Pengertian Kulit : Fungsi, Struktur dan Bagian-bagiannya

Diposting pada

Pengertian Kulit : Fungsi, Struktur dan Bagian Kulit – Manusia dan hewan adalah mahluk hidup yang diciptakan hampir serupa karena manusia dan hewan memiliki beberapa organ tubuh yang hampir sama.

Pengertian Kulit : Fungsi, Struktur dan Bagian-bagiannya
Pengertian Kulit : Fungsi, Struktur dan Bagian-bagiannya

Perbedaannya terletak pada akal dan pikiran, meski manusia dan hewan diberikan otak namun cara kerja otaknya berbeda. (Baca : Pengertian Otak)

Hewan tidak memiliki akal dan pikiran seperti manusia maka dari itu manusia dikatakan sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang sempurna.

Tubuh manusia dan hewan di lapisi oleh lapisan tipis yang menutupi seluruh bagian tubuh yang dinamakan kulit.

Semua manusia dan hewan yang diciptakan mungkin tidak sempurna seperti tidak memiliki rambut, tidak memiliki mata untuk melihat, tidak memiliki gigi untuk mengunyah namun tidak ada manusia dan hewan yang terlahir tidak memiliki kulit. Kulit sangat penting untuk melindungi seluruh organ yang dimiliki manusia dan hewan terutama organ dalam.

Baca Juga :

Pengertian Kulit

Kulit adalah lapisan paling luar dari tubuh manusia yang melapisi seluruh tubuh manusia yang bersifat elastis, kompleks dan sensitif.

Pada permukaan luar kulit manusia terdapat pori-pori (rongga) yang menjadi tempat keluarnya cairan yang dinamakan keringat.

Kulit sangat bervariasi tergantung pada ras, gender, umur dan iklim tiap daerah. Kulit dibagian tubuh satu dan dibagian tubuh lainnyapun berbeda.

Seiring dengan bertambahnya waktu, kulit juga merasakan perkembangan dan regenerasi.

Semakin bertambahnya waktu dan usia maka kulitpun akan terus berubah. Pada manusia dan hewan terdapat fenomena ganti kulit dimana kulit yang lama mengelupas dan digantikan dengan kulit yang baru.

Pergantian kulit ini diperlukan karena kulit merupakan organ yang sangat senditif terhadap cedera, suhu, infeksi dan dehidrasi.

Fungsi Kulit

Selain sebagai pelindung tubuh untuk melindungi seluruh organ yang dimiliki tubuh, kulit juga memiliki fungsi penting lainnya yang sangat berpengaruh pada kinerja tubuh. Fungsi-fungsi tersebut antara lain:

  • Sebagai Indera Peraba

Kulit masuk kedalam salah satu tadi 5 panca indera manusia selain hidung, mata, telinga dan mulut. (Baca Juga : Anatomi Telinga)

Kulit sebagai indera peraba karena sentuhan oleh kulit dapat menyebabkan rangsangan pada ujung saraf kulit seperti misalnya kulit bisa merasakan rasa panas saat menyentuh panci yang berada diatas kompor menyala atau kulit dapat merasakan kasarnya aspal yang ada di jalan raya.

  • Kulit Merupakan Organ Pengatur Suhu Tubuh

Suhu tubuh dalam diri seseorang akan berubah-rubah hal ini dipengaruhi oleh lingkungan.

Penyesuaian antara panas diatur oleh pusat panas ddengan menyeimbangkan antara pengeluaran dan pemasukan panas tubuh oleh kulit. Suhu tubuh juga diengaruhi oleh suhu darah yang mengalir di bawah lapisan kulit.

  • Kulit Sebagai Tempat Penyimpan

Kulit sebagai tempat penyimpanan lemak dan air. Lemak akan menempel pada lapisan dibawah kulit.

Lemak yang disimpan dalam bentuk tetesan lemak. Lemak tersebut akan digunakan saat diperlukan.

Selain itu lemak juga sebagai cadangan energi. Kulit dan jaringan dibawahnya bekerja sebagai tempat penyimpanan air.

  • Kulit Sebagai Alat Ekskresi

Kulit sebagai tempat keluarnya keringat akan mengeluarkan zat-zat sisa metabolism yang sudah tidak berguna di dalam tubuh. Keringat tersebut akan dikeluarkan melalui paru-paru yang terdapat di kulit. Kulit akan mengeluarkan sekitar 1 liter keringat dalam sehari.

  • Kulit Sebagai Pembentukan Pigmen

Pembentukan pigmen berasal dari kulit yang terletak di lapisan basal dan berasal dari rigi saraf. Jumlah butir pigmen yang terkandung di dalam kulit akan memnentukan warna kulit di tiap individu.

  • Sebagai Tempat Pembuatan Vitamin D

Vitamin D yang berasal dari makanan akan terserap di dalam kulit dengan bantuan sinar unltraviolet dan matahari.

Struktur dan Bagian Kulit

Kulit manusia terdiri dari epidermis, dermis dan hipodermis. Epidermis tersusun atas lapisan tanduk dan lapisan malpighi.

Dermis mengandung pembuluh darah, akar rambut, ujung saraf, kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Hipodermis adalah lapisan kulit yang terletak dibawah dermis yang mengandung banyak lemak yang berfungsi sebagai cadangan makanan.

1). Epidermis

Lapisan kulit pertama atau terluar sehingga dapat disentuh dan dilihat oleh kedua mata disebut dengan epidermis.

Lapisan epodermis tidak memiliki pembuluh darah yang mampu mensupai nutrisi dan juga tidak memiliki pembuluh limfe. Lapisan epidermis terdiri dari 5 lapisan yaitu:

  • Lapisan Basal, lapisan epidermis paling dalam dan berbatas dengan dermis.
  • Lapisan Malpighi, lapisan epidermis yang paling kuat dan tebal.
  • Lapisan Granular, lapisan yang jelas terlihat di telapak tangan dan kaki.
  • Lapisan Lusidum, terletak tepat dibawa lapisan korneum.
  • Lapisan Korneum, lapisan tanduk yang merupakan lapisan terluar.

2). Dermis

Lapisan kulit yang letaknya berada dibawah epidermis yang memiliki ketebalan yang lebih daripada epidermis.

Dermis berfungsi sebagai pelindung didalam tubuh. Lapisan dermis memiliki pembuluh darah, kelenjar minyak, kantung rambut, ujung saraf indra dan juga kelenjar keringat.

3). Hipodermis

Hipodermis merupakan lapisan kulit paling dalam yang juga disebut subkutan yang terletak dibawah dermis.

Baca Juga :

Hipodermis dapat menyiman lemak di dalam tubuh dan juga berperan aktif pengikat kulit ke otot dan berbagai jaringan yang ada di bawahnya.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *