Pengertian dan Jenis Kromatografi

Pengertian Kromatografi : Jenis Kromatografi – Apakah anda pernah mendengar istilah kromatografi?

Bagi anda yang saat ini atau pernah mengambil jurusan kimia tentu anda tidak akan asing dengan istilah tersebut karean memang kromatografi merupakan salah satu istilah yang diajakarkan kepada mahasiswa yang mengambil jurusan kimia.

Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kimia

Namun kali ini kami akan mengulas lebih lengkap mengenai pengertian dan jenis kromatografi karena memang banyak yang belum mengetahui istilah tersebut.

Dengan memahami istilah ini diharapkan nanti anda bisa menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan oleh teman, adik, kakak, atau mungkin pasangan anda.

Pengertian Kromatografi

Perlu anda ketahui bahwasanya kromatografi merupakan sebuah teknik yang dilakukan untuk melakukan sebuah pemisahan terhadap molekul dengan berdasarkan pada perbedaan pola yaitu pola yang terjadi pada fase bergerak dan juga yang terjadi pada fase diam yang nantinya komponennya yakni molekul yang ada pada larutan akan dipisahkan.

Molekul yang nantinya telah larut pada fase gerak kemudian akan masuk atau bergerak dengan melalui kolom yang termasuk kedalam fase diam.

Sekedar informasi bahwa nantinya molekul yang memiliki ikatan yang cukup kuat dengan kolom akan berusaha untuk bergerak secara lambat jika dibandingkan dengan molekul yang memiliki ikatan lemah.

Dengan proses yang dinamakan kromatografi ini nantinya segala macam molekul akan bisa untuk dipisahkan dengan berdasarkan pada pergerakan yang terjadi pada kolom.

Dan ketika komponen tersebut sudah terelusi dari kolom, maka selanjutnya akan dilakukan sebuah analisis terhadap komponen tersebut yakni dengan cara menggunakan alat berupa detektor atau bisa dilakukan dengan cara lain yaitu dengan disatukan untuk kemudian akan dilakukan sebuah analisis selanjutnya.

Adapun mengenai pengertian lainnya dari kromatografi adalah sebuah teknologi yang digunakan di dalam upayanya untuk melakukan pemisahan sebuah campuran sehingga nantinya akan terbentuk beberapa komponen penyusunnya.

Teknologi kromatografi ini nantinya akan melibatkan sebuah bagian yang paling penting yang terdapat pada bagian bergerak dan juga yang ada pada bagian dalam.

Jenis-jenis kromatografi

Setelah di atas tadi kami sudah menjelaskan mengenai apa definisi dari kromatografi, maka dibawah ini kami sarankan agar anda juga mengetahui mengenai apa saja jenis-jenis dari kromatografi yang juga mungkin sampai saat in anda masih belum mengetahui secara detail.

1. Kromatografi Cair atau yang disebut dengan Liquid Chromatoghrapy

Perlu anda ketahui bahwasanya kromatografi cair merupakan sebuah teknik yang dilakukan dalam upaya untuk melakukan pemisahan terdapat ion maupun juga molekul yang berada di dalam sebuah larutan.

Jika pada waktu itu sampel melakukan interaksi pada fase stationer, maka molekul yang terdapat di dalamnya tersebut juga akan berinteraski dengan fase stationer.

Namun anda harus tahu bahwa interaksi yang ada tersebut cenderung berbeda karena hal ini disebabakn oleh adsorpiton atau sebuah kondisi dimana terjadi sebuah perbedaan terhadap daya serap.

Selain itu, kondisi ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya yakni pertukaran ion atau yang disebut dengan    ion exchange, ukuran, atau partisi yang juga disebut dengan partitioning.

Adapun beberapa jenis yang tergolong kedalam kromatografi cair antara lain:

  • Kromatografi Fase Terbaik atau yang disebut dengan Reverse Phrase Chromatography.

Istilah ini merujuk kepada sebuah alat analitikal yang cukup kuat dengan adanya perpaduan dengan suatu sistem hidropodik dan juga fase stationer yang cenderung lebih rendah yang keduanya terikat secara kimia terhadap padatan inert seperti misalnya silika.

  • Kromatografi Cair Kinerja Tinggi atau yang juga disebut dengan High Performance Liquid Chromatography.

Sebenarnya istilah yang kedua tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, hanya saja di dalam metode ini menggunakan tekanan dan juga kecepatan yang sangat tinggi.

Selain itu, kolom yang dipakai pada metode yang satu ini juga cenderung lebih pendek serta memiliki diameter yang lumayan kecil namun masih bisa memberikan tingkatan equilibrum dalam jumlah yang lumayan besar.

Selain dua istilah tadi, masih ada beberapa istilah lainnya yang masuk kedalam kromatografi yaitu seperti: Kromatografi Perkutarakan Ion dan juga Size Exclusion Chromatography.

2. Kromatografi Kertas

Untuk jenis dari kromatografi yang satu ini adalah sebuah cara atau teknik yang memanfaatkan fase diam kertas yakni kandungan selulosa yang ada di dalamnya.

Sementara untuk fase bergeraknya, ia menggunakan sebuah pelarut ataupun juga bisa menggunakan campuran pelarut.

Nantinya  kertas yang berperan sebagai fase diam dicelupkan kedalam senyawa atau yang disebut sebagai sampel atau juga terkadang disebut sebagai pelarut.

Selanjutnya, sampel atau pelarut tersebut yang berdasarkan pada gaya kapilaritas akan secara otomatis terserap dan kemudian bisa bergerak secara bebas keatas. Dan untuk perbandingan jaraknya akan dihitung dengan berdasarkan pada Rf.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai seperti apa pengertian dan jenis kromatografi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Sublimasi

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *