Cara Membedakan Ikan Gurame Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Ikan Gurame Jantan Dan Betina – Ikan gurame adalah ikan asli asal Indonesia. Yang hidup di air tawar. Ikan Gurame ini  memiliki rasa yang enak, empuk dan lembut sehingga banyak yang menyukai ikan ini.

Cara Membedakan Ikan Gurame Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Ikan Gurame Jantan Dan Betina

Ikan gurame asal Indonesia ini sudah mulai banyak dibudidayakan oleh negara lain, yaitu Australia, Malaysia dan juga Thailand.

Tidak menutup kemungkinan ikan gurame ini akan dibudiayakan di banyak negara atau negara yang meiliki iklim tropis. Karena memang peminat ikan gurame ini sudah cukup tinggi.

Baca Juga : Cara Membedakan Ikan Lele Betina dan Jantan

Di Indonesia banyak sekali orang yang memanfaatkan ikan gurame ini dengan membudidayakan dan menjual hasil dari ternak ikan gurame ini, karena banyaknya peminat terhadap ikan gurame tersebut.

Ciri-ciri ikan Gurame

Bukan hanya senang mengkonsumsinya saja,tapi mengetahui ciri-ciri dari ikan gurame juga penting loh, takut nanti ketukar dengan ikan yang lain pada saat ingin membelinya. Berikut adalah ciri-ciri dari ikan gurame :

  1. Badan dari ikan gurame ini tipis dan lonjong dengan daging yang tebal.
  2. Ikan gurame memiliki mulut yang kecil dan moncong.
  3. Tekstur sisik yang dimiliki kasar dan besar-besar.
  4. Ikan gurame memiliki gigi yang berukuran kecil-kecil pada bagian rahangnya, tetapi gigi yang terdapat pada bagian luar ukurannya lebih besar.
  5. Pada Sirip punggung dan sirip bagian duburnya mempunyai duri. semakin tua umur ikan gurame, maka duri yang dimilikinya akan semakin besar.  Duri yang besar ini bermanfaat pada saat kita memilih ikan gurame melihat banyaknya daging yang dimiliki ikan gurame tersebut.
  6. Pada Bagian perut, ikan gurame ini mempunyai benang yang panjang, berguna untuk indra peraba dari ikan gurame tersebut.
  7. Pada Sirip bagian ekor ikan gurame mempunyai warna kuning, dapat ditemukan pada bagian sirip.
  8. Pada sirip bagian atas dan bawah, mempunyai bintik hitam pada pangkal siripnya.

Ada hal yang harus diperhatikan dalam memelihara ikan gurame, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Tentukan ukuran kolam yang akan dibuat, sebelum kita ingin ternak atau memelihara ikan gurame ada baiknya kita menentukan ukuran lahan yang akan dijadikan kolam untuk ikan gurame ini berkembang biak,karena dengan menentukan ukuran kolam yang ingin dibuat akan memudahkan mengetahui hasil yang akan didapat dari ternak ikan gurame ini.
  • Setelah menentukan ukuran kolam, sekarang kita lanjut pada tahap mempersiapkan kolam untuk tempat ternak ikan gurame ini, kita langsung mempersiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat kolam atau penggalian kolam tersebut.
  • Dalam memelihara ikan gurame ini ada banyak macam cara membuat kolam yang dipergunakan dalam membuat kolam, jika ingin ternak masih dalam sekitar area pekarangan rumah biasanya cara membuat kolam yang digunakan adalah kolam terpal, kolam terpal tidak membutuhkan banyak biaya dan tidak sulit dalam membuatnya.

Cara membuat kolam terpal adalah : kita dapat menggali tanah dipekarangan rumah kurang lebih kedalamannya 90-100cm, lalu kita pasang terpal setelah kita sudah melakukan penggalian.

Dalam membuat kolam jenis terpal ini, kita membutuhkan kerangka dengan bahan besi, agar terpal yang ingin dipasang dapat mudah terpasang mengikuti kolam yang sudah digali atau bak yang kita gunakan dalam ternak ikan gurame ini. Kita harus meletakan yang mudah mendapatkan cahaya sinar matahari.

  • Kita harus membersihkan kolam yang sudah dibuat, sebelum memasukkan air atau menuju tahap berikutnya, karena yang kita pilih adalah kolam terpal yang mengandung plastik atau bahan zat kimia lainnya.
  • Mengisi kolam dengan jumlah air yang pas, ini wajib loh diperhatikan, jadi bukan hanya sekedar memasukkan air dengan asal saja, tetapi ada yang harus diperhatikan yaitu jumlah dari air tersebut, dengan memasukkan air yang pas kedalam kolam terpal yang sudah dbuat itu akan memberikan hasil bibit yang baik atau bibit yang kita ternak dapat bertumbuh dengan baik. Kita harus mengisi air dalam kolam terpal tersebut dengan ukuran 3 per 4 dari tinggi kolam yang sudah kita buat. Lalu kita menaruh bibit ikannya hanya separuh dari kolam, hal itu bertujuan untuk mempermudah ikan gurame bergerak setelah ikan-ikan itu tumbuh. Dan kita harus mendiamkan selama 7 hari Sebelum kolam yang sudah dibuat itu diberi bibit.
  • Mempersiapkan bibit yang hendak kita ternak.
  • Cara menebarkan bibit ikan gurame juga memiliki teknik nya,jadi bukan hanyas sekedar menebar bibit dan benih.
  • Memberi makan kepada ikan gurame.
  • Jangan lupa menjaga kebersihan dalam memelihara ikan gurame, karena kebersihan adalah hal utama.

Ikan gurame memiliki dua jenis kelamin, sama seperti manusia, yaitu ada gurame jantan, dana gurame betina, berikut adalah ciri-ciri untuk membedakan dari ikan gurame jenis jantan dan betian tersebut, anatara lain :

Ciri-ciri ikan gurame jantan

  1. Memiliki bentuk tubuh yang ramping.
  2. Gerakannya lebih lincah dibandingkan denhan ikan gurame jenis betina.
  3. Pada bagian perut runcing.
  4. Tubuh yang dimilikinya berbentuk ramping
  5. Gerakan badannya lebih lincah dan gesit bila dibandingkan dengan ikan betina
  6. Memiliki dahi yang menonjol.
  7. Bagian perutnya lebih runcing.
  8. Sisik yang dimiliki normal atau beraturan.
  9. Memiliki sirip yang berwarna hitam terang.
  10. Alat reproduksi pada bagian tubuhnya terlihat jelas, karena runcing.

Ciri-ciri ikan gurame betina

  1. Memiliki badan yang lebih tebal dan bulat dari ikan gurame jantan.
  2. Ikan gurame betina berenang dengan gerakan agak lambat tidak cepat.
  3. Pada dahi ikan gurame betina ini tidak memiliki tonjolan.
  4. Perutnya bulat.
  5. Memiliki sisik yang terbuka.
  6. Warna sisiknya krem atau putih kecoklatan.
  7. Alat reproduksinya berbentu oval.

Ituah penjelasan mengenai ikan gurame, bagaimana cara memeliharanya dan bagaimana membedakan antara ikan gurame jenis jantan dan betina, semoga membantu.

Baca Juga : Sistem Pencernaan Ikan

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *