Pengertian, Struktur Dan Fungsi Dinding Sel

Pengertian Dinding Sel : Struktur Dan Fungsi Dinding Sel – Apa yang dimaksud dengan dinding sel ?

Dindng sel pada tumbuhan adalah lalpisan yang kaku dan kokoh yang berada mengelilingi beberapa jenis sel. Dinding sel ialah fitur dari karakter sel tanaman, jamur, alga, bakteri, namun tidak pada hewan, inilah yang membedakan antara sel hewan dengan sel tumbuhan.

Pengertian, Struktur Dan Fungsi Dinding Sel

Pengertian, Struktur Dan Fungsi Dinding Sel

Maka dari itu mengapa sel hewan mampu bergerak bebas berbeda dengan tumbuhan, ya karena dengana danya dinding sel ini.

Baca Juga :

Dinding sel pada tumbuhan tidaklah sama satu dengan lainnya, dinding sel pada tumbuhan berbeda-beda tergantung dari jenis tumbuhan itu sendiri.

Dinding sel mempunyai bentuk yang kuat, kaku, kokoh. Dinding sel mempunyai letak di luar membran sel, dinding sel mempunyai fungsi utama yaitu untuk memberikan ekakuan, kekokohan, kekuatan dengan dukungan struktural memberikan perlindungan pada stres mekanik dan infeksi tertentu.

Dinding sel dibagi menjadi dua jenis yaitu; dinding sel primer dan dinding sel sekunder.

Dinding sel primer ialah dinding sel yang ada pada tumbuhan yang masih bertumbuh dan berkembang, lain hal dengan dinding sel sekunder ialah  dinding sel yang ada pada sel yang tumbuh dewasa atau sudah tua.

Mengikuti perkembangan dari tumbuhan dimana sel-sel berkembang dan tumbuh dan berubah menjadi matang pada saat itulah akan timbul dinding sel primer yang terdapat pada luar dinding sel sekunder. Dinding sel mempunya tiga lapisan sel yaitu antara lain :

  1. Lamela, adalah lapisan yang terdapat pada bagian luar dinding sel yang memiliki kandungan pektin, berfungsi untuk pelekat antara sel yang satu dengan sel lain.
  2. Dinding sel primer adalah lapisan tipis diantara lamela dan dinding sel sekunder. Mempunyai tekstur yang lunak atau lembek. Mengapa demikian ? karena dinding sel primer pada umumnya terletak  pada sel tumbuhan yang sedang bertumbuh. Pada dinding sel primer terdapat zat pektin, hemiselulosa, dan glikoprotein.
  3. Dinding sel sekunder, adalah dinding sel yang memilki tekstur kokoh dan kaku. Dinding sel sekunder ini ditemukan pada tumbuhan yang sudah dewasa atau sudah matang atau tumbuhan tua dimana tumbuhan tersebut tidak daoat berkembang atau tumbuh lagi. dalam beberapa tanaman dinding sel sekunder mempunyai fungsi untuk memperkuat tumbuhan. Dinding sel sekunder ini terdiri dari lignin, selulosa, dan hemisleulosa.

Struktur dinding sel

Dinding sel terdiri dari glukosa yang menjadi satu lalu membentuk selulosa. Selulosa ialah karbohidrat dan dapat dianggap sebagai gula yang kompleks yang digunakan pada kedua perlindungan dan juga struktur.

Lalu selulosa akan membentuk benang tipis yang  akan mengikat satu sama lain dan membentuk suatu struktur disebut mikrofibril.

Mikrofibril menyatu menjadi benang halus yang lebih besar, itu disebut makrofibril.

Dinding sel terdiri dari tiga lapisan yang melapisinya dan pada setiap lapisan tersebut mempunyai struktur dan kegunaannya masing-masing.

Setiap lapisan tergantung dari jenis tumbuhan dan kebutuhan tumbuhan tersebut.

Bagian tengah bernama lamella, fungsi lamella ialah memperkuat tumbuhan dan membuat tumbuhan mampu tahan kompresi.

Lapisan kedua adalah dinding primer yang terdapat selulosa yang telah berbentuk mikrofibril.

Lapisan ketiga ialah dinding sekunder. Lapisan ini bentuknya sangat kaku dan dapat memberikan kekuatan kompresi. Ini bisa membantu menghentikan tumbuhan apabila mengalami keretakan atau pecah.

Fungsi Dinding Sel

Berikut adalah fungsi dari dinding sel pada tumbuhan antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Dinding sel mempunyai fungsi untuk memberikan struktur dan bentuk pada tumbuhan.
  2. Dinding sel mampu melindungi sel dari adanya tekanan agar tidak mudah pecah.
  3. Dinding sel mempunyai fungsi untuk memberikan perlindungan sel dari adanya infeksi.
  4. Dinding sel mampu memberikan kekuatan didalam jaringan tumbuhan maka tumbuhan akan dapat berdiri dengan tegak dan kokoh.
  5. Dinding sel juga mempunyai fungsi mencegah masuk mikroorganisme atau serangga atau hewan kecil lainnya masuk kedalam sel tumbuhan.
  6. Dinding sel mampu mencegah proplas pecah karena terlalu banyak air yang diserap. Protoplas adalah bagians sel tumbuhan.
  7. Dinding sel mampu membatu aliran osmotik.
  8. Dinding sel mampu mambantu mengalirkan atau mengirim air, gas dan zat lain yang tumbuhan perlukan.
  9. Mampu mencegah tumbuhan kekurangan air.
  10. Dinding sel mampu membantu didalam difusi gas.
  11. Dinding sel adalah pemisah antara sel dalam dan sel bagian luar.
  12. Mencegah dari gangguan serangga maupun mikroorganisme lainnya.
  13. Dinding sel mampu memberikan dukungan struktural tumbuhan.

Dinding sel ini juga dimiliki oleh jamur dan bakteri, namun ada perbedaan antara dinding sel tumbuhan, jamur dan bakteri yaitu terletak apda bagian dalam penyusunnya. Tetapi dinding sel mempunyai fungsi yang sama sebagai struktur yang memberikan kekuatan dan kekokohan pada sel.

Demikianlah pembahasan kali ini yang berisi tentang pengertian, struktur dan fungsi dinding sel. Semoga dapat membantu bagi anda yang sedang mencari tentang artikel ini. Semoga bermanfaat Terimakasih.

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *