Pengertian Konspirasi Adalah : Tujuan, Teori dan Contoh

Diposting pada

Pengertian Konspirasi Adalah : Tujuan, Teori dan Contoh Konspirasi – Informasi pengetahuan, penting untuk disebarkan. Karena dengannya perbendaharaan kognitif kita semakin banyak. Karena itulah, kami coba menjabarkan tentang konspirasi atau persekongkolan. Sebuah rencana matang yang biasanya bermuatan negatif hingga perencanaan yang berhubungan dengan kriminalitas.

Pengertian Konspirasi Adalah : Tujuan, Teori dan Contoh
Pengertian Konspirasi Adalah : Tujuan, Teori dan Contoh

Pengertian konspirasi yang tepat masih menjadi pertanyaan akademisi saat ini. Karena itulah, silakan artikel ini disimak agar pengetahuan yang didapatkan lebih komprehensif.

Pengertian Konspirasi

Secara garis besar, pengertian Konspirasi terbagi menjadi dua. Menurut KBBI, konspirasi merupakan persekongkolan atau komplotan.  Sedangkan di dalam kamus Oxford, konspirasi bermakna organisasi rahasia yang bertanggung jawab atas peristiwa tertentu.

Setiap perilaku konspirasi, berjalan sesuai teori conspiration. Menurut John Ayto, Teori ini berisi penjabaran tentang peristiwa tertentu yang merupakan hasil konspirasi. Sebuah kejadian yang melibatkan orang terpandang dan terhormat. Biasanya, peristiwa konspirasi memang terkait dengan hal yang ilegal dan berbahaya.

Garis besar konspirasi salah satunya adalah rencana dilakukan dengan sangat matang bahkan rahasia. Sedangkan kreatornya disebut konspirator.

Yang paling dahsyat dari aktivitas ini adalah, peristiwanya sangat sukar terdeteksi. Bahkan, pembuktian di pengadilan sekalipun menjadi bias. Yang banyak muncul hanya praduga semata. Atas dasar itulah, diperlukan teori konspirasi untuk memudahkan deteksi peristiwa ini.

Pengertian Konspirasi Menurut Ahli

Menurut dosen Ilmu Sosial Oxford, konspirasi adalah sekelompok orang yang melakukan aktivitas ilegal dengan tujuan merugikan orang lain.Sedangkan menurut Yenni Salim, konspirasi merupakan aktivitas terencana yang dilakukan organisasi terselubung demi tujuan melanggar hukum.

Robert Zelency juga berpendapat yang kurang lebih sama. Menurut ahli ini, pengertian konspirasi merupakan tindakan salah (ilegal) yang dilakukan secara sistematis dan terencana dengan matang.

Tujuan Melakukan Konspirasi

Tujuan konspirasi ditentukan oleh satu hal yaitu kepentingan sang kreator. Maka dari itu, tujuan aktivitas ini berbeda-beda. Pada umumnya, konspirasi dilakukan karena keinginan untuk mencelakakan atau merugikan orang lain.

Contohnya adalah ketika kalah dalam pertanding, maka dia melakukan rencana tertentu untuk mencelakakan si pihak pemenang. Proses rencana inilah yang disebut dengan istilah konspirasi.

Teori Konspirasi

Konspirasi merupakan hal yang dipelajari untuk mencari deteksi yang tepat tentang rencana terselubung. Karena itulah muncul istilah teori konspirasi. Teori yang menjelaskan tentang fakta dan tujuan terjadinya konspirasi.

Dengan mempelajari teori konspirasi, terjadinya efek lebih luas bisa diminimalkan. Karena rencana buruk jenis apapun, akan terlihat tujuan paling fundamental darinya. Memang, sang pelaku akan terus melakukan justifikasi dirinya. Bahkan, mereka selalu berupaya melakukan alibi kalau mereka tidak melakukan konspirasi jenis apapun.

Akan tetapi, jika pihak korban atau pengadilan berhasil membuktikan konspirasi tersebut, maka teori dinyatakan benar dan bisa dilanjutkan. Sayang, sebagian besar, rencana konspirasi lebih matang dibandingkan aksi untuk membuktikannya.

Peristiwa-peristiwa di dunia ternyata banyak yang merupakan wujud dari konspirasi. Bahkan ahli teori konspirasi menyadari hal tersebut sebelum peristiwa itu terjadi.

Terjadinya tindakan terorisme di gedung WTC Amerika disinyalir tindakan konspirasi. Gaungnya disematkan pada terorisme internasional dari luar atau diledakkan dari dalam.

Dengan teori konspirasi, peristiwa-peristiwa ilegal mulai terkuak. Publik menjadi tahu masalah yang sebenarnya. Namun, ternyata masih banyak juga peristiwa konspirasi yang hingga saat ini, masih belum terpecahkan. Bahkan kasusnya ada yang hilang dan menjadi misteri.

Baca Juga :

Contoh Konspirasi

Peristiwa-peristiwa konspirasi sudah sering terjadi. Bahkan banyak diantaranya berupa tindakan kriminal seperti pembunuhan, perampokan dan yang lainnya. Sebuah peristiwa yang tidak boleh dibudidayakan karena menjadi bukti kelicikan dan kecurangan manusia.

Berikut ini beberapa contoh konspirasi di dunia. Sebuah peristiwa tidak beradap yang semoga tidak terjadi lagi di masa yang akan datang, yaitu:

  • Rencana-rencana zionis
  • Pembunuhan tokoh – tokoh dunia
  • Hoax Pendaratan di bulan.
  • Pembantaian bangsa yahudi oleh Pemerintah Jerman
  • Serangan teroris terhadap gedung kembar New York
  • Sekte pemujaan setan
  • Penampakan ufo .
  • Ramalan kiamat 2012

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang konspirasi, teori konspirasi dan contoh-contoh konspirasi. Sebuah peristiwa terencana yang telah banyak memakan korban jiwa. Bahkan, peristiwa inilah yang menjadi pemicu terjadinya perang dingin, perang hoax hingga perang secara fisik.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *