Pengertian dan Contoh Kebutuhan Tersier

Pengertian Tersier : Contoh Kebutuhan Tersier – Manusia adalah mahluk yang sangat unik. Sebab, manusia memilki kemampuan berpikir lebih baik dibandingkan hewan yang tidak memiliki pikiran.

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Tersier

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Tersier

Fungsi dari kemampuan berpikir ini adalah mencari jalan termudah untuk mendapatkan kebutuhan kebutuhan hidup.

Secara psikologis, manusia sadar kalau dirinya ingin hidup dengan tenang dan nyaman, dia harus memenuhi kebutuhan sehari harinya. Maka dari itu lahirlah berbagai macam jenis kebutuhan manusia salah satunya adalah kebutuhan tersier.

Baca Juga :

Atas dasar itulah, manusia tidak semata memfokuskan pemikirannya pada cara meraih kebutuhan primer dan sekunder saja. Kebutuhan tersier juga mereka kejar sekuat tenaga dengan cara cara yang mereka sepakati sendiri. Salah satunya adalah dengan cara bekerja.

Nah, pertanyaannya sekarang adalah apakah kebutuhan tersier itu?

Pada artikel berikut ini saya akan mencoba mengupas tentang kebutuhan tersier yang kami jabarkan dari segi definisinya. Selain itu,  saya akan memberikan contoh contoh kebutuhan tersier yang paling diincar oleh manusia.

PENGERTIAN KEBUTUHAN TERSIER

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia akan barang barang lux dan mewah. Biasanya kebutuhan ini dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder sudah mencukupi.

Karena jika kebutuhan sandang, pangan dan papan belum maksimal, tetapi anda malah mengejar benda benda super mewah, itu artinya anda tidak sayang pada kehidupan anda.

Semua manusia ingin memiliki benda benda mewah. Karena kepemilikan pada benda benda lux ini mencerminkan si empunya adalah orang yang kaya.

Akibatnya, status sosial menjadi tinggi, disegani oleh tetangga hingga dianggap sebagai tokoh masyarakat yang kata katanya harus didengar bahkan di patuhi. Artinya, semakin banyak kebutuhan tersier yang terpenuhi, prestise mereka di mata khalayak bertambah luar biasa.

Sebagai profil kebutuhan manusia yang terakhir, seharusnya orang yang menumpuk benda benda mewah adalah orang yang memiliki uang sisa. Artinya, sisa uang  setelah  dibelikan kebutuhan kebutuhan primer dan sekunder.

Kesimpulannya adalah kebutuhan tersier merupakan kebutuhan manusia akan keinginan memiliki benda benda super mewah dengan cara membelinya menggunakan sisa uang dari perbelanjaan kebutuhan primer dan sekunder demi tujuan untuk meningkatkan gengsi di tengah tengah masyarakat.

SYARAT KEBUTUHAN TERSIER BOLEH DIPENUHI

Sekalipun keinginan pada pemenuhan kebutuhan tersier atau pada benda benda super mewah adalah psikologis manusia yang wajar, tetapi seharusnya anda mengetahui kondisi kemampuan anda terlebih dahulu, baik dari segi mental ataupun finansial.

Karena jika anda membeli barang barang lux dan mahal tanpa melihat kondisi, maka bisa bisa anda mendapatkan prestisius yang miring dari lingkungan.

Maka dari itu, di bawah ini kami list syarat syarat yang harus dipenuhi sebelum anda  memborong semua benda benda lux sebagai kebutuhan tersier.

  1. Kebutuhan makan, pakaian, rumah sudah terpenuhi
  2. Masih ada sisa uang untuk ditabung
  3. Biaya biaya taktis sudah ditutupi seperti uang sekolah anak, biaya listrik bulanan, beli buku dll.
  4. Tidak sedang memiliki hutang atau angsuran
  5. Benda yang hendak dibeli memiliki manfaat dan fungsi yang jelas
  6. Wajib Pajak dan zakat sudah dibayarkan (Baca Juga : Pengertian Zakat)
  7. Anda harus Dermawan
  8. Menjauhi sikap sombong, riyak dan pamer

Jika kedelapan syarat diatas sudah terpenuhi, maka membeli barang barang mewah ( lux ) adalah hal yang wajar bahkan menjadi dianjurkan kalau benda benda super mewah tersebut memiliki manfaat dan fungsi penting.

KEUNIKAN KEBUTUHAN TERSIER

Setelah kita mencermati perubahan zaman, ternyata pandangan manusia terhadap kebutuhan tersier selalu berubah ubah. Kita ambil contoh adalah “ sepeda motor “.

Pada era 80 – 90 an, sepeda motor masih menjadi kebutuhan tersier. Dan di kala itu, orang yang memiliki sepeda motor dianggap orang kaya. Tetapi di jaman ini, sepeda motor tidak lagi dianggap sebagai kebutuhan tersier.

Tetapi menjadi kebutuhan sekunder yang wajib dimiliki oleh masyarakat. Karena dijaman ini, pergerakan masyarakat harus semakin cepat sehingga tidak bisa lagi menggantungkan diri pada sepeda apalagi berjalan kaki seperti jaman dulu.

Keunikan kebutuhan tersier diatas juga menimpa benda benda yang dulunya mewah kini menjadi tak mewah lagi seperti komputer, handphone, televisi dan lain lain.

CONTOH CONTOH KEBUTUHAN TERSIER

Setelah anda mengetahui pengertian kebutuhan tersier, selanjutnya kami akan memberikan contoh contoh kebutuhan tersier yang banyak diincar atau dicari oleh orang, yaitu :

  1. Kendaraan super mewah
  2. Perhiasan berkilauan
  3. Mainan mainan ekspor
  4. Rumah Mewah
  5. Alat alat Elektronik mutakhir
  6. Akomodasi super mewah seperti hotel, restoran dll
  7. Makanan makanan mewah dan mahal.

Itulah pengertian dan contoh contoh kebutuhan tersier. Silahkan penuhi kebutuhan tersebut secara bijaksana dan tidak berlebihan. Karena jika berlebihan apalagi sampai menghalalkan segala cara, kekayaan dan barang barang mewah tidak akan membawa kebahagiaan.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..