Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Fase Persiapan Interfase Pada Pembelahan Mitosis

Pengertian dan Fase Persiapan Interfase Pada Pembelahan Mitosis – Halo Pembaca, bertemu lagi dengan saya ya. Bila kemarin kita sibuk membahas tentang dunia profase, anaphase, metaphase, kali ini kita tidak akan berbicara tentang mekanisme tersebut.

Kali ini, kita akan lebih dalam berbicara tentang proses interfase atau biasa disebut dengan proses persiapan. Nah untuk lebih kenal tentang proses ini, kita harus tahu sebelumnya awal – awal mulai adanya factor genetic dan pembelahan mitosis

Pengertian dan Fase Persiapan Interfase Pada Pembelahan Mitosis
Pengertian dan Fase Persiapan Interfase Pada Pembelahan Mitosis

Menurut johansen (1911), genotype diciptakan untuk sifat – sifat dasar yang belum terpengaruh oleh factor – factor lingkungan dan fenotipe untuk sifat – sifat yang tampak.

Baca Juga :

Nah seperti dipelajari dalam ilmu pertanian, ilmu genetika sendiri bermanfaat untuk mendapatkan varietas – varietas dari produk bibit , benih, atau hasil produk yang lebih unggul daripada jenis – jenis yang telah ada.

Bisa dari kecepatan pertumbuhan, mutu , dan hasil dari produk itu sendiri.

Nah dengan adanya hal tersebut, maka akan ada macam – macam varietas yang sifatnya unggul secara nyata dibandingkan dengan varietas yang lain. Penyebab adanya variabilitas ini salah satunya melalui modifikasi, mutasi, dan blasteran.

Pembelahan Mitosis

Bicara tentang pembelahan, maka kita perlu belajar tentang pembelahan mitosis. Apa sih itu pembelahan mitosis? Mitosis sendiri merupakan pembelahan nucleus yang memiliki asosiasi dengan pembelahan sel somatic, yang menghasilkan dua sel baru identic dalam banyaknya kromosom dan identic dengan sel asal.

Nah, pembelahan mitosis hanya terjadi pada sel eukariot, dan pada organisme multisel, sel –sel seomatik akan mengalami mitosis, sedangkan sel kelamin akan membelah diri melalui proses yang berbeda dari mitosis, yaitu meiosis.

Nah, dalam pembelahan mitosis, proses ini akan menghasilkan sel anak yang memiliki jumlah sama dengan jumlah kromosom sel induk.

Dalam pembelahan sel, tidak semua bagian sel dalam tubuh memiliki kecepatan pembelahan yang sama. Misalnya, ketiak sel di kulit mengalami kerusakan, sel – sel germatikum kulit mampu melakukan pembelahan yang sangat cepat.

Hal ini tidak berlaku dengan sel – sel hati, dimana proses pembelahan sel dapat berlangsung selama siklus tahunan. Untuk sel – sel saraf bahkan tidak mampu melakukan pembelahan pada umur tertentu. Pada pembelahan sel organisme multiseluler, proses pembelahannyadisebut dengan siklus sel.

Pada sel – sel organisme multiseluler, proses siklus sel dibagi menjadi 2 tahap utama, yaitu mitosis dan interfase, yuk kita belajar tentang interfase

Interfase

Interfase merupakan tahapan siklus sel dimana sel akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk melakukan fungsi biasa mereka, termasuk persiapan untuk pembelahan sel. Siklus sel adalah kegiatan sel yang terjadi dari satu pembelahan sel ke pembelahan sel berikutnya.

Terdapat 3 fase persiapan pada fase interfase, yaitu periode G1 (gap 1) , periode S (sintesis) , dan periode G2 (gap2)

  1. Fase G1 : transkirpsi RNA , sintesis protein dan penggandaan organel sel
  2. Fase S  : Replikasi DNA, duplikasi kromosom
  3. Fase G2 : Sintesis RNA dan perbanyakan kembali organel sel interfase bukan merupakan fase pembelahan , tapi fase antara , yaitu antara mitosis satu dengan mitosis berikutnya. Fase ini membutuhkan waktu paling lama dibandingkan dengan fase pembelahan sel (fase mitotic)

Baca Juga :

Nah pembaca sekalian, itu dia pembahasan kita pada artikel kali ini. Artikel tentang interfase tentunya akan meningkatkan pengetahuan kita seputar pembelahan mitosis, sehingga wawasan kita akan terbuka lebih lebar tentang hal – hal ini.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk para pembaca, apabila ingin mendapatkan artikel – artikel menarik seputar pembelahan mitosis, segera cari artikel – artikel tambahan di blog ini ya. Selamat belajar!

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *