Pengertian dan Sistem Sirkulasi Darah dan Kulit Pada Sapi Perah

Pengertian dan Sistem Sirkulasi Darah dan Kulit Pada Sapi Perah – Sistem sirkulasi darah pada hewan sapi sama dengan mamalia lainnya seperti manusia, yaitu merupakan sistem peredaran darah secara tertutup.

Sistem peredaran darah tertutup maksudnya adalah darah yang mengalir pada seluruh bagian tubuh melewati suatu saluran seperti pipa.

Sistem peredaran pada hewan ternak sapi terdiri atas jantung dan pembuluh darah. Jantung sapi berfungsi sebagai alat pemompa darah. (Baca Juga : Pengertian darah)

Jantung pada hewan ternak sapi memiliki 4 bagian yang terdiri dari dua serambi yaitu serambi kanan dan serambi kiri dan juga dua bilik yaitu bilik kanan dan bilik kiri.

Di antara serambi dan bilik terdapat selaput tipis yang diebut dengan sekat. Pembuluh darah pada hewan sapi terdapat tiga macam yaitu pembuluh darah nadi ( arteri), pembuluh darah balik ( vena), dan pembuluh darah tipis ( kapiler). Berikut penjelasan mengenai ruang-ruang pada jantung dan pembuluh darah:

1). Serambi

Serambi pada jantung dibagi menjadi dua bagian yaitu serambi kanan dan serambi kiri.

Fungsi dari serambi kanan adalah menerima darah kotor atau darah miskin oksigen dari seluruh tubuh kembali jantung melalui pembuluh darah vena.

Sementara itu serambi kiri berfungsi untuk menerima darah bersih atau darah kaya oksigen dari paru-paru ke jantung.

Pada serambi terdapat katup dua daun atau valvula bikuspidalis. Antara serambi kanan dan kiri terdapat sebuah pembatas berbentuk lorong yang disebut dengan foramen ovale.

2). Bilik

Bilik pada jantung juga terbagi dari dua bagian yaitu bilik kanan dan bilik kiri. Fungsi dari bilik kanan adalah memompa darah kotor yang miskin oksigen ke paru-paru agar mendapatkan cukup pasokan oksigen yang berguna bagi organ tubuh lainnya.

Sementara itu fungsi dari bilik kiri adalah untuk mengedarkan darah bersih dari serambi kiri ke seluruh tubuh melalui pembuluh arteri paling besar yaitu aorta.

Bilik bagian kiri jauh lebih tebal dibandingkan bilik bagian kanan karena fungsinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Pada bilik teradpat katup tiga daun atau valvula trikuspidalis.

3). Pembuluh arteri

Pembuluh arteri atau pembuluh nadi adalah pembuluh yang berfungsi untuk membawa darah bersih dari paru-paru dan keluar jantung untuk diedarkan ke seluruh bagian tubuh.

Pembuluh arteri memiliki karakteristik yang tebal, elastis, dan lebih berotot. Arteri yang berukuran kecil disebut dengan arteriol, sedangkan arteri yang paling besar disebut dengan aorta.

4). Pembuluh vena

Pembuluh vena atau pembuluh balik adalah pembuluh yang berfugnsi untuk membawa darah kotor dari seluruh tubuh.

Memiliki karakteristik memiliki tekanan darah yang lebih kecil, terletak dekat dengan permukaan kulit, berwarna biru, dan tipis.

5). Pembuluh kapiler.

Pembuluh kapiler adalah pembuluh berukuran kecil yang dapat menembus hingga ke jaringan.

Adapula yang disebut dengan sistem portae, yaitu suatu sistem peredaran darah dimana sebelum kembali ke jantung, darah akan melewati seluruh organ tubuh terlebih dahulu.

Sistem kulit pada sapi

Pengertian Kulit merupakan bagian yang menutupi bagian dalam tubuh untuk melindunginya dari pengaruh luar. Lapisan kulit pada umumnya terdiri atas dua lapisan yaitu epidermis dan dermis.

a). Epidermis

Epidermis merupakan bagian terluar yang memiliki ketebalan bermacam-macam. Lapisan epidermis terdiri dari 5 lapisan, yaitu lapisan tanduk, lapisan bening, lapisan butir, lapisan malphigi, dan lapisan benih.

Pada epidermis terdapat sel keratin yaitu sel yang terdapat pada lapisan paling luar kulit, mengandung protein dan akan terus berganti dan mengelupas.

Ada pula sel melanin, yaitu sel yang memproduksi pigmen melanin, suatu pigmen pemberi warna kulit.

Sel langerhans, yaitu lapisan sel yang berisi antibodi unutk melindungi kulit dari gangguan lingkungan.

Sel merker yaitu sel yang terdapat pada folikel rambut dan mengandung protein. Lapisan epidermis berkembang juga menjadi lapisan teracak atau kuku.

Pada hewan ternak mereka tidak berdiri bertumpu pada kaki melainkan pada kuku.

Teracak tumbuh pada bagian jari. Apda hewan ternak seperti sapi maupun kambing atau domba, jumlah jari ada 5 namun hanya dua yang berkembang.

b). Dermis

Lapisan dermis merupakan lapisan dibawah epidermis, terdiri atas lapisan papiler yang terdapat tepat dibawah lapisan epidermis, dan lapisan retikuler yang merupakan bagian utama dari dermis.

Pada dermis terdapat pembuluh darah, pembuluh saraf sensorik, juga lapisan kelenjar lainnya seperti kelenjar keringat, kelenjar minyak, dan folikel rambut. Baca Juga : Cara Pemerahan Hewan Ternak

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *