Pengertian Planet : Ciri dan Jenis-Jenis Planet

Pengertian Planet Adalah : Ciri dan Jenis-Jenis Planet – Kita semua tahu bahwa kita hidup di Planet Bumi yang merupakan bagian kecil dari tata surya.

Pengertian Planet : Ciri dan Jenis-Jenis Planet

Pengertian Planet : Ciri dan Jenis-Jenis Planet

Ya, di angkasa luar sana, ada banyak planet dan benda-benda langit lainnya seperti satelit, bintang, asteroid, meteorid, dan komet. Beberapa benda langit sudah teridentifikasi, tapi lebih banyak lagi yang belum mampu dijamah manusia.

Namun jika membicarakan pengertian tata surya, apakah semua benda besar di galaksi bisa dikatakan planet? Berikut pembahasan lengkap seputar planet.

Pengertian Planet

Secara umum, Planet adalah benda langit yang mengorbit atau mengelilingi suatu bintang dengan lintasan dan kecepatan tertentu. Kata Planet sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu aster planetes yang berarti bintang pengelana. Hal ini sesuai dengan kedudukan planet yang memang tidak tetap terhadap bintang.

Oleh peradaban kuno, planet dipandang sebagai sesuatu yang abadi atau perwajilan dewa. Seiring kemajuan zaman, pandangan manusia terhadap planet pun berubah.

Di tata surya kita saat ini, ada 8 planet yang berhasil diidentifikasi yaitu Merkurius sebagai planet terdekat dengan Matahari, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus sebagai yang terjauh dari Matahari.

Baca Juga : Sejarah Pemberian Nama Planet

Perlu diingat juga bahwa Pluto sudah tidak termasuk dalam Planet lagi sejak tahun 2006. Hal ini ditetapkan dalam Sidang Himpunan Astronomi Internasional ke 26 di Praha, Ceko dimana menyatakan bahwa Pluto tidak memenuhi ciri planet dalam hal orbit lantaran lintasan orbit Pluto memotong orbit Planet Neptunus.

Bagaimana terbentuknya planet sebenarnya belum bisa dipastikan. Terdapat beberapa teori yang berkembang. Tapi satu teori yang paling populer yaitu Teori Kabut (Nebula).

Menurut teori yang dikemukakan Immanuel Kant (1755) dan Piere De Laplace (1796) ini, dikemukakan bahwa jagat raya yang luas ini terdapat gas yang berkumpul membentuk kabut.

Gaya tarik menarik antar gas membentuk kumpulan kabut yang sangat besar dan berputar semakin cepat.

Dalam proses perputaran yang sangat cepat, materi kabut terlempar memisah dan memadat karena pendinginan. Bagian yang terlempar inilah yang kemudian menjadi planet.

Selain planet yang ada di dalam tata surya kita, sebenarnya ada juga planet luar surya atau exoplanet. Sampai tahun 2017, tercatat ada lebih dari 3.600 planet di 2.751 sistem. Pengamatan planet luar tentu belum bisa menjelajah lebih jauh karena keterbatasan teknologi saat ino.

Ciri Planet

Sebagai sebuah benda langit, planet tentu memiliki cirinya tersendiri yang membedakannya dengan benda langit langit. Beberapa ciri umum dari planet adalah :

  • Planet tidak memiliki cahaya sendiri seperti layaknya bintang. Planet hanya memancarkan cahaya dari bintang atau matahari sehingga pada waktu-waktu tertentu, planet yang berada di langit bisa dilihat dengan mata telanjang.
  • Planet memiliki lintasan orbitnya sendiri dalam mengelilingi matahari. Satu kali planet melalukan putaran disebut dengan revolusi. Waktu yang dibutuhkan planet untuk berevolusi ini disebut dengan kala revolusi atau satu tahun planet. Setiap planet memiliki waktu revolusinya sendiri, seperti Revolusi Bumi yang memiliki waktu 365 dan 1/4 hari atau kita sebut satu tahun. (Baca Juga : Pengertian Revolusi Bumi)
  • Planet juga berputar di porosnya sendiri. Hal ini disebut dengan rotasi. Setiap planet memiliki waktu rotasinya sendiri, seperti bumi yang memiliki waktu 24 jam untuk berotasi atau yang kita sebut 1 hari. (Baca Juga : Akibat Terjadinya Rotasi Bumi)
  • Planet memiliki satelit alami yang mengelilinginya. (Baca Juga : Pengertian Satelit)
  • Planet memiliki massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri.
  • Berdiameter lebih dari 800 km tapi juga tidak terlalu besar hingga dapat menyebabkan fusi termonuklir terhadap deuterium di intinya.
  • Memiliki kemiringan sumbu yang beragam derajatnya. Setiap planet memiliki dua titik balik di orbitnya, ketika satu belahan mencapai titik balik musim panas, maka belahan lain mencapai titik balik musim dingin.

Jenis-Jenis Planet

Seperti yang sudah diungkap sebelumnya, saat ini ada 8 planet di galaksi kita. Kedelapan planet tersebut juga bisa dikelompokkan berdasarkan 2 hal yaitu berdasar posisinya terhadap sabuk asteroid dan berdasar material penyusunnya.

  1. Berdasarkan Posisi

Pengelompokkan ini membagi planet menjadi dua yaitu Planet Dalam dan Planet Luar. Planet Dalam adalah planet yang berada di dalam orbit asteroid yaitu Planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Sedangkan Planet Luar adalah planet yang berada di luar orbit asteorid yang diisi oleh Planet Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

  1. Berdasarkan Material

Pengelompokkan ini membagi planet menjadi dua yaitu Planet Terrestial (kebumian) dan Planet Jovian (raksasa gas). Planet Terrestial adalah planet yang ukurannya relatif lebih kecil, berbatu, dan memiliki atmosfer tipis. Kelompok ini sama dengan Planet Dalam yaitu diisi oleh Planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Sedangkan Planet Jovian adalah planet yang terselimuti oleh gas, cairan, es tebal, dan ukurannya relatif besar. Kelompok ini juga sama dengan Planet Luar yaitu diisi oleh Planet Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *