Ciri Kambing dan Domba Sedang Bunting (Hamil)

Ciri Kambing dan Domba Sedang Bunting – Anda pasti mengenal hewan yang satu ini, kambing dan domba? Pasti semua tahu.

Ciri Kambing dan Domba Sedang Bunting (Hamil)

Ciri Kambing dan Domba Sedang Bunting (Hamil)

Kambing adalah salah satu hewan yang banyak sekali dimanfaatkan untuk bahan makanan karena memang banyak sekali manfaat vitamin yang terkandung didalamnya begitupun dengan domba.

Seperti halnya manusia domba dan kambing juga mengalami siklus kehamilan atau kebuntingan. Walaupun mungkin ciri – ciri domba atau kambing yang hamil tidak mudah di deteksi.

Baca Juga : Fungsi Lisosom Pada Hewan

Lalu bagaimana mengetahui jika domba atau kambing anda mengalami kehamilan?

Adapun deteksi kebuntingan atau pemeriksaan kebuntingan (PKB) yang menjadi salah satu metode yang banyak dilakukan oleh peternak guna mengetahui bunting atau tidaknya seekor ternakkambing atau domba anda adalah sebagai berikut

Ada banyak sekali yang bisa dilakukakn guna memeriksa apakah terjadi kebuntingan pada ternak kambing atau domba anda, anda bisa menggunakan alat ataupun dengan cara peraba anda atau dengan dilihat secara fisik saja, sedangkan anda bisa melihat ternak domba ataupun kambing yang mengalami kebuntingan seperti berikut ini:

  • Domba atau kambing anda tidak akan mengalami berahi kembali setelah bunting.
  • Pada perut bagian janan akan terlihat membesar dan kemudian kambing atau domba tersebut mulaimengesekan perutnya ke kandang.
  • Kambing tersebut mulai membesar
  • Kambing memiliki bulu yang lebih bersih, mengkilap dan juga bercahaya.
  • Ternak kambing atau domba tersebut akan terlihat lebih tengan dan tiba – tiba suka menyendiri dari kelompok – kelompoknya.
  • Kambing atau domba tersebut menjelang kelahirannya akan mengeluarkan air susu.

Adapun cara pemeriksaan kebuntingan lainnya adalah dengan menggunakan observasi atau pengamatan yang dapat dilakukan dengan cara  melakukan perabaan perut bagian kanan kambing atau domba tersebut, hal tersebut untuk anda merasakan gerakan anak yang ada di dalam perut. Biasanya anda lakukan dengan cara menempelkan tangan pada bagian kanan perut kambing atau domba tersebut.

Anda bisa mendengarkan denyut jantungnya, bisa menggunakan bantuan alat seperti stetoskop yang anda tempelkan ke perut sebelah kanan. Tentu denyut akan berbeda – beda dan tampak jelas bergantung dari perkembangannya.

Selain itu pertumbuhan kambing juga dapat dilihat secara rutin, dimana akan mengalami pembesaran dan putting susu kambing akan turun karena kambing atau domba tersebut memiliki air susu didalamnya.

Adapun pemeriksaan kebuntingan ini dilakukan ketika sudah usia agak tua yang akan dilakukan dengan ara pengamatan secar hormonal menggunakan sebuah alat yang disebut dengan Ultrasanographi (USG) dan alat Dramski Pregnancy Detector.

Namun anda juga perlu mengetahui jika penggunaan alat ini tentunya memerlukan biaya yang lumayan mahal dan hanya orang tertentu yang mempunya alat ini.

Namun ad acara lainya yaitu dengan menggunakan alat terutama untukanda yang masih pemula, bagaimana caranya? Begini cara mengetahui menggunakan alat Dramski Pregnancy Detector :

  • Selain itu ada hal pertama yang harus disediakan untuk menggunakan alat ini yaitu anda sediakan alat tersebut dengan minyak goreng atau bisa juga dengan menggunakan gel.
  • Tahap kedua, adalah menyiapkan kambing atau domba yang ingin dideteksi kebuntingannya.
  • Setelah itu anda bisa melakukan penjepitan pada kambing ataupun doba yang akan diperiksa tersebut.
  • Setelah itu anda bisa menyalakan alat tersebut untuk dinyalakan dan kemudian ditempelka minyak goreng pada bagian ujung dari alat tersebut.
  • Anda bisa menempelkan ujung alat tersebut e bagian perut kanan yangberdekatan dengan ambing kambing atau domba.
  • Tahap terakhir adalah anda harus memperhatikan bunyi darialat tersebut, jika memang bunyinya tersebut secara terus menerusmaka menandakan bahwa kambing atau domba tersebut mengalami kebuntingan.

Kambing kaya akan khasiat yang sangat bermanfaat seperti:

  • Kambing mengandung asam lemak yang anti kanker

Sering sekali memang pria mengalami kanker prostat. Kanker ini memang cukup berbahya bagi pria sehingga sangat dianjutkan untuk menjaganya dengan rutin mengalami ejakulasi.

Selain itu juga pria tersebut disarankan untuk makan daging kambing yang mengandung asam lemak CLA.

  • Daging kambing mampu untuk mencegah inflamasi pada pembuluh darah

Tentunya ini juga sering dialami oleh pria. Mengapa? Akrena ada gangguan dari kolesterol jahat atau ada penyakit diabetes.

Tentu ada juga  khasiat daging kambing yang dapat membantu pria dalam mengatasi gangguan – gangguan inflamasi pada pembuluh darahnya sehingga nantinya penis dapat ereksi dengan sangat sempurna dan disfungsi ereksinyajuga tidaka akan terjadi.

  • Bagi penderita hipotensi bisa menaikkan tekanan darah

Ada lagi khasiat kambing yaitu sangat direkomendasikan bagi seorang  pria yang mengalami kondisi hipotensi atau biasa disebut dengan tekanan darah rendah.

Anda bsa mengonsumsinya dalam jumlah yang terbatas, perlahan – lahan darah tersebut akan naik sehingga fungsi tubuh pada pria bisa dijalankan kembali dengan sangat sempurna.

  • Mengandung banyak protein yang bermanfaat

Merupakan salah satu nutrisi yang cukup penting untuk tubuh manusia  adalah protein. Dalam kambing atau domba, mengandung lebih dari 50 gram protein per 100 gram daging mentah.

Tentu dengan jumlah yang banyak ini sehingga para pria mendapatkan asupan protein alami demi pertumbuhan oto bisa berjalan dengan sangat lancar.

Itulah sederet informasi – infromasi yang menerangkan bagaimna mendeteksi kebuntingan yang terjadi pada kambing atau domba semoga informasi ini dapat berguna dan juga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Pemerahan Hewan Ternak

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..