Pengertian, Jenis dan Manfaat Pelayanan

Diposting pada

Pengertian, Jenis dan Manfaat Pelayanan – Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat berbagai wujud pelayanan yang dilakukan di masyarakat, baik oleh perusahaan maupun organisasi. Pelayanan ini dapat bersifat sukarela maupun berdasarkan materi.

Pengertian, Jenis dan Manfaat Pelayanan
Pengertian, Jenis dan Manfaat Pelayanan

Pengertian pelayanan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pelayanan merupakan suatu usaha untuk membantu mengurus hal yang diperlukan oleh orang lain.

Sementara itu, Moenir menyatakan bahwa pelayanan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang berlandaskan pada aspek materi melalui prosedur, metode atau sistem tertentu dalam rangka memenuhi kebutuhan orang lain sesuai dengan hak yang dimiliki mereka.

Groonros menyatakan bahwa pelayanan merupakan aktivitas atau rangkaian aktivitas yang sifatnya tidak kasatmata dan terjadi berdasarkan interaksi antara konsumen dan karyawan atau perusahaan dan pelanggan. (Baca : Pengertian Prilaku Konsumen)

Supranto memiliki pendapat lain mengenai pelayanan. Ia menyatakan bahwa pelayanan merupakan suatu jasa dan bersifat tidak berwujud, cepat hilang dan berupa perasaan.

Sampara mengungkapkan bahwa pelayanan merupakan kegiatan atau susunan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain, serta menyediakan kepuasan tertentu bagi pelanggan.

Philip Kotler mengungkapkan empat karakteristik utama dari pelayanan, yaitu intangible (tidak memiliki wujud dan tidak bisa dirasakan oleh konsumen sebelum melakukan suatu pembelian), inseparability (ketika sebuah jasa diserahkan oleh seseorang kepada orang lain, maka dia akan tetap merupakan bagian dari pelayanan atau jasa tersebut), variability (jasa selalu mengalami perubahan menurut penyedia jasa, penerima jasa, serta kondisi ketika jasa tersebut diberikan), perishability (jasa tidak memiliki daya tahan yang lama, tergantung pada situasi yang dipengaruhi oleh berbagai faktor).

Secara umum, pelayanan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang maupun sekelompok orang yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan orang lain dan disesuaikan dengan sistem yang telah ditetapkan demi mencapai kepuasan orang lain.

Jenis-jenis pelayanan

Secara umum, pelayanan bisa dilakukan secara internal maupun eksternal. Dalam pelayanan internal, maka pelayanan dilakukan dalam suatu organisasi atau perusahaan terhadap anggota perusahaan itu sendiri.

Pelayanan internal dibagi lagi menjadi pelayanan vertikal (pelayanan dari manajer atau pimpinan organisasi terhadap anggota organisasi) dan pelayanan horizontal (pelayanan dari anggota organisasi terhadap anggota organisasi lain yang posisinya sejajar).

Sementara itu, dikenal juga pelayanan eksternal, yaitu pelayanan dari organisasi atau perusahaan terhadap orang lain di luar organisasi, baik masyarakat maupun organisasi lain untuk mencapai tujuan material.

Pelayanan eksternal dibagi menjadi pelayanan makro, yang mana merupakan pelayanan yang diberikan oleh sebuah organisasi kepada masyarakat luas, sehingga dapat dijadikan penetapan kualitas manajemen dari organisasi atau perusahaan bersangkutan, serta pelayanan mikro, yang mana merupakan pelayanan organisasi terhadap masyarakat di luar organisasi yang dapat dijadikan penetapan kualitas barang yang berwujud.

Sementara itu, pelayanan juga bisa dibagi berdasarkan pelanggan dari perusahaan tersebut, yang mana terdapat pelayanan sebelum transaksi, pelayanan ketika transaksi terjadi dan pelayanan setelah transaksi.

Pelayanan sebelum transaksi meliputi sistem operasional dan struktur organisasi yang telah ditetapkan sebelum terjadinya transaksi.

Pelayanan ketika transaksi dilakukan secara langsung pada pelanggan dan menentukan penilaian pelanggan terhadap kualitas organisasi.

Sementara, pelayanan setelah transaksi merupakan pelayanan yang dapat dirasakan oleh pelanggan setelah proses transaksi selesai berkaitan dengan waktu yang dibutuhkan hingga pelayanan selesai dan sebagainya.

Sementara itu, pelayanan juga bisa dibedakan berdasarkan wujudnya. Pelayanan lisan merupakan pelayanan yang dilakukan melalui interaksi dan tatap muka antara penerima pelayanan dan pemberi pelayanan. Contohnya, pelayanan klinis dari rumah sakit terhadap pasien.

Pelayanan tulisan diberikan secara online atau jarak jauh. Seiring perkembangan zaman, pelayanan jenis ini semakin meningkat.

Pelayanan tulisan biasanya dapat menjangkau konsumen dari berbagai wilayah dan relatif lebih cepat dan efisien dibandingkan pelayanan lisan.

Manfaat pelayanan

Secara umum, pelayanan berfungsi untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, pelanggan maupun personil organisasi.

Dalam hubungan terhadap konsumen, maka dengan diberikan pelayanan, diharapkan konsumen akan tetap setia terhadap merk dari perusahaan tersebut dan terus menggunakan jasanya.

Sementara dalam hubungannya terhadap organisasi, pelayanan diberikan oleh anggota organisasi terhadap anggota organisasi yang lain.

Pelayanan ini biasanya diberikan oleh divisi administrasi atau divisi internal yang bertugas untuk memenuhi kebutuhan anggotanya.

Dengan adanya pelayanan dari divisi tersebut, maka seluruh sistem yang ada di sebuah perusahaan atau  organisasi dapat berjalan dengan lancar dan visi organisasi dapat tercapai.

Di lain sisi, pelayanan juga bisa bersifat sukarela. Dalam hal ini, ketika dilakukan kegiatan sosial, berupa donor darah, bakti sosial atau kegiatan sosial lainnya, maka orang atau kelompok organisasi tersebut memberikan pelayanan secara gratis terhadap orang yang bersangkutan yang tujuannya tidak berkaitan dengan diperolehnya materi.

Itu dia pengertian, jenis dan manfaat pelayanan. Dengan memberikan pelayanan yang baik, maka bisa meningkatkan nilai suatu perusahaan di mata konsumen serta menjamin berjalannya suatu organisasi secara efektif dan efisien.

Baca Juga : Pengertian Administrasi Keuangan Adalah

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *