Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Susunan, dan Sistem Tata Surya

Pengertian, Susunan, dan Sistem Tata Surya – Pernahkah anda keluar rumah saat malam hari hanya untuk melihat bintang bintang berserakan di langit? Lantas, tidak terbersitkah di hati anda untuk bertanya apakah hubungan bintang bintang tersebut dengan tata surya?

Pengertian, Susunan, dan Sistem Tata Surya
Pengertian, Susunan, dan Sistem Tata Surya

Berbicara tentang tata surya memang sangat mengasyikkan. Bahkan, jika ditilik dari perseptiff agama islam, semakin kita mengetahui fungsi dan keteraturan pergerakan tata surya, semakin membuat iman kita kepada ALLAH semakin mantap.

Baca Juga : Pengertian, Klasifikasi dan Sejarah Pemberian Nama Planet

Nah, untuk bisa menyampaikan anda pada maqom diatas, maka berikut ini kami akan menjelaskan tentang tata surya, susunannya dan sistem kerjanya dengan model penjelasan padat dan detail. Semoga penjelasan ini bisa meningkatkan rasa syukur kita kepada ALLAH.

PENGERTIAN TATA SURYA

Secara garis  besar, tata surya adalah susunan benda benda yang ada di luar angkasa. Benda benda ini memiliki jumlah tidak terbatas yang mendiami sebuah galaksi. Luar biasanya, jumlah galaksi yang menampung tata surya juga tidak terhitung. Entah ada berapa jumlah tata surya di luar angkasa? Hanya tuhan yang tahu.

Namun, tata surya yang bisa diteliti dan diketahui model bentuknya adalah tata surya yang mendiami galaksi bima sakti. Nah,  karena bumi merupakan planet yang masuk ke dalam lokasi galaksi bima sakti maka bisa disebutkan bumi adalah anggota di dalam tata surya.

Benda benda di dalam Tata surya selalu bergerak berotasi sesuai dengan orbitnya. Mereka semuanya bergerak mengelilingi matahari dan selalu berotasi mengelilingi dirinya sendiri. Pergerakan benda benda di dalam tata surya tetap tidak berubah. Jika berubah sedikit saja kehancuran alam semesta tidak terhindarkan.

Nah dari deskripsi diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa pengertian tata surya adalah susunan benda benda langit yang berada di dalam galaksi utamanya galaksi bimasakti yang selalu berotasi terhadap dirinya sendiri serta berevolusi mengitari matahari sebagai pusat tata surya.

SUSUNAN TATA SURYA

Ulasan yang kedua adalah susunan tata surya. Susunan tata surya masih belum bisa dijelaskan secara detail. Para ilmuan pun hanya bisa mengatakan kalau susunan tata surya dilakukan oleh sang pencipta tata surya yaitu ALLAH.

Susunan tata surya sangat detail. Peletakan posisi anggotanya seperti planet, bintang, matahari, meteor betul betul ideal. Bahkan dahsyatnya lagi, sekalipun semua tata surya bergerak berotasi dan berevolusi, tidak sekalipun mereka keluar dari orbitnya yang bisa menimbulkan tabrakan satu sama lain. Sungguh, manusia manapun dan sepintar apapun tidak akan mampu menyusun benda benda bergerak ini serapi dan se teratur seperti yang kita lihat bersama.

Walaupun begitu, kita masih bisa mengetahui anggota anggota yang ada di dalam susunan tata surya seperti yang kami list dibawah ini.

  1. Bintang

Keistimewaan bintang adalah mengeluarkan cahaya. Dan salah satu bintang paling bermanfaat utamanya bagi bumi adalah matahari. Ya, matahari tidak hanya menyehatkan badan, menghangatkan bumi dan menumbuhkan tanaman saja tetapi bintang ber massa besar ini juga berfungsi membuat siang hari di bumi menjadi terang benderang.

  1. Planet

Bumi adalah anggota tata surya. Mengapa demikian? Karena bumi termasuk planet yang tujuh yang tidak pernah berhenti berputar mengitari dirinya sendiri dan berputar mengelilingi matahari.

  1. Satelit alami maupun Buatan

Satelit alami seperti bulan dan satelit buatan seperti satelit palapa milik Indonesia adalah benda yang masuk ke dalam tata surya. Karena kedua satelit ini sama sama berada di luar angkasa dan masih menetap stabil di rumpun galaksi bimasakti.

  1. Asteroid

Asteroid adalah anggota tata surya yang berbentuk patahan patahan kecil yang lintasan orbitnya berada di antara planet. Maka dari itu, ada ilmuan yang menyatakan kalau planet terbentuk dari asteroid asteroid.

  1. Komet

Komet atau yang dikenal dengan istilah bintang berekor juga termasuk benda di dalam tata surya kita. Komet memiliki volume mini yang proses pembuatannya terdiri dari kolaborasi berbagai zat seperti gas hingga bebatuan padat.

Lintasan pergerakan komet bervariasi. Bahkan akibat lintasan ini, ada komet yang hanya berjarak 3.3 km saja dari matahari.

  1. Meteor

Jika ada benda benda langit di dalam tata surya yang pergerakannya cukup mengkhawatirkan dia adalah meteor. Meteor adalah benda langit yang actionnya cukup cepat. Bahkan, saking radikalnya gerakan meteor, orang di bumi bisa melihatnya dengan mata telanjang yang disebut dengan fenomena bintang jatuh.

Perlu kita sadari bersama, meteor adalah salah satu benda langit yang kelak ikut diperintah oleh ALLAH untuk menghancurkan bumi beserta isinya yang konsepnya lebih dahsyat dibandingkan meteor yang menyerang bumi di jaman dinosaurus.

  1. Matahari

Benda benda langit di tata surya yang terakhir adalah matahari. Matahari juga disebut pusat tata surya. Karena semua benda langit mengelilingi bintang dengan massa cahaya yang cukup besar ini.

SISTEM TATA SURYA

Sistem tata surya adalah semua benda benda langit berotasi dan berevolusi. Berotasi artinya mereka berputar tanpa henti sedangkan berevolusi artinya mereka berputar sambil mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya. Rotasi dan revolusi ini dilakukan secara rapi, stabil dan statis.

Itulah pengertian tata surya, susunan serta sistemnya. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan ilmu bagi kita semua.

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *