Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Manfaat dan Unsur Estetika

Pengertian, Manfaat dan Unsur Estetika – Melihat pemandangan persawahan di sore hari, terkadang membuat kita takjub dan kagum. Hal ini disebabkan keindahan panorama disana yang aduhai, dibalut suasana alam yang mempesona seperti suara burung, gemercik air, semilir angin hingga perpaduan warna hijau padi dengan birunya langit yang terjalin begitu mesra. Tiada kata lain yang terucap di kala itu kecuali kalimat tasbih, tanda syukur kita kepada sang pencipta.

Pengertian, Manfaat dan Unsur Estetika

Pengertian, Manfaat dan Unsur Estetika

Pertanyaannya adalah, mengapa kita terkagum kagum dengan pemandangan yang setiap hari kita melihatnya tersebut? Luar biasanya lagi, setiap kita memandang panorama tersebut, rasa kagum selalu terselip di hati kita tanpa berkurang sedikitpun.

Baca Juga : Pengertian Seni Rupa Murni

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus tahu dulu apa arti keindahan yang dalam bahasa kerennya disebut estetika.

Pada artikel berikut ini, kami akan mengulas tentang estetika, lengkap dengan pengertian dan unsur unsurnya. Diharapkan dari artikel ini, rasa estetis yang ada di dalam hati semakin menggelora sehingga tidak kita pandang apapun kecuali didalamnya pasti ada keindahan yang tersimpan.

PENGERTIAN ESTETIKA

Menurut etimologi kata, estetika bermakna keindahan. Biasanya estetika atau keindahan ini diikutsertakan dalam sebuah karya seni seperti puisi, film, drama, kerajinan dan lain lain. Walaupun sering juga keindahan estetis diselipkan pada diksi seseorang ketika berbicara.

Para pakar bahasa juga menjelaskan tentang arti estetika yang berupa pengalaman estetis yang kita dapatkan dari memandang atau merenungkan karya karya seni. Nah, menangis tanpa sadar ketika menonton film drama merupakan contoh dari pengertian ini.

Efek dari perasaan estetis ini adalah ucapan syukur, perasaan haru hingga selaksa pujian kita kepada orang yang telah membuat karya seni nan indah tersebut.

Jika kita gabungkan dua pengertian diatas, akan muncul pengertian estetika yang lebih detail yaitu keindahan yang dihasilkan oleh pengalaman manusia ketika melihat karya karya seni sehingga mampu meningkatkan perasaan emosi, kagum, takjub dan cinta di dalam hati terhadap karya tersebut atau kepada penciptanya.

MANFAAT ESTETIKA

Tidak ada orang yang paling peka hatinya kecuali penyair. Adagium romantisisme ini ada benarnya juga. Sebab, penyair adalah orang yang mampu mengungkapkan perasaan hatinya dalam bentuk kata kata indah. Dalam keadaan marah sekalipun diksi diksi syair yang mereka gubah masih tersimpan estetika dan kelembutan yang dalam. Itulah salah satu manfaat estetika. (Baca Juga : Pengertian Syair)

Nah, biar pemahaman kita tentang manfaat estetika lebih lengkap, berikut ini, kami list manfaat manfaat estetika, yang disadari atau tidak, manfaat ini muncul begitu saja tanpa bisa dicegah.

  1. Meningkatkan Ilmu Tentang Seni dan Nilai Luhur Seni

Kita tidak akan mampu mengapresiasi sebuah karya seni, jika di hati kita tidak tertanam jiwa jiwa estetis. Akibatnya, sekalipun karya seni paling indah sekalipun disodorkan di depan kita, hati kita tidak menangkap pesan pesan keindahan disana. Padahal di dalam seni terdapat nilai nilai luhur, yang salah satunya adalah rasa syukur kepada tuhan.

  1. Mengajarkan Manusia Tentang adanya nilai estetis didalam jiwa.

Orang yang hatinya bebal, tidak akan terpengaruh dengan film film romantis yang menggerus emosi. Namun, jika orang semacam ini terus menonton film semacam itu, perlahan lahan emosinya pasti tergerus juga. Bahkan, dia bisa menangis sesenggukan ketika konflik dalam filmnya menyentuh perasaan.

Nah pada kasus ini, sudah bisa dikatakan kalau di dalam hati penonton tersebut sudah muncul pengalaman estetis yang disadari atau tidak, nilai estetis tersebut akan terus muncul ketika dia dihadapkan pada karya film dengan konflik yang sama.

  1. Meningkatkan Rasa Cinta Kepada Seni dan Budaya Bangsa

Jika sebuah karya seni dan budaya berhasil menggugah jiwa estetis masyarakat, tentu apresiasi mereka kepada karya karya nan indah ini semakin besar. Sehingga mereka akan bersikukuh agar karya seni tersebut tetap menjadi milik bangsanya dan merekalah yang menjadi penjaganya.

  1. Mengasah Masyarakat Berpikir Sistematis dan Cermat

Untuk menghadirkan jiwa estetis ketika melihat sebuah karya seni, tentu kita harus melihat karya tersebut secara detail, cermat dan sistematis. Artinya, perpaduan unsur estetika didalamnya, memang benar benar diperhatikan dan ditelaah sehingga muncul keseimbangan yang ajeg menurut pikiran yang efeknya mulut kita akan bergumam tentang kekaguman dan ketakjuban.

UNSUR UNSUR ESTETIKA

Jika di dalam karya seni ada istilah unsur intrinsik dan ekstrinsik, maka unsur unsur estetika adalah gabungan dari kedua unsur tersebut yang bisa kita lihat di dalam sebuah karya. Nah, unsur unsur inilah yang akan membawa kita pada jiwa jiwa estetis ketika bertemu dengan karya seni.

Ini dia unsur unsur estetika yang kami maksud diatas, yaitu :

  1. Bentuk

Bentuk disini berupa sistematika bangun ruang yang ada di dalam karya tersebut seperti gunung bentuk segitiga, vas bunga bentuk tabung dan lain lain.

  1. Warna

Kolaborasi antar warna juga termasuk unsur estetika. Semakin acik perpaduan warna pada karya seni, kita melihatnya semakin terpesona.

  1. Tema

Jika kita melihat lukisan pemandangan desa, tentu temanya adalah keindahan desa. Tujuan pembuatan karya ini tentu mengajak jiwa kita melanglang buana seandainya kita berada di desa tersebut tentu sangat indah.

  1. Filosofis

Unsur estetika yang tidak boleh dikesampingkan adalah unsur filosofis. Unsur filosofis ini muncul ketika pencipta karya seni mencoba memasuki nalar imajinasi masyarakat.

Baca Juga :  Struktur dan Jenis Aransemen

Contoh, lukisan perang diponegoro. Pelukis tidak pernah tahu peristiwa yang sebenarnya. Tetapi dia memainkan filosofis “ penjajahan adalah kekejaman “ sehingga lukisan tidak nyata tersebut seakan menjadi nyata bahkan mengandung estetika.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018