Proses Dan Jenis Penyerbukan Bunga Anggrek

Proses Dan Jenis Penyerbukan Bunga Anggrek – Dari seluruh tanaman bunga yang ada di dunia ini, bunga anggrek ini selalu menjadi bunga yang istimewa. Dan bunga anggrek ini menjadi salah satu bunga yang banyak dicari oleh orang-orang, karena memang bunga anggrek ini memiliki keindahan.

Proses Dan Jenis Penyerbukan Bunga Anggrek

Proses Dan Jenis Penyerbukan Bunga Anggrek

Namun tidak hanya itu saja corak dan warna dari mahkota bunga anggrek, mengikat mata para pecinta bunga. Sampai metode penanaman dan perawatan bunga anggrek ini memiliki cara yang berbeda beda.

Dalam metode penanaman dan perawatan tanaman yang satu ini sangat penting sekali. Namun ada satu hal yang tidak boleh anda lewatkan yaitu proses penyerbukan. Dikenal dengan bungannya tentu saja anda perlu mengetahui bagaimanakah proses penyerbukan bunga anggrek bisa terjadi.

Dalam proses penyerbukan bunga anggerk ini memang memerlukan waktu sampai tumbuhnya bunga anggrek, tent ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Ini membuat anda yang baru mengenal bunga anggrek ini perlu balajar banyak hal, agar bunga anggrek cepat berbunga.

Karena itulah anda tidak perlu khawatir pada kesempatan kali ini akan kami berikan contoh proses penyerbukan bunga anggrel. Agar anda bisa mendapatkan bunga anggrek yang struktur anatomi bunganya menjadi indah.

Cara penyerbukan bunga anggrek sendiri

Sudah kami jelaskan di atas jika bunga anggrek ini merupakan jenis bunga yang proses berbunganya perlu melakukan perlakuan khusus.

Karena ini berpengaruh dari morfologi bunga anggrek itu, dan berikut ini akan kami berikan step by step yang harus anda lakukan. Agar tanaman bunga anggrek anda bisa berbunga dengan waktu yang cepat dan indah.

  1. Tentu saja anda sudah menyiapkan 1 bunga anggrek, yang ingin anda lakukan penyerbukan.
  2. Setelah itu anda bisa mengambil serbuk sari bunga anggrek menggunakan tusuk gigi atau bisa juga menggunakan kayu kecil.
  3. Selanjutnya masukkan serbuk sari tersebut pada bagian stigma bunga anggrek tersebut.
  4. Untuk letak stigma ini sebagai tempat fertilisasi dan berada di bagian paling dalam. Hal ini ditambah dengan keberadaan putik sebagai sel betina, ini juga berada di bagian bawah stigma.
  5. Supaya serbuk sari bisa menempel pada stigma anda perlu melakukan perlakuan khusus ini.

Cara penyerbukan bunga anggrek tetangga

Didalam penyerbukan bunga anggrek ini bisa Anda lakukan dengan bunga anggrek dalam satu tangkai yang sama. Dan jenis anggrek yang digunakan bunga anggrek yang berada, dalam satu jenis tanaman yang sama.

Penyerbukan bunga anggrek menggunakan cara ini digunakan untuk bunga anggrek yang berusia tua dan muda. Ini dilakukan supaya bunga anggrek yang masih mudah cepat mekar, dan berikut ini cara penyerbukan bunga anggrek yang bisa anda lakukan sendiri.

  1. Siapkan 2 buah bunga anggrek, namun sebaiknya yang memiliki jenis bunga anggrek yang sama dan warna yang sama.
  2. Selanjutnya ambil tusuk gigi ini digunakan untuk mengambil serbuk sari dengan cara mencongkel bagian organ kelamin jantan yang tertutup oleh labellum.
  3. Lalu anda bersihkan terlebih dahulu organ jantan pada bunga anggrek kedua.
  4. Setelah itu simpan serbuk sari bunga anggrek yang pertama ke stigma bunga anggrek yang  kedua.

Cara penyerbukan bunga anggrek silang

Anda juga bisa melakukan penyerbukan bunga anggrek silang, dan cara ini sudah banyak orang lakukan, bagi mereka yang memiliki bunga anggrek. Dan teknik penyerbukan bunga anggrek ini dilakukan untuk mendapatkan atau menghasilkan warna bunga dan bentuk mahkota bunga anggrek yang berbeda.

Dengan cara penyerbukan ini makan kedua bunga anggrek akan menghasilkan anak bunga anggrek yang unik dan berbeda. Berikut ini akan kami sampaikan proses penyerbukan bunga anggrek silang, tentu saja cara ini bisa anda lakukan sendiri.

  1. Siapkan bunga anggrek yang akan anda lakukan penyerbukan.
  2. Setelah itu siapkan tusk gigi, ini digunakan untuk mengambil serbuk sari. Untuk caranya dengan mengkorek bagian dalam organ kelamin jantan.
  3. Setelah mendapatkan serbuk sari masukan kedalam putik bunga anggrek yang berbentuk seperti tabung pada bunga yang sama.
  4. Setelah itu akan muncul bunga anggrek baru.

Yang perlu anda pahami disini, dari ketiga cara tersebut, tidak mudah dalam melakukan penyerbukan bunga anggrek. Untuk faktor yang paling mendukung yakitu pada bagian bunga, baik organ seksual yang letaknya sangat sulit dilakukan penyerbukan.

Dan perlu anda ketahui untuk ketiga cara penyerbukan tersebut yang sudah kami sampaikan bisa berhasil jika anda lakukan oleh bantuan manusia. Karena penyerbukan ini dilakukan dengan aingin atau hewan akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Nah, itulah artikel yang bisa kami sampaikan tentang proses dan jenis penyerbukan bunga anggrek. Semoga artikel proses dan jenis penyerbukan bunga anggrek ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Hias Anggrek

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *