Pengertian, Tujuan dan Kepanjangan UNESCO

Pengertian UNESCO : Tujuan dan Kepanjangan UNESCO – UNESCO merupakan sebuah organisasi yang berada di bawah naungan PBB atau Perserikatan Bangsa-bangsa.

Pengertian, Tujuan dan Kepanjangan UNESCO

Pengertian, Tujuan dan Kepanjangan UNESCO

Organisasi ini merupakan sebuah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, maupun juga kebudayaan yang ada seluruh dunia.

UNESCO pertama kali dibentuk pada tanggal 4 November 1946 dan diresmikan di kota Paris, Perancis.

Salah satu tujuan yang diemban oleh UNESCO adalah untuk membantu menjaga hubungan baik atau meningkatkan hubungan antar negara yang ada di seluruh dunia di dalam bidang pendidikan, sains, maupun juga di bidang kebudayaan.

Adapun negara yang secara resmi bergabung ke UNESCO kurang lebih 191 negara, termasuk di dalamnya yakni Indonesia.

Organisasi ini bermarkas di UNESCO House yang ada di kota Paris, Perancis. Berikut ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai pengertian, tujuan dan kepanjangan dari UNESCO agar supaya anda bisa tahu lebih dalam mengetahui salah satu organisasi yang memang sangat dibutuhkan, khususnya di era sekarang ini.

Pengertian UNESCO

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal bahwasanya UNESCO merupakan sebuah organisasi yang beradah di bawah naungan PBB yang bergerak atau memiliki tugas yang berhubungan dengan dunia pendidikan, sains, maupun juga kebudyaaan yang ada di seluruh dunia.

Adapun singkatan dari UNESCO itu sendiri yakni United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization yang didirikan pada tanggal 4 November tahun 1946.

UNESCO ada di dalam upayanya untuk membantu rasa saling menghormati antar negara-negara yang ada di dunia yang berlandaskan pada nilai-nilai keadilan, peraturan hukum, maupun juga HAM atau Hak Asasi Manusia.

Selain itu, UNESCO juga dibentuk karena berfungsi untuk membantu di dalam mengkampanyekan perdamaian untuk seluruh dunia karena saat ini tidak sedikit negara yang sedang berkonflik yang sudah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu yang tentu saja kondisi ini merupakan salah satu tugas dan peranan dari UNESCO untuk terus mengajak negara-negara di dunia agar saling menghormati.

Perlu anda tahu juga bahwa sebenarya ada 5 pilar atau program utama yang dimiliki oleh UNESCO yang memang harus dilaksanakan karena juga menjadi tanggung jawab serta alasan mengapa organisasi ini berdiri. Kelima pilar utama tersebut nantinya akan disebarluaskan melalui beberapa aspek seperti pendidikan, sosial, manusia, budaya, maupun juga komunikasi serta informasi agar suaya masyarakat dunia paham bahwa memang sangat penting untuk menjaga sikap saling menghormati antar negara karena akan menciptakan suasana yang kondusif dan aman.

Tujuan Dibentuknya UNESCO

Apa sajakah hal-hal yang menjadi landasan atau dasar dari terbentuknya UNESCO/ Untuk menjawab hal tersebut, maka silahkan anda simak baik-baik informasi yang akan kami berikan berikut ini:

  • UNESCO bertujuan untuk membantu meningkatkan kerjasama antar negara-negara yang ada di seluruh dunia dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, maupun juga kebudayaan.
  • UNESCO memiliki tujuan untuk membantu memberantas masalah buta huruf yang saat ini menjadi salah satu masalah yang masih hasu terus dibenahi.
  • UNESCO mewajibkan negara-negara yang menjadi anggotanya agar supaya mewajibkan warga negaranya untuk belajar. Dan untuk Indonesia sendiri, pemerintah telah mencanangkan dan memerintahkan untuk supaya masyarakatnya menerapan wajib belajar 12 tahun.
  • UNESCO berkontribusi di dalam menjaga dan meningkatkan perdamaian, pemberantasan kemiskinan, memajukan pendidikan, serta untuk menjaga kelestarian budaya yang ada di seluruh dunia.
  • UNESCO juga bertujuan untuk menjaga kualitas belajar demi mencetak generasi mudah yang kompeten dan mampu bersaing di era persaingan yang sangat ketat seperti yang ada di era sekarang ini.
  • Dan juga tujuan dari dibentuknya UNESCO adalah untuk menjangkau seluruh dunia karena memang organisasi ini memiliki cakupan yang sangat luas demi terciptanya tujuan pembangunan sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam aturan yang ada pada organisasi tersebut.

Kegiatan UNESCO

Sementara itu, beberapa kegiatan yang biasanya akan dilakukan oleh UNESCO demi mencapai tujuan yang sudah ditetapkan antara lain sebagai berikut:

  • UNESCO sangat mendukung adanya penelitian yang berhubungan dengan dunia pendidikan, ilmu sosial, budaya, maupun juga ilmu pengetahuan alam dan juga akan sangat mendukung tentang pendidikan ilmu komunikasi.
  • UNESCO juga melakukan kegiatan lain yaitu berupa Konservasi Lingkungan Organisasi seperti dengan melawan diskriminasi dalam dunia pendidikan yang terjadi pada sekitar tahun 1960.
  • Untuk membantu di dalam menerapkan publikasi pada pendidikan agar supaya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat dunia.
  • Membantah sebuah gagasan yang mengatakan bahwa manusia merupakan makhluk yang cenderung melakukan sebuah tindak kekerasan secara terorganisir yang mana pernyataan ini sudah dibantah pada tahun 1989.
  • Menerapkan program langka bahasa dan juga proyek keanekaragaman budaya.
  • UNESCO juga melakukan beberapa kegiatan kemanusiaan seperti dengan memberikan bantuan terhadap beberapa sekolah yang hancur akibat bencana alam

Baca Juga : Pengertian ILO

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..