Faktor Yang Menyebabkan Perubahan Sosial Budaya Di Masyarakat

Diposting pada

Faktor Yang Menyebabkan Perubahan Sosial Budaya Di Masyarakat – Pada dasarnya, tidak ada manusia di dunia ini yang merasa puas dengan sesuatu pada waktu itu, dan memilih untuk mandek pada posisi itu.

Faktor Yang Menyebabkan Perubahan Sosial Budaya Di Masyarakat
Faktor Yang Menyebabkan Perubahan Sosial Budaya Di Masyarakat

Orang dan manusia akan selalu mengalami perubahan sosial karena keinginan mereka untuk hidup lebih mudah, lebih mapan, lebih baik dan banyak lagi.

Inilah yang akan dibahas dalam artikel ini, faktor apa yang membuat perubahan sosial, dengan kata lain, apa yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk melakukan perubahan sosial.

Secara garis besar, ada dua faktor yang menyebabkan perubahan budaya sosial, yaitu, di dalam dan di luar, atau faktor internal dan faktor eksternal.

Menurut Soerjono Soekamto, ada beberapa sumber atau faktor internal yang menyebabkan perubahan sosial budaya dalam masyarakat, yaitu:

  • Meningkat dan mengurangi populasi
  • Penemuan penemuan baru
  • Konflik atau konflik dalam masyarakat.
  • Pemberontakan atau revolusi dalam masyarakat itu

Populasi meningkat dan berkurang

Mengapa perubahan ini terjadi? Ini wajar, jika dilihat dari segi kebutuhan barang dan jasa, peningkatan anggota di masyarakat akan menghasilkan peningkatan permintaan barang dan jasa, oleh karena itu untuk menjaga keseimbangan dan keberlanjutan, produksi ditambahkan.

Sebagai contoh, pertanian dan kawasan hutan yang digunakan untuk menjangkau seluruh pelosok Indonesia, tetapi karena keinginan untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa, lahan pertanian diubah menjadi lahan industri dan perumahan, intensifikasi pertanian dilakukan untuk mengakomodasi pengurangan lahan.

Karena banyaknya lahan industri terbuka, banyak petani mengalihkan pekerjaan dari petani ke kawasan industri. Ini menghasilkan kepadatan penduduk di kota-kota.

Penemuan Penemuan Baru

Penemuan baru adalah proses sosial dan budaya yang terjadi dalam periode yang relatif cepat yang sering disebut inovasi atau inovasi.

Penemuan kemudian memiliki manfaat dan manfaat bagi masyarakat sehingga tatanan kehidupan masyarakat berubah.

Selain inovasi ada juga penemuan yang berarti penemuan unsur budaya baru, baik dalam bentuk alat-alat baru atau dalam bentuk ide-ide baru atau serangkaian kreasi dari warga.

Penemuan adalah pengembangan penemuan yang sudah ada dan kemudian disempurnakan.

Jika hasil perbaikan atau pengembangan penemuan (penemuan) diakui oleh masyarakat, penemuan ini disebut penemuan.

Penemuan mesin cetak membawa perubahan pada masyarakat, terutama dalam hal menggandakan buku-buku ilmiah.

Ini menyebabkan publik mengetahui kebenaran ilmiah dan mengetahui hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui.

Penemuan itu disebut inovasi. Namun, perangkat pencetakan kaku karena huruf pada mesin cetak tidak dapat diubah, satu piring untuk satu halaman.

Dengan demikian, orang mencoba untuk menemukan perangkat cetak yang hurufnya dapat diubah sesuai dengan kebutuhan mereka sehingga pencetakan dapat dengan mudah direproduksi. Ini disebut penemuan.

Temuan yang ada juga dapat dikombinasikan dengan berbagai alat untuk mencetak, mencetak berbagai buku, surat kabar, dll. Lebih mudah. Alat cetak ini tidak hanya digunakan oleh penemu, tetapi juga dipasarkan ke berbagai tempat atas permintaan masyarakat. Jika publik mengetahui manfaat penemuan mesin cetak, proses ini disebut penemuan.

Jika orang mengamati perkembangan penemuan-penemuan baru, tampaknya ada faktor-faktor motivasi yang mempengaruhi komunitas atau individu untuk lebih menyempurnakannya.

Hal ini dimaksudkan agar temuan menjadi lebih berguna dan berguna dan diharapkan dapat mempengaruhi bidang kehidupan lainnya.

Konflik atau Pertentangan dalam Masyarakat

Ini sesuai dengan teori sosial yang dijelaskan dalam teori perubahan sosial Karl Max tentang teori konflik. Konflik sosial, misalnya, berubah dari orde lama ke orde baru.

Anda masih ingat konflik yang terjadi saat itu. Ada pergolakan di mana-mana, tentang PKI dan seterusnya. Sehingga orang-orang yang bosan akan bergerak dan begitu juga pemerintah.

Terjadinya Pemberontakan atau Revolusi

Sepertinya itu tidak perlu dijelaskan. Tentu saja setiap revolusi di negara mana pun pasti akan menghasilkan perubahan sosial.

Nah, penjelasan ini merupakan faktor internal, sekarang kita masuk ke faktor eksternal yang menyebabkan perubahan sosial budaya dalam masyarakat.

  1. Keadaan dan kondisi lingkungan fisik masyarakat
  2. Peperangan
  3. Pengaruh budaya masyarakat luar

Keadaan dan Kondisi Lingkungan Fisik Masyarakat

Tentu saja itu akan mengarah pada perubahan sosial. Anda tahu cerita dan sejarah Kapal Nabi Nuh “Bahtera Nuh”. Semua penduduk di sana selain yang terpilih tenggelam dengan air setinggi gunung. Inilah kekuatan Tuhan untuk mengubah kehidupan sosial yang ada di sana. Dengan kematian banyak orang dan orang-orang yang memeluk budaya untuk diubah (dalam hal ini budaya sesat), budaya baru akan dengan mudah masuk. Contoh lain, tsunami di Aceh. Dengan bencana ini, ada perubahan sosial di masyarakat Aceh (NAD). Munculnya anak asuh, kehidupan yang biasanya di rumah mereka sendiri, sekarang di tempat penampungan dan lain-lain.

Perang

Perang yang terjadi antara satu negara dan negara lain menyebabkan perubahan karena kehancuran akibat perang.

Misalnya, perusakan properti, kehilangan anggota keluarga, atau kelaparan. Negara yang kalah perang akan tunduk untuk menerima ideologi dan budaya dari partai yang memenangkan perang.

Pengaruh Budaya Orang Lain

Dengan perkembangan teknologi saat ini, seperti TV, jejaring sosial, dan banyak lagi, serta wisatawan dan sejumlah besar orang luar, semakin memudahkan masuknya budaya orang lain.

Baca Juga :

Ini secara langsung akan mengarah pada terjadinya perubahan sosial dari dalam penemuan penemuan baru.

Demikian artikel tentang faktor-faktor yang menyebabkan perubahan sosial budaya di masyarakat. Jadi dan terus belajar karena belajar itu mudah.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *