Pengertian Dan Manfaat Penghijauan

Pengertian Dan Manfaat Penghijauan – Jika mendengar kata penghijauan makan yang terlintas dikepala kita ialah daun dan pohon atau semua yang berwarna hijau. Kebanyakan orang mendengar kata penghijauan juga langsung berpikir bahwa penghijauan adalah kegiatan atau aktivitas menanam pohon.

Pengertian Dan Manfaat Penghijauan

Pengertian Dan Manfaat Penghijauan

Penghijauan adalah salah satu usaha manusia untuk melindungi bumi yaitu dengan cara menanam pohon di permukaan bumi.

Penghijauan dilakukan masyarakat untuk melestarikan alam, selain melestarikan alam pohon juga mempunyai banyak manfaat positif, bukan hanya untuk lingkungan alam saja, namun untuk kehidupan makhluk hidup baik itu manusia dan juga hewan.

Pohon yang dipakai menanam didalam melakukan kegiatan penghijauan ini boleh dari beragam jenis pohon.

Pada umumnya pohon yang dipakai dalam proses kegiatan penghijauan ini yang memiliki berbagai kegunaan, yaitu mampu menyerap air didalam akar, memiliki kayu yang serbaguna dan yang memiliki buah yang banyak.

Jenis pohon yang banyak digunakan dalam penghijauan ini ialah pohon bakau, pohon akasia, pohon jati dan masih banyak lagi.

Penghijauan dapat dilakukan di tempat yang belum banyak ditanam atau tidak ada pohon yang tumbuh, contoh area lapangan di kota-kota, taman kota, pinngir jalan pemisah jalan.

Penghijauan juga bisa dilakukan di lingkungan sekolah yang bertujuan untuk menanamkan rasa cinta siswa akan lingkungan dan juga peduli pada alam.

Sebelum membahas akan manfaat dari penghijauan, alangkah baiknya kita mengetahui dahulu apa saja manfaat yang diberikan pohon untuk lingkungan dan juga makhluk hidup, inilah beberapa manfaat pohon :

  • Sebagai sumber penghasil oksigen, pohon merupakan sumber penghasil oksigen yang paling besar. Oksigen sangat dibutuhkan oleh manusia yaitu untuk bernafas. Pohon menghasilkan oksigen pada siang hari, karena siang hari pohon melakukan kegiatan fotosintesisnya. Jika semakin banyak pepohonan maka semakin banyka pula oksigen yang dikeluarkannya.
  • Mampu menyerap air, air dapat menyerap didalam tanah lalu akar pohon mengunci air tersebut agar tidak mengambang ke permukaan tanah. Air yang diserap tanah dapat dipergunakan manusia didalam kehidupan sehari-hari.
  • Mencegah datangnya banjir, karena pohon mampu menyerap air hujan, semakin banyak pohon yang ditanam semakin kecil kemungkinana adanya banjir pada lingkungan tersebut.
  • Mampu mencegah terjadinya musibah bencana tanah longsor.
  • Menanggulangi dan mengatasi kekeringan, karena pohon mampu menyerap air pada saat hujan maka apabila datang musim kemarau, pohon mempunyai stok air dari penyimpanannya pada saat musim hujan lalu.

Manfaat Penghijauan

Setelah memngetahui apa saja manfaat pohon sekarang kita lanjut ke manfaat yang dihasilkan dari penghijauan, diantaranya adalah :

  1. Mencegah banjir

Sama seperti pohon, penghijauan mampu mencegah banjir karena air hujan langsung terserap dengan tanaman yang telah ditanam itu, semakin banyak tanaman yang ditanam semakin kecil pula datangnya banjir. Penghijauan sangat penting dilakukan dikota-kota agar kota tersebut terhindar dari banjir.

  1. Menjaga kualitas air

Akar- akar pohon di tanam akan menyerap air hujan yang datang lalu akan menguncinya di dalam tanah. Akar pohon mempunyai fungsi untuk menyaring air sehingga air tanah menjadi lebih bersih,  jernih dan lebih berkualitas daeipada dengan air diserap oleh tanah saja tanpa melalui penyaringan dari akar pohon.

  1. Mengurangi polusi pada udara

Karena tanaman yang ditanam didalam penghijauan tersebut mampu mengeluarkan oksigen atau udara bersih, maka mampu mengurangi polusi udara didaerah yang sudah terkontaminasi oleh pabrik dan kendaraan bermotor.

  1. Sebagai tempat berlindung hewan

Banyak hewan yang berlindung dan mengandalkan tumbuhan sebagai tempat tinggalnya, dengan adanya penghijauan maka hewan mampu bertahan hidup karena mempunyai tempat tinggal.

akan membuat debu- debu menjadi berkurang jumlahnya dan hal ini akan membuat udara dan lingkungan menjadi lebih bersih daripada jika tidak ada pepohonan di suatu tempat dengan partikel debu- debu kecil

  1. Mencegah efek rumah kaca.

Efek rumah kaca dapat terjadi karena adanya udara maupun gas-gas buruk yang ada dilingkungan, maka penghijauan sangat berperan penting karena mampu mengatasinya dengan menghasilkan oksigen.

  1. Mempertegas arah jalan

Digunakan sebagai pembatas jalan.

  1. Melindungi pejalan kaki dan pengendara sepeda

Penghijauan mempunyai dampak positif bagi warga kota yang berjalan kaki atau yang bersepeda, karena mampu melindungi dari panas terik matahari.

  1. Bahan baku pupuk kompos

Daun-daun dari enghijauan tersebut dapat dipergunakan untuk pembuatan pupuk kompos.

  1. Memberikan nilai estetika

Penghijauan mamou memberikan nilai keindahaan suatu lingkungan.

  1. Sebagai pemecah angin

Apabila hujan turun disertai angin kencang pepohonan mampun memecahkan angin yang kencang tersebut, da dapat mengurangi kerusakan pada lingkungan sekitar.

  1. Berguna didalam desain interion ruangan
  2. Sebagai sarana belajar

Demikianlah pembahasan mengenai penghijauan, semoga dengan mengetahui banyak manfaat dari penghijauan ini, masyarakat mau giat dalam melakukan kegiatan penghijauan ini ya.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *