Pengertian dan Contoh Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi : Contoh Teks Eksplanasi – Apakah anda pernah membaca sebuah berita yang isinya mengenai bencana alam, seperti misalnya banjir atau gempa bumi?

Pengertian dan Contoh Teks Eksplanasi

Pengertian dan Contoh Teks Eksplanasi

Mungkin anda pernah membaca sebuah berisi yang di dalamnya berisi informasi mengenai unjuk rasa?

Baca Juga : Pengertian Fabel

Perlu anda ketahui bahwa teks yang di dalamnya berisi mengenai informasi tersebut disebut dengan teks eksplanasi.

Bagi anda yang ingin memahami lebih lanjut mengenai seperti apa pengertian dan contoh teks eksplanasi, maka kami sarankan agar anda menyimak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini:

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang didalamnya berisi informasi mengenai proses terjadinya sesuatu atau bisa juga menjelaskan sebuah proses mengenai terbentuknya fenomena tertentu, baik merupakan fenomena alam maupun sosial.

Di dalam teks eksplanasi juga dijelaskan bahwa kejadian tersebut timbul karena diakibatkan oleh sesuatu yang terjadi sebelumnya. Dengan kata lain, teks eksplanasi hadir karena diakibatkan oleh peristiwa yang terjadi sebelumnya.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

 Sebenarnya ciri dari teks eksplanasi tidak jauh berbeda dengan teks lain pada umumnya, namun di dalam teks ini ada beberapa ciri khusus yang akan memudahkan anda di dalam melakukan identifikasi terkait apakah teks yang anda baca tersebut merupakan teks eksplanasi atau bukan.

Beberapa ciri dari teks eksplanasi yang harus anda ketahui adalah seperti berikut:

  1. Informasi yang terkandung di dalam teks yang anda baca tersebut merupakan sebuah fakta yang biasanya juga akan didukung oleh beberapa bukti untuk mendukung pernyataan atau kejadian yang ada.
  2. Informasi yang diberikan atau dituangkan di dalam teks eksplanasi bersifat ilmiah yang tentu saja berisi informasi tentang pengetahuan dan bukan berisi informasi yang berasal dari hasil rekayasa atau karangan dari orang tertentu.
  3. Teks eksplanasi berisi informasi yang bersifat informatif yang tak jarang juga berisi tentang ajakan atau bujukan kepada pembaca untuk melakukan tindakan tertentu.
  4. Di dalam teks eksplanasi, anda akan melihat sebuah pernyataan yang dialami dengan pernyataan umum, urutan dari sebab dan akibat, dan kemudian pada bagian akhir anda akan melihat adanya interpretasi yang berkaitan dengan sebuah kejadian atau fenoma yang terjadi.

Setelah anda mengetahui seperti apa ciri-ciri dari teks eksplanasi, kami yakin anda akan semakin mudah di dalam menentukan sebuah teks yang anda baca apakah termasuk teks eksplanasi atau bukan.

Contoh Teks Eksplanasi

Di bawah ini kami akan memberikan sebuah contoh dari teks eksplanasi yang bisa anda cari pelajari sendiri sehingga anda nantinya benar-benar paham mengenai seperti apa teks eksplanasi tersebut.

Proses Terjadinya Banjir

Seperti yang kita tahu bahwa banjir merupakan fenoma yang setiap tahun melanda Indonesia, terlebih ketika sudah tiba musim hujan seperti yang terjadi sekarang ini.

Dan karena banjir merupakan sebuah kejadian yang merugikan, maka kejadian alam yang terjadi tersebut disebut dengan bencana alam.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya banjir, diantaranya seperti karena meluapnya air sungai, kurang efektifnya drainase, banyak penebangan hutang, dan yang paling umum adalah karena masyarakat membuang sampah secara sembarangan.

Bahkan, penyebab banjir sebesar 30% diakibatkan oleh kebiasaan masyarakat yang membuang sampah di sungai.

Selain itu, penyebab timbulnya banjir yang mungkin banyak yang belum menyadarinya adalah karena banyakanya masyarakat yang membangun rumah di sekitar sungai yang memang hal ini bisa menjadi sebab timbulnya banjir.

Penyebab lain yang juga harus anda ketahui adalah karena kebiasaan manusia yang melakukan penebangan hutan secara sembarangan dan tidak peduli mengenai apa dampak yang akan mereka rasakan atau alami karena melakukan hal tersebut.

Dan yang tidak kalah penting adalah bahwa penebangan hutan secara sembarangan inilah yang bukan hanya bisa menyebabkan banjir, melainkan tidak jarang mneyebabkan bencana alam lainnya yakni tanah longsor.

Adanya tumpukan sampah serta pendangkalan terhadap sungai dan juga kurangnya drainase atau resapan air menjadi kondisi lain yang tentunya memiliki peran penting di dalam penyebab terjadinya banjir.

Masalah lain yang terjadi karena masalah ini adalah terputusnya aliran listrik karena meluapnya air yang disebabkan oleh kebiasaan yang tidak baik yang dilakukan oleh masyarakat tersebut.

Berdasarkan beberapa kondisi yang telah disampaikan di atas, maka kita sama-sama bisa menarik sebuah kesimpulan bahwasanya bencana yang terjadi bukan hanya diakibatkan oleh faktor alam, melainkan juga bisa terjadi akibat ulah atau perbuatan manusia itu sendiri.

Oleh karena itu, marilah kita melakukan instropeksi diri dan kemudian mulai membiasakan cara hidup sehat dan benar agar supaya kita bisa terhindar dari berbagai bencar alam yang ada yang mana jika dibiarkan maka akan semakin banyak korban harta dan nyawa.

Demikian informasi dari kami mengenai seperti apa pengertian dan contoh teks eksplanasi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Syair

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *