Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Sumber Karbohidrat

Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Sumber Karbohidrat – Karbohidrat adalah jenis senyawa organik yang sangat melimpah di muka bumi, dan merupakan sumber energi yang paling utama yang diperlukan oleh tubuh.

Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Sumber Karbohidrat

Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Sumber Karbohidrat

Didalam karbohidrat mengandung karbon, oksigen dan hidrogen. Karbohidrat terdapat pada makanan yang memiliki rasa manis, madu, gula, karbohidrat ini yang sangat cepat diserap dan diolah oleh tubuh menjadi gula darah.

Jika sesorang sedang menderita diabetes, disarankan tidak boleh mengkonsumsi gula, madu dan gula merah.

Baca Juga : Proses Karbohidrat Dipecah Menjadi Energi

Fungsi Karbohidrat

Fungsi yang dimiliki oleh karbohidrat adalah sebagai berikut :

  1. Sumber energi untuk tubuh manusia, karbohidrat adalah sumber energi yang paling mudah didapat dan harga nya pun tidak mahal. Glukosa yang dihasilkan adalah sebagai energi untuk jaringan syaraf tubuh dan paru-paru.
  2. Karbohidrat mempunyai peran yang penting dalam pencernaan, karena dapat melancarkan sistem pencernaan. Makanan yang kaya akan karbohidrat memiliki banyak serat. Serat berguna untuk mencegah kegemukan, mencegah diabetes, kanker usu besar dan juga jantung.
  3. Karbohidrat memiliki fungsi untuk protein mengerjakan perannya sebagai zat dalam pembentukan tubuh. Apabila didalam tubuh manusia kekurangan karbohidrat maka tubuh langsung mengambil dari protein yang menjadi cadangan energi. Dan itu dapat membuat fungsi protein sebagai zat pembentuk tubuh tidak dapat bekerja dengan maksimal atau sempurna.
  4. Karbhohidrat juga memiliki fungsi membantu tubuh dalam menyerap kalsium.
  5. Karbohidrat mempunyai fungsi untuk mengatur metabolisme lemak didalam tubuh manusia, dan mencegah oksidasi lemak yang tidak berjalan dengan baik untuk tubuh manusia.
  6. Sebagai cadangan energi dalam otot dan hati.
  7. Mampu mencegah datangnya penyakit, dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks, penjelasannya ada dibawah ya J
  8. Mampu meningkatkan penyerapan nutrisi pada tubuh.
  9. Memlihara kesehatan jantung.

Jenis Karbohidrat

Karbohidrat yang ada pada makanan terbagi menjadi tiga jenis menurut ukuran molekulnya, yaitu antara lain :

1). Karbohidrat sederhana

karbohidrat ini merupakan karbohidrat yang sangat mudah dicerna dalam tubuh, dan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah manusia. Karbohidrat ini tidak boleh dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Contoh makanan yang memiliki kandungan karbohidrat sederhana adalah :

Gula merah, gula pasir, susu, madu, yoghurt, permen, sirup, gandum putih, cokelat, biskuit, kue manis atau cake, soft drink.

2). Karbohidrat kompleks

Pada karbohidrat kompleks ini tubuh membutuhkan waktu yang agak lama untuk menyerap dan mencerna makanan yang kita makan, dalam karbohidrat kompleks tidak akan meningkatkan naiknya akdar gula dalam darah. Karbohidrat kompleks terbagi menjadi yaitu :

  • Pati, pati memiliki bentuk yang sangat rumit dibandingkan karbohidrat sederhana seperti gula, madu dan gula merah, maka dari itu pati ini membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna tubuh. Jika kita mengkonsumsi nasi dan roti atau makanan yang mengandung karbohidrat kompleks lainnya otomatis kadar gula darah akan cepat meningkat.
  • Serat, semua sayur memiliki kandungan karbohidrat loh, mungkin banyak yang belum mengetahui sayur dan buah ada salah jenis karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat kompleks serat ini dapat ditemukan pada nasi merah, roti gandum.

Perbedaan serat dengan karbohidrat lain adalah, serat ini tidak memiliki dampak buruk terhadap gula darah, malah sebaliknya serat sangat bagus dan memiliki dampak yang baik untuk tubuh.

Jika seseorang menginginkan berat badan yang ideal maka harus banyak mengkonsumsi serat, karena serat ini tidak akan membuat berat badan naik.

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks :

Beras merah, oatmeal, kentang, ubi jalar, pisang, jagung, alpukat, kedelai, apel, selada, quinoa.

Sumber Karbohidrat

Dilingkungan sekitar kita tinggal banyak sekali kita temui sumber-sumber yang mengandung karbohidrat antara lain :

  • Sumber karbohidrat yang terdapat pada Biji aitu ; jagung, beras dan gandum
  • Sumber karbohidrat yang terdapat pada Buah ; pisang dan semua jenis buah yang memiliki rasa manis.
  • Sumber karbohidrat yang terdapat pada Daun ; sayuran yang berwarna hijau.
  • Sumber karbohidrat yang terdapat pada Akar ; Ubi Kayu, Ubi Jalar, keladi, kentang.

Apapun yang kita konsumsi untuk tubuh, haruslah mempunyai porsi yang tidak berlebihan, atau kita mengkonsumsinya dengan jumlah yang wajar.

Jika karbohidrat kita konsumsi terlalu berlebih atau terlalu banyak porsi untuk tubuh kita maka karbohidrat juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, berikut ini penyakit yang memiliki hubungan dengan makanan yang mengandung karbohidrat :

  • Kelebihan berat badan atau obesitas, yang diakibatkan karena kelebihan kalori atau terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat.
  • Kekurangan protein dan kalori, malnutrisi yang serius, yang disebut Marasmus.
  • Gangguan laktosa

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai pengertian dan juga fungsi dari karbohidrat, jadi jangan lagi menghindari karbohidrat ya, tetapi ketahu dulu sebelum menghindarinya, karena banyak juga kebaikan ang dimiliki oleh karbohidrat loh. Semoga bermanfaat.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018