Pengertian dan Jenis Deposito

Pengertian Deposito : Jenis Deposito – Banyak orang yang tertarik untuk menekuni bisnis investasi, namun ternyata mereka masih belum paham mengenai jenis atau produk investasi seperti apa yang akan mereka pilih, dan salah satu dari jenis investasi tersebut adalah deposito.

Pengertian dan Jenis Deposito

Pengertian dan Jenis Deposito

Deposito merupakan salah satu jenis investasi yang memang terkenal memiliki resiko yang cenderung lebih kecil sehingga cocok bagi mereka yang baru mulai melakukan atau menekuni bisnis investasi.

Baca Juga : Cara Penggunaan Cek

Maka dari itu, kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai seperti apa pengertian dan jenis deposito yang bisa anda gunakan.

Dengan mengetahui informasi yang kami berikan ini diharapkan bisa menambah wawasan anda mengenai dunia investasi, terutama bagi anda yang baru memulai bisnis tersebut.

Pengertian Deposito

Deposito merupakan sebuah produk simpanan bank dimana ia hanya bisa disetor maupun ditarik dalam waktu tertentu.

Hal ini tentu saja berbeda dengan tabungan yang bisa anda setor maupun anda tarik kapan pun sesuai dengan keinginan anda.

Untuk jangka waktu dari deposito itu sendiri bermacam-macam, ada yang setiap bulan, 3 bulan, atau bahkan juga ad deposito yang pengambilan maupun penyetorannya membutuhkan waktu 6 bulan sekali.

Selain itu, simpanan deposito tersebut hanya bisa anda cairkan pada saat sudah mencapai jangka waktu yang telah ditentukan.

Dan jika ternyata anda melakukan pencairan sebelum tanggal yang sudah ditentukan, maka biasanya anda akan dikenakan denda yang besarnya kira-kira sekitar 0,5% sampai dengan 3% dari total simpanan yang anda miliki.

Hal lain yang juga harus anda ketahui adalah deposito terkenal memiliki bungan yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan.

Alasannya yakni uang yang anda investasikan tersebut nantinya akan dikunci sampai jangka waktu yang sudah disepakati di awal sehingga nantinya bank akan memberikan bunga yang lebih tinggi jika dibandingkna dengan tabungan.

Jenis-jenis Deposito

Setelah anda mengetahui tentang pengertian maupun juga cara kerja dari deposito, maka di bawah ini kami akan memberikan anda penjelasan mengenai jenis-jenis deposito yang bisa anda pilih atau gunakan sesuai dengan selera anda.

  1. Deposito Berjangka

Jenis deposito yang pertama disebut dengan deposito berjangka yang mana penarikan maupun penyetorannya sesuai dengan tanggal atau waktu yang sudah ditentukan dan disepakati bersama.

Seperti yang telah kami jelaskan di awal bahwasanya jangka waktu pengambilan atau penyetoran deposito ini beragam, ada yang sebulan, 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan sampai ada yang setahun sekali.

Deposito berjangka ini biasanya akan diterbitkan oleh perseorangan maupun juga atas nama lembaga yang bersangkutan.

Untuk penarikannya sendiri bisa dilakukan secara tunai maupun juga pemindahbukuan.

Selain itu, setiap deposito yang diterima akan diberlakukan pajak sesuai dengan bunga yang diterima oleh orang atau lembaga tersebut.

  1. Deposito Automatic Roll Over

Jenis deposito yang kedua disebut dengan deposito automatic roll over. Sebenarnya deposito yang satu ini merupakan bentuk lain dari deposito berjangka yang sudah kami jelaskan sebelumnya, yang mana simpanan deposito yang sudah masuk tempo, dan ternyata pihak pengambil deposito tersebut tidak kunjung melakukan pengambilan, maka nantinya akan secara otomatis akan diberlakukan perpanjangan waktu meskipun tanpa persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

Tentu saja pemberlakukan deposito automatic roll over ini sebelumnya sudah melalui kesepatan bersama sehingga ketika sudah jatuh tempo dan tida kunjung diambil, maka akan secara otomatis waktunya diperpanjang sampai orang tersebut mengambil atau menarik depositonya.

  1. Sertifikat Deposito

Untuk jenis deposito yang ketiga ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan deposito berjangka pada poin pertama dimana memang sistem penerapannya berdasarkan jangka waktu tertentu.

Namun ada satu hal yang membedakan antara sertifikat deposito dengan deposito berjangka yakni dikeluarkannya sertifikat keterangan berkaitan dengan deposito tersebut sehingga nantinya bisa dengan mudah dijual-belikan maupun juga dipindah-tangankan kepada orang lain.

Selain itu, sertifikat deposito juga sangat mudah di dalam pencairannya karena bisa dicairkan di muka.

  1. Deposito On Call

DOC atau yang merupakan singkatan dari deposito on call hanya digunakan oleh mereka yang ingin mencairkaan deposito dalam jumlah yang cukup besar.

Perlu anda tahu bahwa setiap bank memiliki peraturan atau ketentuan yang berbeda mengenai pencairan deposito dalam jumlah besar. Untuk nomina minimumnya adalah 50 juta sampai dengan 100 juta.

Selain itu, deposito on call juga memiliki jangka waktu pencairan yang relatif singkat yaitu kurang lebih 7 hari dan maksimalnya 1 bulan.

Keunggulan dari deposito adalah di dalam penentuan bunga, anda tidak harus mengikuti aturan bank karena nantinya penentuan bunga akan dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama diantara kedua belah pihak yakni deposan dan bank yang bersangkutan.

Dan juga besaran bunga dari DOC akan ditentukan setiap bulan dan pencairan bunganya nanti bisa diberitahukan terlebih dahulu oleh yang bersangkutan kepada bank bahwa ia hendak mencairkan depositonya.

Baca Juga : Faktor Pengaruh Kebutuhan Primer

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *