Pengertian Gotong Royong Adalah : Manfaat dan Contoh

Pengertian Gotong Royong : Manfaat dan Contoh Gotong Royong – Dalam kehidupan sehari-hari, semangat gotong royong adalah hal yang penting untuk mempermudah berbagai kegiatan yang dilakukan sebagai bagian dari masyarakat.

Pengertian Gotong Royong Adalah : Manfaat dan Contoh

Pengertian Gotong Royong Adalah : Manfaat dan Contoh

Selain menghemat waktu, sebuah tugas atau pekerjaan juga dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.

Lalu, apa kira-kira pengertian, manfaat dan contoh dari gotong royong? Berikut penjelasannya.

Pengertian Gotong Royong

Secara etimologi, ktaa Gotong Royong berasal dari Bahasa Indonesia, yaitu gotong, yang artinya “bekerja” dan royong, yang artinya “bersama”.

Oleh karena itu, gotong royong bisa diartikan sebagai mengerjakan suatu hal bersama-sama atau mengangkat secara bersama-sama.

Menurut Koentjaraningrat, gotong royong bisa berarti kerja bakti maupun tindakan saling tolong-menolong antar satu sama lain.

Para ahli lain mengartikan gotong royong sebagai bentuk kerja sama beberapa orang dalam kehidupan sosial untuk menyelesaikan suatu pekerjaan demi kepentingan bersama.

Selain itu, ada juga yang mengartikan gotong royong sebagai partisipasi aktif setiap individu dalam sebuah kegiatan yang akan mendapatkan nilai positif dari orang-orang di sekelilingnya. Partisipasi aktif bisa meliputi tenaga, keterampilan, atau hal-hal lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, gotong royong bisa diartikan sebagai bekerja secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Gotong royong bisa dilakukan dalam berbagai aktivitas, mulai dari perayaan, pesta, rumah tangga hingga ketika terjadinya bencana alam.

Manfaat Gotong Royong

Tindakan gotong royong memiliki manfaat yang sangat banyak baik secara pribadi maupun sebagai suatu komunitas. Beberapa manfaat gotong royong diantaranya adalah :

  • Mempererat tali persaudaraan

Ketika melakukan gotong royong, maka anggota masyarakat akan saling bekerja-sama satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sama.

Dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan ketika melakukan kegiatan tersebut, maka akan terjalin tali persaudaraan yang kuat antar anggota masyarakat.

  • Meningkatkan efisiensi dalam menyelesaikan pekerjaan

Menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama akan lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan melakukannya sendiri.

  • Membina perasaan saling tolong menolong dan sukarela

Dengan memiliki perasaan gotong royong, maka seseorang akan terbiasa untuk membantu anggota masyarakat lain ketika terdapat pekerjaan yang harus diselesaikan secara bersama-sama.

  • Membentuk rasa persatuan

Baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun bernegara, dengan melakukan gotong royong, maka tiap anggotanya akan merasa saling memiliki satu sama lain.

Dengan perasaan memiliki, maka tiap anggota akan berani untuk membela dan melindungi satu sama lain dan menghindari terjadinya perselisihan.

  • Melatih kepemimpinan dan kemampuan bekerjasama

Dengan melakukan gotong royong, maka setiap anggota akan dilatih untuk bekerjasama dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Di lain sisi, jiwa kepemimpinan juga akan ditumbuhkan bagi salah satu orang yang bertugas untuk mengkoordinir kegiatan tersebut.

Kedua kemampuan ini sangat dibutuhkan bagi tiap orang dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

Contoh Gotong Royong

Kegiatan gotong royong dapat dilakukan dimana saja, baik itu di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Beberapa contoh kegiatan gotong royong diantaranya adalah

  • Melakukan kerja bakti di sekolah

Dengan membersihkan kelas, maupun lingkungan sekolah, maka setiap siswa sudah melakukan kegiatan gotong royong demi menciptakan sekolah yang lebih bersih dan nyaman untuk digunakan.

  • Mengadakan acara tahunan

Ketika duduk di bangku SD, SMP, maupun SMA, akan sering diadakan acara tahunan berupa acara musik atau bazaar.

Untuk membuat acara yang sukses, maka tiap siswa akan bekerjasama dalam membangun tenda, menyusun acara yang menarik, dan sebagainya.

  • Mengerjakan tugas kelompok

Dalam lingkup yang lebih kecil, siswa yang diberi tugas kelompok dan mengerjakannya secara bersama-sama dengan teman sekelompoknya juga termasuk kegiatan gotong royong.

  • Membersihkan selokan di kompleks perumahan

Kegiatan gotong royong ini bisa dilakukan di lingkungan sekolah maupun di daerah perumahan.

Dengan membersihkan selokan secara bersama-sama, maka akan tercipta saluran yang bersih dan bebas dari kotoran.

Setelah kegiatan ini dilakukan, maka lingkungan akan terhindar dari banjir maupun penyakit.

  • Membangun rumah bersama-sama

Kegiatan gotong royong yang satu ini mungkin sudah jarang terlihat di daerah perkotaan.

Namun, kerja bakti ketika membangun rumah banyak dilakukan di daerah pedesaan.

Selain menghemat biaya menyewa pekerja, kegiatain ini juga bisa membangun tali persaudaraan antar warga.

  • Pembangunan sarana infrastruktur

Berbagai infrastruktur seperti jembatan, toilet umum, masjid, dan jalan raya bisa dibangun secara bersama-sama oleh para anggota masyarakat untuk menciptakan lingkungan tempat tinggal yang lebih nyaman bagi para anggotanya.

  • Kerja bakti memanen dan menanam hasil pertanian

Di daerah pegunungan maupun pedesaan, menanam hasil pertanian bersama-sama dengan tetangga adalah hal yang wajar.

Baca Juga :

Selain menghemat waktu, pekerjaan yang dilakukan juga akan lebih efisien, sehingga hasil pertanian juga akan lebih cepat diperoleh.

Itu dia pengertian, manfaat, dan contoh gotong royong. Bagaimana, apakah Anda pernah melakukan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari Anda?

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..