya setengah saja, atau konidis yang benar-benar tidak ada cahaya sama sekali atau gelap.

  1. Oksigen

Benih yang menyerap Oksigen dengan melewati respirasi akan membuat tumbuhan berkecambah dengan sangat cepat. Tetapi kita juga harus memerhatikan isi dari oksigen yang ada di udara tersebut haruslah lebih besar 29% maka itu akna membuat proses perkecambahan dengan baik.

Hati-hati dalam kandungan atau isi oksigen, terlalu banyak atau terlalu sedikit isi dari oksigen itu juga akan mempengaruhi hasil perkecambahan dari benih tumbuhan itu sendiri.

Tumbuhan yang mendapatkan isi oksigen yang berlebih ataupun kurang dapat mengahasilkan hasil yang sempurna ataupun sebaliknya benih dari tumbuhan tersebut dapat hancur atau patah.

  1. Air

Adanya air yang berada pada benih tumbuhan yang sedang berkecambah itu merupakan hal yang sangat penting. Air memiliki fungsi untuk menguraikan karbohidrat yang mana dipergunakan dalam masa bertumbuhnya embrio.

Mengingat Air merupakan salah satu hal penting dalam proses perkecambahan, biasanya untuk tukang kebun ataupun petani bahkan sesorang yang sedang melakukan proses ini, mereka memasukkan benih tumbuhan kedalam air, atau merendam menyimpan benih tersebut dalam waktu yang cukup lama demi menghasilkan hasil perkecambahan yang baik dan sempurna.

  1. Berat dan ukuran benih

Mengapa berat dan ukuran termasuk faktor yang mempengaruhi proses perkecambahan ini, jawabannya adalah besar, kecil atau berat, ringan dari benih tersebut sangat mempengaruhi dari proses perkecambahan, semakin besar berat dan ukuran benih tersebut maka semakin banyak pula cadangan makanan dalam kotiledon (bakal daun yang akan terbentuk) benih tersebut.

Guna cadangan makanan ini adalah sumber energi yang digunakan embrio dalam berkecambah, karena melihat penjelasan diatas berat dan ukuran benih sangat mempengaruhi juga dalam proses tumbuhan yang sedang berkecambah.

  1. Tingkat kematangan benih tersebut

Sebenarnya tingkat kematangan dari benih tumbuhan itu tersebut merupakan hal yang harus diperhatikan pertama kali untuk proses perkecambahan karena ini adalah faktor yang paling utama, jika benih yang kita ingin proses perkecambahan tersebut belum matang, maka faktor-faktor lain yang mendukung akan sia-sia atau tidak berjalan dengan dan tidak menghasilkan benih yang sempurna atau sesuai dengan yang kita inginkan.

Biji yang belum matang secara fisiologis pada umumnya tidak punya daya hidup dan daya berkecambah dengan baik. Mengapa demikian, karena biji tersebut belum memiliki cadangan makanan dan embrio benih tersebut belum jadi.

  1. Adanya media

Media juga dapat membantu proses perkecambahan, jika memiliki media yang baik maka proses perkecambahan akan berjalan dengan baik pula.

Itulah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses perkecambahan dalam tumbuhan, jika kita ingin melakukan proses perkecambahan tersebut maka kita harus memperhatikan apa saja faktor yang mempengaruhi agar proses perkecambahan berjalan dengan lancar dan sempurna. Semoga artikel ini bermanfaat !

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018