Perbedaan Antara Bunga Lengkap dan Bunga Tak Lengkap

Diposting pada

Perbedaan Antara Bunga Lengkap dan Bunga Tak Lengkap – Bunga adalah modifikasi atau perubahan pada suatu tunas diantara batang dan daun serta bentuk, warna, hingga susunannya menyesuaikan dengan kepentingan tanaman tersebut.

Perbedaan Antara Bunga Lengkap dan Bunga Tak Lengkap
Perbedaan Antara Bunga Lengkap dan Bunga Tak Lengkap

Oleh sebab itu,  bunga memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya pembuahan dan penyerbukan yang menghasilkan terbentuknya alat-alat reproduksi atau perkembangbiakan.

Karena sangat pentingnya bunga bagi tanaman, maka pada bunga memiliki beberapa sifat yang dihasilkan dari proses penyesuaian, agar dapat melaksanakan tugasnya sebagai penghasil alat reproduksi.

Pada umumnya bunga memiliki warna yang menarik, memiliki bau harum atau wangi, memiliki bentuk yang bervariasi, dan sebagian besar mengandung madu.

Tunas yang akan mengalami modifikasi bentuk menjadi bunga, secara umum akan mengalami perlambatan hingga berhenti berkembang pada batangnya.

Karena tangkai tersebut akan menjadi tempat dasar bunga, sedangkan pada daunnya hanya mengalami perubahan yang tidak terlalu signifikan.

Dikarenakan sebagian tetap berbentuk seperti daun, hanya mengalami perubahan bentuk,  warna, dan sebagian sisanya akan mengalami modifikasi menjadi bagian yang berperan dalam peristiwa untuk menghasilkan calon individu baru.

Pengertian Bunga Lengkap dan Bunga tidak lengkap

Bunga adalah alat reproduksi pada tanaman angiospermae. Bunga tersusun oleh meristem ujung khusus yang tumbuh dari ujung pucuk vegetatif.

Setelah mendapatkan rangsangan dari faktor internal dan eksternal, dan tugas utamanya untuk menghasilkan biji melalui proses pembiakan.

Bagian-bagian bunga antara lain tangkai bunga, dasar bunga, hiasan bunga yang terdiri dari kelopak hingga mahkota bunga, dan alat kelamin jantan serta betina yang berbentuk putik atau benang sari.

Bunga yang memiliki bagian tangkai, putik, benangsari, mahkota, mahkota, dan tangkai disebut sebagai bunga lengkap. Sedangkan bunga yang tidak memiliki tidak memiliki salah satu dari bagian bunga.

Perbedaan Antara Bunga Lengkap dan Tidak Lengkap

Bunga lengkap

Bunga lengkap adalah bunga yang memiliki enam bagian dasar bunga antara lain tangkai, putik, benangsari, mahkota, mahkota, dan tangkai.

Sehingga disebut sebagai bunga lengkap, karena bagian utama atau dasar dimiliki oleh bunga tersebut. Pada umumnya, memiliki dua alat produksi yaitu putik dan benang sari. (Baca : Pengertian Putik)

Bunga tidak lengkap

Bunga lengkap adalah bunga yang tidak memiliki salah satu dari enam bagian dasar bunga.

Sehingga disebut sebagai bunga tidak sempurna, karena salah satu bagian tersebut tidak ada atau tidak dimiliki.

Pada umumnya, hanya memiliki satu alat produksi saja. Contohnya hanya memiliki putik saja, atau hanya memiliki benang sari saja.

Hingga saat ini, untuk membedakan bunga lengkap dan bunga tidak lengkap hanya dilihat dari enam bagian bunga saja.

Akan tetapi, terdapat beberapa teori yang berpendapat jika alat kelamin yang dimiliki bunga juga berperan dalam membedakan apakah bunga tersebut sempurna atau tidak sempurna.

Contoh Bunga Lengkap dan Tidak Lengkap

Bunga lengkap : – Bunga sepatu, mawar, tulip, mawar, anggrek, alamanda, kaktus, bougenville, latulip, dan edelweiss.

Bunga tidak lengkap : – Bunga rambutan, dan bunga jangung.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *