Ciri-Ciri Orang Hamil Usia 1 Minggu

Diposting pada

Ciri-Ciri Orang Hamil Usia 1 Minggu – Mungkin kita semuanya sudah tahu bahwa proses kehamilan akan terjadi pada saat sel telur bertemu dengan sel sperma dan kemudian akan masuk kedalam rahim.

Ciri-Ciri Orang Hamil Usia 1 Minggu
Ciri-Ciri Orang Hamil Usia 1 Minggu

Kelanjutan dari proses tersebut kemudian akan membuat seorang ibu merasakan hal atau sensasi yang tidak nyaman dan pada akhirnya akan ketahuan bahwa ia telah hamil.

Baca Juga : Pengertian Trombosit

Sebenarnya mengetahui kehamilan seseorang tidak terlalu sulit asalkan anda mengerti bagaimana ciri-ciri dari ibu hamil tersebut.

Oleh sebab itu, kami akan menjelaskan kepada anda mengenai apa saja ciri-ciri orang hamil usia 1 minggu yang mungkin saja dari penjelasan yang akan paparkan berikut ini dapat membantu untuk mengetahui apakah anda saat ini sedang hamil atau belum.

Payudara terasa lembut

Ciri yang pertama yang mengindikasikan bahwa ibu hamil adalah ketika payudaranya tiba-tiba terasa lembut.

Hal ini disebabkan karena memang pada saat mengalami pembuahan, maka akan menimbulkan peningkatan terhadap hormon estrogen dan progesteron yang kemudian akan berdampak pada payudara yang terasa lebih lembut dari biasanya.

Kondisi ini akan diketahui pada saat kehamilan sudah mencapai usia antara 1 sampai dengan 2 minggu.

Selain itu, faktor yang menyebabkan payudara terasa lebih lembut adalah karena ia terlalu banyak menahan cairan yang kemudian akan membuatnya terasa lebih berat dan lebih besar.

Jika pasangan anda sudah merasakan kondisi seperti ini, maka kemungkinan ia sedang hamil dan mulailah untuk membiasakan diri merawat payudara anda agar tetap dalam kondisi yang baik.

Mengalami pendarahan ringan

Ciri yang kedua yang menandakan bahwa pasangan anda sedang hamil adalah ketika ia mengalami pendarahan yang bersifat ringan yang mana kondisi ini juga biasanya disebut dengan implatasi.

Pendarahan yang dialami tersebut lebih umumnya terjadi pada saat usia kehamilan telah mencapai kurang lebih 6 hari dimulai dari pertama kali terjadinya proses pembuahan.

Pendarahan tersebut akan mengeluarkan darah yang bersifat cair dan memiliki warna yang lebih cerah yang biasanya wanita akan langsung mengetahui bahwa hal ini merupakan petunjuk ia akan datang bulan, padahal kondisi ini malah menjadi tanda bahwa wanita tersebut sedang hamil.

Anda tidak perlu khawatir karena pendarahan yang dialami ini tidak sampai terjadi dalam jangka waktu yang terlalu lama, yakni biasanya akan berhenti sendiri maksimal dalam 24 jam.

Tanda pendarahan ini juga sebenarnya akan dialami oleh seseorang yang mengalami keguguran.

Oleh karena itu, bila anda ragu apakah ini pendarahan menstruasi atau bukan, maka anda bisa bertanya kepada bidan atau dokter yang ada di sekitar daerah anda.

Tubuh menjadi cepat lelah

Jika tiba-tiba anda merasakan bahwasanya tubuh anda menjadi cepat lelah padahal anda tidak melakukan aktivitas yang berat, maka anda harus mulai waspada karena hal ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri orang hamil usia 1 minggu.

Namun anda harus tahu bahwa kelalahan yang dialami oleh anda tersebut bersifat normal yang memang akan dialami oleh hampir semua wanita yang hamil.

Salah satu alasan mengapa tubuh anda menjadi cepat lelah adalah karena tubuh anda memproduksi hormon progesteron dalam jumlah yang banyak.

Hal ini biasanya juga akan ditandai dengan kondisi lainnya seperti detak jantung yang tiba-tiba berdetak lebih cepat maupun juga tubuh anda yang tiba-tiba mengalami gemetar alias tremor.

Agar supaya anda mampu mengatasi masalah ini, maka yang harus anda lakukan adalah meluangkan waktu anda untuk beristirahat dan kami sarankan agar anda juga mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk kesehatan anda serta bayi yang anda kandung tersebut.

Terasa seperti ingin kencing

Jika tiba-tiba anda merasa selalu ingin buang air kecil, maka ciri seperti ini juga bisa mengindikasikan bahwa anda sedang hamil.

Meskipun sebenarnya ciri ini lebih banyak dialami oleh wanita yang sudah memasuki usia kehamilan tri semester pertama, namun juga tidak jarang ada ibu yang masih mengandung 1 minggu juga mengalami tanda seperti ini.

Perlu anda tahu bahwa ukuran janin yang anda tersebut normal, maka kemudian bisa menyebabkan adanya tekanan pada kandung kemih sehingga lama kelamaan kandung kemih anda akan semakin tertekan sehingga akan memaksa tubuh anda mengeluarkannya yakni dengan cara buang air kecil.

Oleh sebab itu, bagi ibu hamil yang merasa bahwa ia ingin selalu buang air kecil agar supaya tidak menahan keinginannya tersebut karena memang kondisi merupakan kondisi yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Pusing atau sakit kepala

Untuk ciri-ciri orang hamil usia 1 minggu yang terakhir mungkin banyak dari anda yang sudah mengetahuinya karena tidak jarang ciri yang satu ini bahkan sering dipraktekkan di sinetron-sinetron.

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa tubuh memproduksi hormon progesteron yang tinggi yang kemudian pembuluh darah akan semakin besar.

Kondisi ini menyebabkan tekanan darah menjadi naik turun yang pada akhirnya akan menyebabkan ibu hamil mengalami sakit kepala atau pusing. Untuk kondisi yang lebih parah, bisa menyebabkan ia pingsan.

Baca Juga : Prosedur Elektrokardiograf

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *