Pengertian, Jenis dan Proses Siklus Air

Diposting pada

Pengertian Jenis dan Proses Siklus Air – Air salah satu sumber daya alam yang sifatnya bisa diperbarui. Tentu saja air ini menjadi salah satu sumber daya alam yang sifatnya sangat penting, terutama untuk makhluk hidup. Dan air ini menjadi salah satu sumber daya alam yang dibutuhkan oleh siapa saja.

Pengertian, Jenis dan Proses Siklus Air
Pengertian, Jenis dan Proses Siklus Air

Dibutuhkan oleh binatang, tumbuhan dan manusia. Air ini dibutuhkan oleh semua makhluk hidup karena air ini merupakan hal yang sangat penting. Dan air ini menjadi suatu hal tidak bisa ditinggalkan karena tubuh dari makhluk hidup sangat membutuhkan air. Baca Juga :

Tidak hanya itu saja, air juga digunakan untuk melakukan aktivitas sehari hari lainnya, seperti mencuci, memasak, dan lain sebagainya.

Hal inilah yang menyebabkan manusia tidak bisa dipisahkan dengan air, mungkin manusia bisa bertahan selama beberapa hari tidak makan.

Akan tetapi tidak bisa bertahan apabila kita tidak minum, karena itulah air ini kedudukannya sangat vital bagi kelangsungan hidup.

Siklus Air

Pasti Anda sudah mengetahui jika jumlah air yang ada di dunia ini sangat banyak sekali. bahkan permukaan dari bumi kita ini sebagian besar tertutupi oleh air.

Meskipun jumlah air didunia ini sangat banyak sekali, kita sebagai manusia juga sangat banyak dalam menggunakan air.

Bayangkan saja sendiri berapa banyak air yang digunakan setiap harinya oleh manusia yang ada didunia ini. Tetapi apakah Anda pernah berfikir tentang cadangan air yang ada didunia ini? apalagi jika saat musim kemarau panjang datang.

Nah, hal inilah yang sangat penting adanya siklus air, siklus ini merupakan siklus perputaran air dari asalnya. Dari hujan lalu kembali lagi keasalnya yakni tanah.

Hal inilah yang menyebabkan air didunia ini selalu cukup digunakan, meskipun dengan jumlah yang sangat besar.

Siklus air ini bisa kita jumpai didalam kehidupan sehari- hari khususnya saat terjadinya hujan.

Siklus air ini memiliki jenis yang berbeda beda, penjelasannya akan kami sampaikan pada kesempatan kali ini, silahkan simak artikel dibawah ini.

Jenis- jenis Siklus Air

Siklus air ini memiliki banyak jenis, jenis ini dibagi menjadi beberapa berdasarkan prosesnya ataupun tahapnya. Ada beberapa siklus air yang bisa kita jumpai didalam kehidupan sehari hari. Jenis yang ada di sekitar kita yaitu :

1). Siklus Hidrologi Pendek (Siklus Kecil)

Siklus air yang pertama ada siklus hidrologi pendek, siklus air ini merupakan siklus yang paling sederhana. Karena siklus yang satu ini hanya melibatkan beberapa tahapan saja, berikut ini ada tahapan dari hidrologi pendek :

  • Sinar matahari yang mengenai sumber- sumber air yang ada di Bumi, ini akan membuat sumber air tersebut menguap
  • Karena penguapan itulah terjadi kondensasi, sehingga membentuk awan yang mengandung uap air.
  • Awan yang mengandung uap air tersebut akan mengalami kejenuhan dan akan turunlah hujan di permukaan laut.

Karena siklus ini terjadi diatas permukaan laut, maka tidak ada tahapan mengalir kembali kelaut lagi. Air yang turun kelaut tersebut akan kembali tercampur dan kembali mengalami siklus air kembali.

2). Siklus Sedang

Siklus air yang kedua ada siklus sedang, tentu saja siklus ini memiliki proses yang sedikit lebih panjang daripada siklus pendek. Adapun beberapa tahapan dari siklus hidrologi sedang, berikut ini ada tahapan dari hidrologi sedang :

  • Matahari menyinari sumber-sumber air yang ada dipermukaan bumi, sehingga sumber air terebut mengalami penguapan.
  • Setelah itu terjadi evaporasi.
  • Uap air yang sudah terbentuk karena hasil pemanasan ini akan bergerak karena tertiup oleh angin ke darat.
  • Dan terbentuklah awan yang diakibatkan dari pemanasan itu tadi.
  • Maka hujan akan turun di atas permukaan bumi.
  • Air hujan yang turun didaratan ituylah yang akan mengalir ke sungai, kemudian mengalir lagi ke laut untuk kembali mengalami siklus hidrologi.

3). Siklus Panjang (Siklus Besar)

yang ketiga ada siklus panjang, siklus yang satu ini memiliki tahapan yang lebih kompleks daripada dua siklus yang sudah kami sampaikan diatas. Ada beberapa tahapan dari siklus panjang ini, yakni sebagai berikut:

  • Sinar matahari menyinari permukaan Bumi sumber air seperti laut, samudera dan launnya ini membuat sumber air terebut mengalami penguapan.
  • Lalu terjadi evaporasi.
  • Kemudian uap air tersebut akan mengalami sublimasi.
  • Uap air yang sudah terbentk atau mengalami sublimasi ini akan menyebabkan terbentuknya awan mengandung.
  • Setelah itu awan yang terbentuk tersebut akan bergerak ke darat karena tiupan angin.
  • Kemudian terjadilah hujan di atas daratan Bumi.
  • Air yang turun itulah yang akan mengalir kesungai dan kembali kelaut, untuk mengalami siklus hidrologi.

Nah, itulah beberapa jenis siklus air yang bisa kami sampaikan pada kesempatran kali ini. Apapun jenis dari siklus air tersebut siklus air ini merupakan aktivitas perputaran air di Bumi.

Semoga artikel pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu Anda. Terimakasih. Baca Juga : Pencemaran AIR

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *