Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Asoka

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Asoka – Kali ini kita akan membahas bagaimana proses cara dan jenis penyerbukan bunga asoka. Jadi tahukan kamu bahwa penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik.

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Asoka

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Asoka

Dan penyerbukan disebut juga persarian. Nah, hasil dari penyerbukan adalah pembuahan. Lalu kepala putik ada yang berbulu halus, ada yang berlendir, fungsinya agar serbuk sari mudah melekat pada kepala putik.

Baca Juga : Penyerbukan Bunga Alamanda

Dan pada penyerbukan, serbuk sari dapat mencapai kepala putik secara alami atau dengan bantuan manusia. Jadi secara alami, serbuk sari dapat mencapai kepala putik dengan perantaraan angin, hewan, dan air.

Dari perantara yang menyebabkan terjadinya penyerbukan disebut polinator. Pengertian penyerbukan merupakan sebuah peristiwa alami jatuhnya serbuk sari lalu menempel pada kepala putik.

Kemudian terjadi proses pembuahan sempurna pada bunga dan melalui proses fotosintesis. Jadi serangga adalah jenis hewan yang melakukan bantuan penyerbukan terhadap bunga dengan tingkat kesuksesan tertinggi

Cara penyerbukan bunga asoka terlengkap beserta penjelasannya

Pasti kamu pernah menghisap cairan manis dari sebuah bunga ketika kamu masih kecil bukan? Apabila jika kamu pernah melakukannya, apakah bunga tersebut berwarna merah dan berkelompok?

Dan kalau semua ciri tersebut ada pada bunga tersebut maka bunga tersebut bisa jadi bunga asoka. Dan bunga asoka kerap kali disebut oleh anak anak sebagai bunga madu. Akan tetapi pada sebagian orang penyebutan bunga asoka sering mereka sebut sebagai bunga soka.

Dari segi penamaannya, bunga asoka memang cukup banyak. Namun tidak hanya namanya yang banyak saja, keberadaannya di lingkungan sangat mudah sekali ditemukan. Pada beberapa pekarangan rumah, bunga asoka sangat mudah tumbuh subur dan lebat menghiasinya.

Pada saat sedang musim berbunga, ada sebagian orang menunggu bunga asoka mekar hanya untuk mencoba mencicipi nektar yang ada di bunga asoka. Selain itu, hewan polinator pun sangat banyak menghampiri bunga asoka ketika mekar.

Dan kupu kupu serta lebah dapat dengan mudah ditemukan di permukaan mahkota bunga asoka ketika mekar. Pada saat keduanya hinggap di bunga asoka inilah proses penyerbukan terjadi.

Akan tetapi cara penyerbukan bunga asoka oleh hewan polinator pada bagian bagian bunga asoka sangat berbeda. Nah, berikut ini penjelasan mengenai cara penyerbukan bunga asoka oleh bantuan hewan polinator.

Baca Juga : Penyerbukan Bunga Aster

Cara penyerbukan bunga asoka

Tahukah kamu jika hewan yang bisa membantu bunga asoka untuk bisa melakukan penyerbukan adalah kupu kupu dan lebah. Tidak hanya membantu pada proses penyerbukan, akan tetapi fungsi kupu kupu bagi bunga dan lebah sangat banyak.

Kemudian bisa membantu makhluk hidup lain untuk tetap hidup sehingga siklus hidup dari tanaman ini tetap terjaga.

  1. Pertama penyerbukan bunga asoka dimulai ketika bunga ini berada dalam kondisi bunga asoka yang mekar ketika musim hujan. Karena semakin lama pembungaan bunga asoka sempurna maka bunga ini akan menghasilkan sebuah cairan bening. Dan juga  dapat ditemukan pada struktur anatomi bunganya.
  2. Selain itu, hewan polinator hinggap dan menghampiri bunga asok karena bunga ini dalam kondisi mekar dan cairan nektar melimpah.
  3. Pada saat  hewan pollinator hingga untuk mengambil cairan nectar. Maka benang sari yang mencuat diantara kelopak bunga asoka tersentuh oleh hewan ini. Dan oleh karena serbuk sari dihasilkan oleh benang sari maka serbuk sari akan dengan mudah tersebar.
  4. Saat jatuh di putik bunga asoka pada kondisi yang tepat maka bunga asoka akan mengalami pembuahan.

Selain itu, penyerbukan bunga asoka oleh hewan sering dilakukan, maka jarang sekali ada bantuan manusia dalam proses penyerbukan. Namun tanaman ini terbiasa dilakukan perbanyakan dengan cara biji dan stek.

Maka perbanyakan dengan biji merupakan tahapan lanjutan ketika pembuahan dari proses penyerbukan serbuk sari dan putik berhasil. Agar kamu lebih mudah memahaminya yuk mari disimak penjelasannya berikut ini.

Perbanyakan bunga asoka dengan biji

Dalam cara perkembangbiakan bunga asoka dengan biji hampir sama dengan perbanyakan biji pada bunga lainnya. Dan pertama kamu perlu menyiapkan biji dari hasil pembuahan bunga asoka sebelumnya.

Selain itu, kamu bisa memilih lahan yang ada dipekarangan anda untuk menanam biji bunga asoka. Selain itu, tanam biji bunga asoka yang sudah anda kecambahkan dengan merendamnya di air kurang lebih selama 24 jam.

Ketika kamu menanamnya kamu bisa melakukan kegiatan perawatan seperti penyiraman, penyiangan dan pemupukan tergantung dari kondisi tanaman bunga asoka kamu.

Perbanyakan bunga asoka dengan stek

Tidak semua tanaman bisa dengan mudah dilakukan stek. Jadi biasanya ahli botani atau orang yang suka berkebun memberikan perlakuan khusus pada tanaman yang sulit dilakukan stek.

Namu dengan demikian dalam menentukan ciri ciri tanaman yang dapat distek dengan tidak perlu perlakuan khusus dan memerlukan perlakuan khusus sangat penting.

Selain itu, bunga asoka bahan stek yang digunakan biasanya batangnya. Nah, pertama tama anda pilih batang yang tidak terlalu muda atau tua dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian rendam bahan stek bunga asoka dalam larutan hormon pertumbuhan setelah itu anda bisa menanamnya.

Baca Juga : Penyerbukan Bunga Anggrek

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018