Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Bagian dan Struktur Dari Mulut

Pengertian, Bagian dan Struktur Mulut – Mulut merupakan salah satu rongga yang bisa terbuka sebagai tempat masuk nya makanan dan juga minuman. Pada hewan dan manusia sama-sama memiliki mulut.

Pengertian, Bagian dan Struktur Dari Mulut

Pengertian, Bagian dan Struktur Dari Mulut

Selain itu, mulut juga bagian pertama dalam sistem pencernaan di mana terdapat bagian-bagian dari mulut yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti:

  1. Lidah

Lidah merupakan kumpulan beberapa otot rangka dan terletak pada bagian dalam bawah mulut, di mana   bisa membantu untuk melakukan proses pencernaan makanan. Baca Juga :

Misal nya untuk  membantu dalam  mengunyah makanan dan juga menelan makanan. Lidah juga memiliki beberapa saraf yang berfungsi untuk merasakan rasa makanan.

  1. Gigi

Gigi memiliki fungsi untuk menggit, mencabik serta mengunyah makanan. Gigi sendiri terdiri atas gigi taring, gigi seri, gigi susu dan juga gigi geraham.

Selain itu, mulut juga langsung terhubung dengan lingkungan luar tubuh yang mempunyai fungsi untuk tempat masuk nya makanan atau minuman dan juga udara.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan melewati beberapa saluran pencernaan yang kemudian di serap dan di cerna did alam usus dan sisa makanan tersebut akan di keluarkan melalui anus.

Di dalam mulut terdapat beberapa komponen-komponen yang sangat penting seperti lidah, gigi dan juga kelenjar liur atau kelenjar saliva.

Struktur Mulut

1). Bibir

Bibir adalah bagian terluar dari mulut, semua orang memiliki 2 bibir, bibir atas dan juga bibir bawah.

Permukaan bibir di lapisi oleh kulit dan mengandung folikel rambut dan juga kelenjar, pada bagian tengah bibir atau area transisional di lapisi oleh epidermis yang transparan sedangkan di bagian permukaan nya ialah membrane mukosa.

Kemudian di bagian tempat yang merupakan tempat bertemu nya bibir bawah dan atas yang terletak di damping mulut di namakan komisura bibir.

2). Pipi

Pipi terletak di samping mulut yang terdiri atas beberapa otot. Otot yang ada di dekat bibir berperan dalam proses terjadi nya pengunyahan dan di sebut juga dengan otot mastikasi atau pengunyah.

3). Gigi

Gigi merupakan salah satu organ pencernaan yang berada di dalam rongga mulut. Gigi adalah alat pencernaan mekanik yang memiliki fungsi untuk memotong, mengunyah dan merobek makan yang masuk ke dalam mulut sebelum akhir nya masuk ke dalam pencernaan selanjutnya . struktur gigi sangat padat dan juga keras. Gigi memiliki 3 struktur di antara nya ialah

  • Mahkota gigi (puncak) yang merupakan bagian yang terlihat dari luar, mempunyai lapisan berwarna  putih karena di lapisi oleh struktur email gigi.
  • Leher gigi (colum) yang merupakan bagian gigi yang sudah tertanam di dalam gusi dan menjadi pembatas antara mahkota dan juga akar gigi.
  • Akar gigi yang merupakan bagian yang tertanam di dalam rahang. Sehingga tidak terlihat dari luar

3). Lidah

Lidah merupakan organ perasa di dalam mulut yang memiliki fungsi sebagai indera pengecap yang mampu memberikan rasa untuk  makanan yang masuk ke dalam mulut.

Selain itu lidah mempunyai 3 fungsi yakni sebagai indera peras, sebagai organ pencernaan untuk mencerna dan juga menelan makanan, serta sebagai organ yang berperan penting dalam proses bicara.

4). Kelenjar saliva

Kelenjar ini dapat menghasilkan dan juga mengelurakan air ludah ke dalam mulut dan cairan tersebut memiliki fungsi untuk menjaga keadaan mulut supaya tidak kering dan dapat membantu dalam proses pencernaan terhadap makanan.

5). Gusi

Gusi atau gingiva merupakan saah satu jaringan mukosa ada di dalam rongga mulut dan menutupi rahang.

Jaringan gusi memiliki warna yang transparan namun terlihat berwarna merak di luar jaringan karena mengandung banyak sekali pembuluh darah di dalam nya.

6). Langit-langit mulu atau Palatum

Palatum atau yang terkenal dengan langit-langit mulut ialah lipatan pada membrane yang tersusun atas kumpulan otot dan juga tulang. Baca Juga :

7). Uvula

Uvula ialah salah satu jaringan yang lunak dan terlihat seperti menggantung yang berada di tengan rongga mulut.

Ovula mempunyai otot kecil yang bernama musculus uvuae dan dapat membantu kontraksi sehingga bisa mengisi ruangan yang ada di bagian belakang tenggorokan.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018