Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Contoh dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Pengertian Kebutuhan Sekunder : Contoh dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder – Hanya dengan mencukupi kebutuhan primer, seharusnya manusia sudah bisa hidup, sekalipun kebutuhan sekunder belum tercukupi apalagi kebutuhan tersier.

Pengertian, Contoh dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Pengertian, Contoh dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Akan tetapi, kehidupan yang hanya menggantungkan pada makanan, pakaian dan tempat tinggal saja ( kebutuhan primer ) tidak menjamin kehidupan bisa langgeng.

Bahkan kehidupan semacam inilah yang kelak bakal terserang berbagai macam masalah.

Baca Juga :

Maka dari itu, dibutuhkanlah kebutuhan pendukung yang disebut dengan kebutuhan sekunder.

Masalahnya adalah masyarakat masih belum banyak yang mengerti tentang kebutuhan kebutuhan sekunder.

Akibat ketidaktahuan mereka, kebutuhan tersier mereka anggap wajib karena menurut mereka kebutuhan luks dan super mewah bisa mendukung kebutuhan primer.

Padahal ini argumentasi yang sangat salah. Justru yang bisa mendukung kebutuhan primer adalah kebutuhan sekunder.

Nah, agar kita semakin paham tentang kebutuhan sekunder, berikut ini kami urai penjelasannya yang kami jabarkan dari segi pengertian, contoh dan faktor pengaruh kebutuhan sekunder.

PENGERTIAN KEBUTUHAN SEKUNDER

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan manusia yang harus dipenuhi sesaat setelah kebutuhan primer sudah ajeg. Fungsi dari kebutuhan sekunder ini adalah membantu melancarkan kehidupan manusia untuk jangka panjang.

Selain itu, kebutuhan sekunder juga bermanfaat sebagai sarana menemukan kesenangan, kecakapan, penyaluran hobi, kecerdasan, kesehatan dan lain lain. Artinya adalah kebutuhan sekunder adalah sekumpulan kebutuhan manusia untuk menghindarkan kehidupannya dari segala macam persoalan.

Kebutuhan sekunder berbeda dengan kebutuhan tersier atau kebutuhan akan barang super mewah.

Kebutuhan sekunder bermanfaat untuk memberi kemudahan manusia dalam mengarungi kehidupan sedangkan kebutuhan tersier adalah kebutuhan untuk mengangkat status sosial.

Nah, jika dilihat dari penjelasan diatas, tentu kebutuhan sekunder lebih layak diutamakan dibandingkan kebutuhan tersier. Punya uang ataupun tidak, kebutuhan sekunder harus diupayakan.

Karena manusia tidak cukup sebatas makan dan berpakaian serta bertempattinggal. Tapi lebih jauh dari itu, manusia butuh pendidikan, rekreasi dan olahraga dan kebutuhan sekunder lainnya.

Menurut kami sesuai dengan narasi diatas, pengertian kebutuhan sekunder adalah kebutuhan manusia yang digunakan sebagai pendukung kebutuhan primer dengan manfaat untuk melancarkan, memudahkan dan meningkatkan kenyamanan kehidupan untuk jangka panjang.

CONTOH KEBUTUHAN SEKUNDER

Makan tiga kali sehari adalah kebutuhan. Menuntut ilmu dengan bersekolah juga kebutuhan.

Pertanyaannya adalah mampukah anda hidup hanya berbekal salah satu kebutuhan diatas?

Tentu tidak!

karena keduanya memiliki fungsi sama baik yaitu membuat kehidupan lebih nyaman sekalipun istilah keduanya berbeda. Makan secara teratur adalah kebutuhan primer, sedangkan bersekolah adalah kebutuhan sekunder.

Berikut ini saya list berbagai macam contoh kebutuhan sekunder, yaitu :

  1. Berolahraga secara rutin
  2. Melakukan perjalanan wisata minimal satu bulan sekali
  3. Membaca buku
  4. Menjaga kebersihan rumah
  5. Bekerja paruh waktu
  6. Rekreasi dengan keluarga
  7. Memiliki dokter langganan
  8. Mencarikan les dan kursus untuk anak
  9. Menikah

Kesembilan kebutuhan manusia diatas adalah kebutuhan sekunder. Alat alat yang menunjang kebutuhan diatas juga disebut kebutuhan sekunder seperti mesin cuci, laptop, alat olahraga, kulkas, alat pembersih lantai dan lain lain.

FAKTOR PENGARUH KEBUTUHAN SEKUNDER

Keinginan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sekunder dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berikut ini penjelasan tetang faktor faktor tersebut.

  1. Perkembangan Zaman

Ketika tahun tahun telah berganti, zaman pasti ikut berubah. Dampaknya adalah kebutuhan manusia semakin kompleks.

Sehingga ketersediaan sandang, pangan dan papan sudah tidak mempan lagi untuk membuat kehidupan menjadi lebih nyaman dan aman. Maka dari itu, lahirlah kebutuhan sekunder.

  1. Adat Budaya

Budaya antar daerah selalu dinamis. Makanya, di setiap daerah pasti memiliki budaya yang berbeda dengan daerah yang lainnya. Sebagai manusia yang selalu berinteraksi dengan budaya tidak boleh tidak anda harus menyesuaikan diri dengan perangkat budaya di daerah anda.

Nah, perangkat itulah yang menjadi kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi oleh seluruh masyarakat.

  1. Agama dan spiritualitas

Dilihat dari kacamata ukhrawi, agama adalah kebutuhan primer manusia. Termasuk didalamnya adalah ibadah. Namun, jika keberagaman ini sudah dipenuhi, bukan berarti anda harus berhenti mencari.

Karena dibalik itu terdapat kebutuhan kebutuhan lain pasal agama yang harus juga terpenuhi. Contoh, membeli sajadah, baju gamis, tasbih dll. Istilahnya adalah bab bab sunah dalam agama merupakan kebutuhan sekunder umat.

  1. Lingkungan

Di jaman dahulu, pendidikan tidak terlalu dipentingkan. Bahkan bersekolah tinggi dianggap aktifitas bermewah mewahan. Yang ada lulus sekolah dasar langsung menikah.

Namun, ketika lingkungan berubah, dimana tetangga sudah mulai menyekolahkan anaknya hingga sarjana bahkan ada yang sampai bergelar doktor, maka kebutuhan manusia akan pendidikan juga ikut berubah. Akhirnya bersekolah tinggi juga menjadi kebutuhan sekunder.

Ingat! sekalipun tidak bersekolah anda masih bisa hidup selama kebutuhan primer terpenuhi. Namun, tentunya kehidupan anda dari generasi ke generasi tidak akan seindah kehidupan orang yang berpendidikan.

Baca Juga :

Itulah pengertian kebutuhan sekunder contoh dan faktor yang mempenagaruhi orang untuk memenuhi kebutuhan sekundernya.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018