Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Fungsi Dan Mekanisme Enzim Lipase

Pengertian Enzim Lipase : Fungsi Dan Mekanisme Enzim Lipase – Manusia mempunyai sistem pencernaan yang sempurna dari makhluk hidup lainnya.

Pengertian, Fungsi Dan Mekanisme Enzim Lipase

Pengertian, Fungsi Dan Mekanisme Enzim Lipase

Yang dimaksud dengan sistem pencernaan ialah sistem organ yang menerima makanan lalu menyerap dan mencerna menjadi energi dan nutrien untuk tubuh lalu dikeluarkan sisa proses tersebut lewat dubur, organ-organ sistem pencernaan adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus.

Dari sistem dan saluran pencernaan ada kelenjar pencernaan yaitu air liur, hati dan juga pankreas yang dapat membantu memberikan hasil enzim-enzim yang dapat membantu adanya proses daam pencernaan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Enzim Lipase.

Apa yang dimaksud dengan Enzim Lipase ?

Enzim merupakan bagian yang diperlukan didalam proses pencernaan makanan yang dihasilkan tubuh untuk membantu proses pencernaan yang ada didalam perut sistem pencernaan yang mempunyai fungsi untuk memecah-mecah makanan, contoh saja pepsin ialah sebuah enzim yang ada pada lambung yang berdungsi untuk memecah protein, sedangkan lipase untuk memecah lemak-lemak, amilase untuk memecah karbohidrat. (Baca Juga : Pengertian Karbohidrat)

Enzim lipase adalah enzim dalam bentuk protein yang sangat kompleks yang mempunyai tugas untuk memecahkan nutrisi yang berupa lemak supaya tubuh dapat menyerapnya.

Lemak yang ada pada makanan akan diserap oleh tubuh, tetapi lemak itu tidak bisa diserap dengan mudah karena lemak mempunyai bentuk yang sangat kompleks, dan itulah tugas dari enzim lipase ini yang bertugas untuk memecahklan lemak tersebut agar menjadi zat yang akan berupa asam lemak dan gliserol agar dapat diterima oleh usus dan dapat dimanfaatkan oleh tubuh.

Seperti yang diketahui banyak orang, pemecahan lemak atau makanan tentu terjadi didalam sel, tetapi reaksi pemecahan tersebut ada yang berlangsung secara cepat ataupun lambat, maka dari itu enzim lipase sangat dibutuhkan oleh tubuh guna mempercepat proses reaksi pencernaan didalam memecahkan lemak atau makanan yang ada didalam tubuh.

Enzim lipase dihasilkan di pankreas, mulut dan juga perut. Dari sumber penghasil enzim lipase tersebut, enzim lipase yang paling berperan ialah yang dihasilkan oleh pankreas.

Lipase yang dihasilkan oleh pankreas disebut pankreatik lipase yang melaksanakan tugasnya di usus halus (duodenum, jejunum, dan ileum).

Fungsi Enzim Lipase

Enzim lipase, mempunyai beberapa fungsi yaitu antara lain ;

  1. Sebagai pemecah lemak dan lipid yang ada didalam pencernaan supaya tubuh dapat menyerap nutrisi dari lemak.
  2. Berfungsi untuk mengontrol kosentrasi sintesis lemak, enzim ini akan berfungsi dalam proses pembakaran lemak apabila diperlukan.
  3. Berfungsi untuk membantu menjaga permeabilitas sel secara optimal, sehingga metabolisme akan tetap lancar dan kebutuhan elektrolit tubuh juga bisa seimbang.
  4. Berfungsi untuk membantu dalam pembakaran karbohidrat yang ada dalam tubuh.

Cara Kerja Enzim Lipase

Pada saat makanan masuk kedalam tubuh maka pada saat itu nutrisi yang ada didalam makanan tersebut akan diserap oleh tubuh. Penyerapan ini terjadi didalam pencernaan manusia, namun semua nutrisi tersebut tidak dapat terserap dengan mudah.

Lemak yang ada didalam tubuh akan memecah dengan sendirinya tetapi proses pemecahan lemak tersebut terjadi dalam proses yang cukup lama.

Pada proses inilah enzim lipase berguna untuk membantu mempercepat proses dari pemecahan lemak menjadi asam lemak dan gliserol yang natinya mampu diserap oleh tubuh dengan mudah dan prosesnya tidak lama lain hal jika tidak ada enzim lipase.

Maka dari, banyak orang yang menyebut enzim lipase ini sebagai katalisator.

Proses dari pemecahan lemak ini, terjadi ketika kita sedang mengunyah makanan. karena mulut manusia menghasilkan enzim lipase yang fungsinya untuk memecah lemak disaat kita mengunyah makanan.a proses pemecahan lemak tersebut berlangsung sampai didalam lambung, pada lambung pemecahan lemak dilakukan oleh gastric lipase. Setelah dari lambung, proses pemecahan lemak terjadi lagi didalam usu halus.

Jika kita kekurangan enzim lipase juga akan mengakibatkan beberapa hal negatif loh diantaranya adalah : terjadi peradangan saluran pencernaan gejalanya diare, mudah lelah dan berat badan turun. Kekurangan nutrisi.

Demikian pembahasan kali ini yang membahas pengertian dan fungsi dari enzim lipase. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya J.

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018