Penjelasan dan Pengertian Substansi Kebudayaan

Penjelasan dan Pengertian Substansi Kebudayaan – Substansi Kebudayaan merupakan bentuk abstrak dari berbagai macam ide serta gagasan yang lahir dari pikiran manusia, bermunculan dalam kehidupan masyarakat yang kemudian memberi jiwa pada masyarakat tersebut.

Penjelasan dan Pengertian Substansi Kebudayaan

Penjelasan dan Pengertian Substansi Kebudayaan

Bentuknya dapat berupa nilai, sistem pengetahuan, pandangan hidup, kepercayaan, etos kebudayaan, maupun persepsi.

Substansi kebudayaan dapat terdiri dari bermacam-macam hal, di antaranya;

Pengetahuan

Pengetahuan dipahami sebagai dugaan atau hipotesis yang sudah diuji kebenarannya melalui berbagai teori tertentu ataupun dengan pengalaman langsung yang dialami dalam kehidupan nyata.

Nilai

Nilai dipahami sebagai segala sesuatu yang dianggap baik, berharga, dianggap sebagai sesuatu yang benar dan diterima serta telah disepakati bersama untuk dijadikan patokan dalam hidup bermasyarakat. Menurut Profesor Notonegoro, nilai dapat diklasifikasikan menjadi tiga bagian yaitu:

  • Nilai Material

Adalah nilai yang ada dalam suatu benda dan benda tersebut memiliki manfaat atau kegunaan. Misalnya batu, emas, tembaga, pasir, dan sebagainya.

  • Nilai Vital

Adalah nilai yang ada pada suatu benda dan merupakan akibat dari fungsi yang ditimbulkannya. sebagai contoh, pisau memiliki nilai vital untuk memotong bahan makanan sebelum diproses lebih lanjut, mobil memiliki nilai vital sebagai alat transportasi, dan lain-lain.

  • Nilai Spiritual

Adalah nilai yang ada pada setiap jiwa manusia. Nilai ini memiliki sifat abstrak yang bisa meliputi nilai estetika, religi, bahkan moral.

Pandangan Hidup

Pandangan hidup dimengerti sebagai suatu prinsip yang dipercaya dan dilakukan oleh seseorang maupun sekelompk orang.

Pandangan hidup ini bisa jadi terbentuk dari pengetahuan maupun pengalaman hidup yang dialami. Namun, macam substansi kebudayaan satu ini sangat berpengaruh pada persepsi, sikap, serta perilaku dari sang empunya.

Kepercayaan

Adalah pandangan hidup yang telah menjadi darah dan daging dalam diri seseorang maupun sekelompok orang yang kemudian menjadi dasar untuk berpikir, bersikap, dan juga berperilaku.

Persepsi

Adalah sebuah pandangan seseorang terhadap suatu hal. Setiap orang memiliki persepsi yang berbeda atas suatu hal karena perbedaan sudut pandang. Cerminan perbedaan persepsi ini tampak dari perilaku yang ditunjukkan oleh seseorang.

Etos Kerja

Merupakan sederet prinsip seseorang dan memiliki hubungan dengan semangat kerja. Faktor yang mempengaruhi adanya etos kerja dalam diri seseorang adalah (1) faktor lingkungan budaya dan (2) faktor potensi individual.

Itulah sekilas mengenai penjelasan dan pengertian dari Substansi Kebudayaan. Memahami substansi kebudayaan bisa menjadi langkah awal yang baik agar lebih mampu memahami serta mencintai kebudayaan yang sudah lama ada serta dilestarikan hingga detik ini.

Baca Juga :

Indonesia pun kaya akan substansi kebudayaan karena setiap daerah memiliki suku yang beragam dan hal ini menjadi salah satu alasan mengapa substansi kebudayaan di Indonesia jauh lebih banyak daripada yang mungkin kita ketahui di negara lain. Jadi, mengapa tidak bangga dengan Indonesia?

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..