Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Kamboja Jepang

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Kamboja Jepang – Salah satu bunga yang seringkali dicari oleh masyarakat yakni bunga kamboja. Adenium obesum salah satu tanaman yang masuk kedalam salah satu bunga kamboja, karena memang bunga ini termasuk kedalam bunga yang indah. Di Indonesia sendiri tanaman ini disebut dengan nama bunga kamboja jepang.

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Kamboja Jepang

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Kamboja Jepang

Meskipun bunga ini bukan berasal dari Negara jepang, karena didalam budidayanya tanaman ini dengan cara bonsai.

Tidak hanya keindahan dari bunganya saja, tanaman kamboja ini memiliki batang yang cukup indah dan menarik.

Jadi sudah tidak heran jika bunga dari kamboja jepang merupakan primadonanya tanaman jenis ini. ada beberapa tekni yang bisa dilakukan untuk memperbanyak tanaman kamboja jepang.

Tetapi tidak sedikit mereka yang memelihara atau merawat bunga kamboja jepang ini sering mengalami kesulitan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir pada kesempatan kali ini kami akan sampaikan bagaimana cara menghasilkan bunga kamboja jepang yang banyak. Namun kami juga akan sampaikan cara penyerbukan bunga kamboja jepang ini, sehingga bonsai kamboja jepang akan terlihat lebih indah.

Ada beberapa cara mudah agar dalam penyerbukan bunga kamboja jepang Anda berhasil. Tetapi sebelum Anda melakukannya, alangkah baiknya Anda mengetahui karakteristik dari tanaman bunga kamboja jepang.

Karakteristik Kamboja Jepang

  • Waktu berbunga kamboja jepang

Penyerbukan tanaman kamboja jepang ini bisa dilakukan dengan mudah, dan dilakukan bukan saat musim bunga ini. faktor dari banyaknya bunga kamboja yang dihasilkan, akan lebih maksimal jika Anda melakukan penyerbukan bukan pada masa bunga kamboja jepang berbunga.

Beruntung bunga kamboja jepang ini salah satu tumbuhan yang dapat tumbuh hingga sepanjang tahun.

Hanya saja karakteristik dari tanaman ini berbeda-beda tergantung dari jenis pohon ini. karena itulah fungsi dari penyerbukan ini dengan melakukan perkawinan antar jenis kamboja jepang banyak dilakukan oleh ahli tanaman.

  • Tipe penyerbukan kamboja jepang

Menurut beberapa peneliti penyerbukan bunga kamboja jepang ini penyerbukan bisa dilakukan oleh hewan dan manusia. Tetapi jika penyerbukan bunga jepang ini dilakukan oleh manusia bisa lebih cepat.

Jika dibandingkan dengan penyerbukan yang dilakukan oleh hewan. Dengan begitu banyak sekali teknik yang bisa digunakan untuk menghasilkan bunga kamboja jepang yang indah dan banyak dalam 1 cabang.

Hama dan penyakit bunga kamboja jepang

Tentu saja tidak semua jenis tanaman bisa selalu mengalami serangan hama dan penyakit. Pada kondisi yang tidak mendukung dalam pertumbuhan bunga kamboja jepang bisa menghasilkan bunga yang tidak kompak.

Misalnya saja warna bunga jepang menjadi pudar atau bunga gagal mekar. Biasanya penyakit atau hama yang ada di bunga kamboja jepang ini sejenis dengan kutu yang memiliki warna kuning. Hal ini bisa di cegah dengan cara menyemprot pestisida pada tanaman bunga kamboja.

Cara Penyerbukan Bunga Kamboja Jepang

Penyerbukan ini merupakan salah satu fase pertumbuhan dan perkembangan di dalam sebuah tanaman. Didalam hasil dari penyerbukan bisa mendapatkan hasil baru dari satu individu.

Sehingga tanaman bisa dengan mudah ditemukan di alam. Berikut ini kami akan berikan cara melakukan penyerbukan bunga jepang, yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Silahkan ikuti step by step langkah berikut ini.

  1. Langkah yang pertama Anda harus menyiapkan bunga kamboja jepang yang sudah memiliki diameter bunga yang cukup besar. Ini digunakan sebagai penyedia serbuk sari dan bunga lain sebagai tempat penyedia putik serta tempat berkembangnya bakal biji.
  2. Setelah itu yang harus Anda lakukan yakni memotongh bagian kelopak bunga hingga bagian serbuk sari terlihat. Siapkan tusuk gigi atau korek kuping untuk digunakan mengambil serbuk sari bunga kamboja yang berdiameter besar.
  3. Kemudian serbuk sari tersebut di tempatkan pada bagian putik bunga kamboja jepang. Dan pastikan jika Anda meletakan serbuk sari di tempat yang benar agar bisa terjadi pembuahan nantinya
  4. Lalu tutup bagian permukaan bunga kamboja jepang, yang Anda lakukan penyerbukan. Menutupnya bisa menggunakan solatip atau plastik agar serbuk sari tidak berpindah tempat.
  5. Jika langkah tersebut berhasil maka kelopak dari bunga kamboja jepang akan terlepas. Selanjutnya bagian bunga yang berfungsi sebagai tempat terbentuknya bakal biji akan berkembang.

Bakal biji inilah yang nantinya akan berkembang, biji bunga kamboja inilah yang harus Anda perhatikan bagaimana ciri dari biji tersebut. Biasanya biji bunga kamboja jepang ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Tetapi dengan mudah di lihat dan dipegang. Biji ini memiliki bentuk yang lonjong dan panjang. Tentu saja memiliki tekstur yang kasar dan berwarna coklat muda.

Itulah proses cara penyerbukan bunga kamboja jepang yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam penyerbukan bunga kamboja jepang. Terimakasih

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *