Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Jenis, dan Manfaat Yoga

Pengertian, Jenis, dan Manfaat Yoga – Yoga adalah aktivitas yang menitikberatkan pada meditasi atau tapa dan beberapa grakan lain yang bertujuan untuk membiarkan panca indra dan pikiran secara menyeluruh. Yoga berfokus pada pernafasan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik.

Terdapat beberapa jenis Yoga, yaitu :

  1. Ishta Yoga

Ishta Yoga adalah kombinasi antara klasik dengan kontemporer, yaitu hatha, tantra, dan Ayurveda. Yoga ini bermanfaat untuk tetap menjaga kestabilan fisik dan mental.

  1. Power Yoga

Power Yoga atau bisa disebut Gym Yoga adalah beberapa gerakan, yaitu peregangan, latihan kekuatan, yang digabungkan dengan meditasi. Yoga ini akan meningkatkan kekuatan otot dengan menekankan pada kekuatan dan fleksibilitas.

  1. Kundauni Yoga

Kundauni Yoga dikenal dengan Yoga untuk Kesadaran. Yoga ini menekankan pada pernafasan untuk membangkitkan energy kundalini atau kondisi dimana jiwa mencapai peningkatan spiritual. Tekhnik yang digunakan adalah bernafas dengan cepat dan ritmis.

  1. Iyengar Yoga

Iyengar Yoga merujuk pada kekuatan dan daya tahan tubuh. Yoga jenis ini menggunakan alat bentu seperti tali, bantal, dan blok yang cocok dilakukan oleh segala usia.

Iyengar Yoga bermanfaat untuk penyembuhan penyakit, seperti insomnia dan migren. Selain itu, Iyengar Yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan menyelaraskan proses pernfasan dengan kegiatan yang dilakukan, daya tahan tubuh, konsentrasi, dan fleksibilitas.

  1. Ashtanga Yoga

Ashtanga Yoga merupakan latihan fisik dan sinkronisasi dengan pernafasan. Gerakannya progresif, tanpa jeda, dan menyebabkan keluarnya kotoran dari dalam tubuh melalui keringat. Yoga jenis ini bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan stamina tubuh, memperkuat otot, dan menurunkan berat badan.

  1. Hatha Yoga

Hatha Yoga ialah jenis Yoga yang menekankan pada tekhnik asna (postur), pranayama (olah nafas), bandha (kuncian), dan mudra (gesture). Latihan pada Hatha Yoga berupa latihan fisik ringan yang melibatkan setiap sendi pada tubuh dalam sebuah gerakan yang dapat memperkuat, ,melonggarkan, dan menyeimbangkan anggota tubuh.

  1. Vinyasa

Vinyasa atau Flow Yoga adalah Yoga dengan gerakan ritmis dan dinamis, seperti gerakan dalam berdansa. Manfaat dari Yoga ini adalah menyelaraskan tubuh dengan kekuatan nafas.

  1. Prenatal Yoga

Prenatal Yoga adalah senam Yoga yang diperuntukan bagi ibu hamil. Melalui Yoga ini Proses pernafasan akan menjadi teratur sehingga dapat membantu sang ibu ketika proses melahirkan.

  1. Bikram Yoga

Bikram Yoga dilakukan dalam ruangan dengan suhu sekitar 32-42 derajat dan durasi latihannya 90 menit, 45 menit pertama dilakukan sambil berdiri dan 45 menit berikutnya dilakukan di lantai. Manfaat dari gerakan-gerakan dalam senam ini untuk membuat lebih peka dan mudah

dalam berkonsentrasi. Suhu yang bersuhu tinggi bertujuan agar racun dalam tubuh keluar serta membuang stress. Tekhnik ini juga dapat menurunkan berat badan.

Paling banyak peserta Yoga adalah kaum hawa karena Yoga ini memiliki banyak sekali manfaat khususnya dalam hal kecantikan, membakar lemak, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah manfaat lain Yoga, yaitu:

  1. Media Relaksasi
  2. Mencegah dan mengurangi Stress
  3. Menambah stamina
  4. Menjaga kebugaran tubuh
  5. Sarana pengendalian emosi
  6. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
  7. Melancarkan aliran darah
  8. Menurunkan berat badan
  9. Meningkatkan fungsi pernafasan
  10. Memperkuat tulang
  11. Sebagai cara untuk mengeluarkan racun
  12. Menghaluskan kulit
  13. Menurunkan kadar gula darah dan kolesterol
  14. Mencegah diabetes
  15. Meningkatkan daya tahan dan imunitas

Demikian tadi pengertian Yoga dan jenis-jenisnya yang diikuti oleh manfaat. Sekian artikel tentang yoga ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan yang paling penting jaga kualitas hidup dengan melakukan olahraga seperti Yoga ini.

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *