Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Faktor Pengaruh Kebutuhan Primer dan Contoh Kebutuhan Primer

Pengertian Kebutuhan Primer : Contoh Kebutuhan Primer – Setiap manusia yang hidup dunia, wajib memenuhi semua kebutuhannya. Jika tidak, eksistensinya di dunia akan berjalan singkat.

Pengertian, Faktor Pengaruh Kebutuhan Primer dan Contoh Kebutuhan Primer

Pengertian, Faktor Pengaruh Kebutuhan Primer dan Contoh Kebutuhan Primer

Coba anda bayangkan, bagaimana manusia bisa hidup layak, jika kebutuhan makan dan minumnya tidak terpenuhi dengan baik. Tentunya, usia mereka di dunia tidak akan berlangsung lama.

Baca Juga : Pengertian Kebutuhan Sekunder

Memenuhi kebutuhan pokok adalah kewajiban manusia yang harus terus dilakukan di sepanjang hayat mereka.

Caranya bisa dengan bekerja atau melakukan aktivitas yang bisa menghasilkan uang. Semakin giat bekerja, kesempatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya semakin besar. Apalagi di jaman ini, ketika semua barang hanya bisa didapatkan melalui proses jual beli yang menggunakan alat tukar uang.

Nah, kebutuhan kebutuhan pokok inilah yang disebut dengan istilah kebutuhan primer.

Untuk ukuran orang awam, terkadang kebutuhan primer tidak terlalu dipersoalkan. Mereka lebih suka memenuhi kebutuhan sekunder terlebih dahulu.

Bahkan mereka lebih suka menumpuk harta yang merupakan kebutuhan tersier padahal kondisi kebutuhan pokoknya sedang carut marut. Padahal, kebutuhan yang menjamin kehidupan bisa langgeng yang pertama adalah kebutuhan primer.

Nah, agar anda bisa mengetahui secara detail apa itu kebutuhan primer sehingga paling layak untuk diperjuangkan, maka pada artikel berikut ini kami akan menjabarkan tentang kebutuhan primer yang kami lihat dari segi pengertian dan contoh contoh kebutuhannya.

PENGERTIAN KEBUTUHAN PRIMER

Kebutuhan primier adalah kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan ini harus terpenuhi jika sang manusia masih ingin disebut manusia. Jika tidak, anda pasti mengakhiri kehidupan dengan cepat.

Contoh, manusia membutuhkan makan. Jika tidak makan, manusia akan kekurangan penyokong tubuh yang mengakibatkan kematian. Nah, berbagai jenis makanan merupakan kebutuhan primer karena dia menjamin kehidupan manusia.

Selain disebut kebutuhan pokok atau inti, kebutuhan primer juga disebut dengan kebutuhan pertama manusia.

Di dalam tiga kebutuhan manusia yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier, kebutuhan primer lah yang wajib terpenuhi setelah mereka lahir ke dunia. Baru, setelah kebutuhan primer terpenuhi, kebutuhan kebutuhan selanjutnya diupayakan agar juga terpenuhi.

Nah, dari penjelasan diatas, pengertian kebutuhan primer bisa disimpulkan sebagai berikut yaitu kebutuhan kebutuhan manusia yang harus terpenuhi pertama kali sebelum kebutuhan lainnya karena kebutuhan ini mempengaruhi usia kehidupan mereka di dunia.

Kebutuhan primer inilah yang disebut dengan istilah kebutuhan pokok atau kebutuhan inti. Karena disebut kebutuhan pokok, maka manusia harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan ini terlebih dahulu.

FAKTOR PENGARUH PEMENUHAN KEBUTUHAN PRIMER

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi manusia agar senantiasa bekerja demi terpenuhinya kebutuhan kebutuhan primer. Berikut ini kami list faktor faktor tersebut, yaitu :

  1. Usia Manusia

Eksistensi manusia di dunia ditentukan oleh panjang pendeknya usia mereka disana. Memang, masalah kematian adalah rahasia tuhan, tetapi tuhan sudah mengajarkan manusia untuk menjaga tubuh tetap sehat sehingga tidak mudah diserang penyakit penyebab kematian.

Salah satu perintahNYA adalah makanlah makanan yang halal lagi baik. Nah, makanan inilah yang harus terpenuhi jika ingin usianya langgeng.

  1. Norma

Orang yang tidak memiliki pakaian, secara normatif, mereka adalah orang yang terpinggirkan. Karena pastinya, tanpa pakaian, tubuh mereka akan terbuka.  Dan dalam pandangan norma itu adalah sebuah pelanggaran etika.

Maka dari itu, memiliki pakaian adalah kebutuhan pokok atau kebutuhan primer yang harus terpenuhi jika anda tidak ingin mengalami sanksi sanksi normatif seperti dipandang rendah, dikucilkan, mendapat celaan dan lain lain.

  1. Faktor Penghasilan

Jika anda sudah bekerja dan memiliki penghasilan tetap, tentu orang akan bertanya tanya mengapa kebutuhan primer anda tidak juga terpenuhi. Apalagi jika untuk makan saja anda harus minta pada tetangga, padahal anda sudah bekerja.

Maka dari itu, orang yang memiliki penghasilan, pasti pertama kali yang diupayakannya adalah kebutuhan kebutuhan primer.

  1. Kenyamanan dalam Hidup

Faktor yang mempengaruhi pemenuhan kebutuhan primer yang keempat adalah faktor kenyamanan dalam hidup.

Jika anda tidak makan dan tidak minum, tentu kenyamanan hidup anda akan terganggu dengan penyakit. Sedangkan jika anda tidak berpakaian, kenyamanan anda akan terhambat oleh penampilan diri yang tidak sopan.

Sedangkan jika anda tidak memiliki rumah, kenyamanan hidup anda semakin kronis karena anda tidak bisa menjaga diri dari hujan dan panas matahari.

CONTOH CONTOH KEBUTUHAN PRIMER

Sejatinya contoh contoh kebutuhan primer hanya mencakup tiga jenis kebutuhan saja, yaitu kebutuhan akan makanan minuman, pakaian dan rumah atau tempat tinggal.

Akan tetapi masih ada kebutuhan yang juga layak dijadikan sebagai kebutuhan primer manusia yaitu agama, sarana kesehatan, Pekerjaan atau profesi serta uang atau ekonomi.

Itulah penjelasan detail tentang kebutuhan primer. Semoga artikel ini ada manfaatnya untuk kita sehingga kita selalu bisa melindungi diri dari tercabutnya eksistensi diri di dunia dengan cara selalu sibuk meningkatkan kebutuhan kebutuhan primer.

Baca Juga : Pengertian Kebutuhan Tersier

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018