Pengertian Darah : Fungsi dan Bagian – Bagian Darah

Diposting pada

Pengertian Darah : Fungsi dan Bagian – Bagian Darah – Di dalam tubuh manusia terdapat cairan yang mengalir sepanjang tubuh manusia.

Pengertian Darah : Fungsi dan Bagian - Bagian Darah
Pengertian Darah : Fungsi dan Bagian – Bagian Darah

Cairan tersebut berwarna merah yang disebut darah. Bukan hanya manusia, hewan pun memiliki cairan darah tersebut.

Baca Juga : Pengertian Leukosit

Apabila seseorang terkena luka di salah satu anggota tubuhnya, cairan merah ini akan keluar. Kehadiran darah di tubuh memiliki fungsi dan peranannya tersendiri.

Tanpa darah, manusia tidak dapat menerima oksigen dan sulit untuk menghantarkan sari makanan yang masuk ke seluruh tubuh.

Pengertian Darah

Darah adalah cairan tubuh yang terdapat di dalam diri manusia dan juga hewan yang menyangkut senyawa penting seperti nutrisi dan oksigen ke dalam sel.

Darah sangat penting untuk menjalani sungsi sistem pendarahan. Darah berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme dan membuang produk buangan dari sel dan  juga sebagai pertahanan tubuh terhadap invansi virus atau bakteri dan terhadap kerusakan sel karena mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun.

Darah merupakan campuran dari cairan dan sel yang terdapat makronutrisi seperti protein dan ion seperti sodium dalam darah.

Dalam bahasa Yunani darah disebut haima. Dalam bahasa kedokteran segala sesuatu yang menyangkut tentang darah diawali kata hemo- atau hemato. Volume darah pada tubuh orang dewasa sekitar 4,5 – 5,5 liter.

Darah manusia yang memiliki banyak oksigen akan berwarna merah terang, dan darah yang memiliki kekurangan oksigen akan berwarna merah tua.

Warna merah pada darah disebabkan oleh hemoglobin, protein pernapasan yang mengandung besi dalam bentuk heme yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul oksigen.

Fungsi Darah

Darah yang mengalir di dalam tubuh memiliki fungsi penting di dalam tubuh. Fungsi utama darah adalah sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru atau insang ke jaringan tubuh. Fungsi lain dari darah antara lain :

  • Mengangkut Oksigen

Darah mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel-sel yang berada di tubuh yang akan digunakan untuk respirasi seluler atau metabolisme seluler.

Oksigen yang dihirup di udara akan masuk ke dalam hidung dan akan tersalurkan ke pembuluh darah. Melalui pembuluh darah itulah darah akan mengalir ke seluruh tubuh.

  • Mengedarkan Sari Makanan

Darah yang terus mengalir melalui nadi yang ada di dalam tbu manusia darah akan menyebarkan sari-sari makanan yang dibawanya dari serapan oksigen maupun dari beberapa vitamin, protein dan karbohidrat yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi.

  • Penjaga Kemanan Tubuh Dari Virus dan Bakteri

Darah berfungsi sebagai pengaktif metabolisme tubuh. Sel darah merah dan sel darah putih yang terkandung di dalam darah yang akan menyerang kuman atau benda asing yang masuk ke dalam aliran darah.

Jika pembuluh darah rusak, trombosit bertindak sebagai penyumbat dalam area yang rusak untuk mencegah kehilangan darah yang lebih banyak.

  • Membawa Sisa Oksidasi Sel Tubuh

Darah akan membawa sisa-sisa zat yang tidak berguna untuk keluar dari dalam tubuh.

  • Mengangkut Karbondioksida

Saat menghirup oksigen, akan mengeluarkan karbondioksida. Karbondioksida merupakan zat yang tidak dibutuhkan di dalam tubuh.

Peranan darah membantu untuk mengeluarkan karbondioksida melalui paru-paru dan dihembuskannya lagi melalui hidung.

  • Pengatur Suhu Tubuh

Hasil dari oksidasi darah akan menghasilkan panas pada tubuh. Suhu tubuh yang baik ditentukan dari hasil oksidasi di dalam tubuh.

  • Membuang Zat-Zat Sisa Ginjal dan Kulit

Zat-zat yang diangkut oleh darah bukan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, karena tidak semua zat berguna di dalam tubuh.

Peranan darah sangat penting untuk memisahkan mana zat yang berguna dan zat yang tidak berguna bagi tubuh.

Zat tersebut akan dilarikan ke sistem ekresi atau pembuangan termasuk ke dalam ginjal dan juga kulit.

Berdasarkan kategorinya fungsi darah dibedakan menjadi tiga yaitu berfungsi sebagai transportasi bagi apa saja yang masuk ke dalam tubuh, sebagai homeotasis sebagai pemelihara tubuh dan sebagai kekebalan darah itu sendiri.

Bagian – Bagian Darah

Meskipun hanya berbentuk cairan saja, namun darah juga terdiri dari bagian-bagian darah yang memiliki fungsnya masing-masing. Bagian-bagian darah tersebut terdiri dari :

  • Plasma Darah

Plasma darah adalah komponen darah yang berbentuk cairan. Fungsi plasma darah untuk mengankut sari-sari makanan ke seluruh tubuh dan berfungsi mengangkut hasil metabolisme menuju sistem pengeluaran.

Selain itu plasma darah juga berfungsi untuk menyeimbangkan volume darah serta kadar garam termasuk natrium, kalsium, magnesium dan karbohidrat.

  • Sel Darah Merah (Eritrosit)

Sel darah merah berbentuk pipih berwarna merah pekat dengan jumlah sel yang cukup melimpah di dalam darah.

Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berfungsi untuk membawa oksigen dari paru – paru untuk diedarkan ke seluruh tubuh, serta mengankut kembali karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru untuk dikeluarkan.

  • Sel Darah Putih (Leukosit)

Sel darah putih memiliki jumlah sel yang jauh lebih sedikit dibanding sel darah merah.

Sel darah putih memproduksi antibodi yang akan membantu memerangi zat penyakit yang menyerang tubuh.

  • Keping Darah (Trombosit)

Krping darah memiliki bentuk yang tidak beraturan. Keping darah mempunyai peran penting sebagai komponen dalam proses pembekuan darah dan juga membantu menyumbat kebocoran kevil pada pembuluh darah.

Baca Juga : Proses Terbentuknya Trombosit

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *