Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Proses, Ciri dan Tujuan Pembelahan Sel Amitosis

Pengertian dan Proses Pembelahan Sel Amitosis – Halo Pembaca, bertemu lagi dengan saya ya. Bila kemarin kita sibuk membahas tentang dunia profase, anaphase, metaphase, kali ini kita tidak akan berbicara tentang mekanisme tersebut.

Kali ini, kita akan lebih dalam berbicara tentang proses pembelahan langsung atau pembelahan amitosis. Nah untuk lebih kenal tentang proses ini, kita harus tahu sebelumnya awal – awal mulai adanya factor genetic dan pembelahan mitosis.

Pengertian, Proses, Ciri dan Tujuan Pembelahan Sel Amitosis
Pengertian, Proses, Ciri dan Tujuan Pembelahan Sel Amitosis

Menurut johansen (1911), genotype diciptakan untuk sifat – sifat dasar yang belum terpengaruh oleh factor – factor lingkungan dan fenotipe untuk sifat – sifat yang tampak.

Baca Juga :

Nah seperti dipelajari dalam ilmu pertanian, ilmu genetika sendiri bermanfaat untuk mendapatkan varietas – varietas dari produk bibit, benih, atau hasil produk yang lebih unggul daripada jenis – jenis yang telah ada.

Bisa dari kecepatan pertumbuhan, mutu , dan hasil dari produk itu sendiri. Nah dengan adanya hal tersebut, maka akan ada macam–macam varietas yang sifatnya unggul secara nyata dibandingkan dengan varietas yang lain. Penyebab adanya variabilitas ini salah satunya melalui modifikasi, mutasi, dan blasteran.

Pengertian pembelahan sel, Dalam suatu proses menghasilkan dan menciptakan suatu generasi-generasi penerus baru dari sel-sel maupun individu yang mempunyai sifat multiseluler seperti halnya diri mereka sendiri yang dihasilkan oleh indukan ataupun orang tua merupakan definisi dari reproduksi atau pembelahan sel pada ilmu biologi.

Reproduksi atau pembelahan sel pada umumnya dibedakan menjadi 3 jenis pembelahan sel, yakni pembelahan secara amitosis atau biner, pembelahan sel secara mitosis, dan pembelahan sel secara meiosis. Berikut pembahasannya :

Proses Pembelahan Sel Secara Amitosis

Proses pembelahan sel secara amitosis biasanya berlangsung secara spontan, tanpa melewati suatu tahapan-tahapan pada pembelahan sel.

Biasanya pada organisme prokariotik seperti halnya bakteri menggunakan dan memakai cara pembelahan ini. Pada proses pembelahan sel secara amitosis dapat terjadi karena sel-sel bakteri yang tidak mempunyai bagian-bagian dari membran inti yang berperan penting dalam membatasi nukleoplasma dengan sitoplasma.

Kemudian bisa juga karena DNA yang tersimpan di dalam ruang lingkupnya sel relative lebih kecil jika dibandingkan dengan DNA pada sel eukariotik.

Bentuk sirkuler merupakan bentuk dari DNA prokariotik sehingga pada DNA tidak perlu digabungkan menjadi kelompok dari kromosom-kromosom sebelum  terjadinya suatu proses pembelahan sel-sel.

Ciri–ciri Pembelahan Sel Amitosis 

Terjadi organisme Unsiluler atau bersel tunggal, misalnya :

  • Amoeba
  • Parameciu
  • Alga Biru
  • Setiap sel terbelah menjadi 2 sel

Tujuan Pembelahan Sel Amitosis

Tujuan dari pembelahan sel amitosis ini adalah untuk reproduksi yaitu untuk memperbanyak diri yang awalnya hanya satu kini terbelah menjadi beberapa bagian sehingga menghasilkan pembelahan yang banyak dan sempurna.

Nah pembaca sekalian, itu dia nih pembahasan kita pada artikel kali ini. Artikel tentang pembelahan amitosis tentunya akan meningkatkan pengetahuan kita seputar pembelahan sel, sehingga wawasan kita akan terbuka lebih lebar tentang hal – hal ini.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk para pembaca, apabila ingin mendapatkan artikel – artikel menarik seputar pembelahan mitosis, segera cari artikel – artikel tambahan di blog ini.

Baca Juga :

Bila anda memiliki saran atau komentar seputar artikel yang sudah dibuat, silakan memberikan masukan membangun di bawah kolom komentar yang telah disediakan.

Semoga pembaca mendapatkan informasi yang dibutuhkan ketika berkunjung disini. Semoga menginspirasi siapa saja yang membutuhkan dan membantu ya.

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *