Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kamboja

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kamboja – Tanaman kamboja adalah tanaman hias, yang berasal dari Amerika tengah.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kamboja

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kamboja

Tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran rendah sampai dengan ketinggian 700 meter diatas permukaan laut, biasanya kita banyak menemukan tanaman kamboja ini di area lahan pekuburan dan banyak juga yang dijadikan tanaman hias yang ditanam sebagian banyak masyarakat di halaman atau pekarangan rumah mereka.

Tanaman kamboja ini merupakan tanaman hias yang tahan banting terhadap perubahan cuaca yang terjadi. Tanaman kamboja ini memiliki bunga yang dapat hidup sampai dengan ratusan tahun.

Baca Juga :

Tanaman kamboja memiliki beberapa jenis, dari setiap jenis tanaman ini memiliki karakter yang berbeda-beda, dapat dilihat dari bentuk bunga, warna bunga, mahkota bunga dan juga aroma yang berbeda.

  • Adenium obesum, memiliki warna bunga merah dan putih pada bagian tengahnya.
  • Adenium multiflorum, tanaman ini dapat hidup di lingkungan yang kering dan dingin. Bentuk bunganya bisa dibilang paling indah dibandingkan bunga kamboja lainnya. Bunga nya berbentuk bintang dengan warna merah tua dan ada warna putih pada bagian tengah.
  • Adenium swazicum, jenis ini sangat mudah untuk dipelihara.warna bunga yang dihasilkan berwarna merah mudah terang.
  • Adenium boehmianum, jenis ini tumbuh didareah yang berbatu. Bunga kamboja jenis ini memiliki warna merah muda dan ungu. Jenis tanaman kamboja ini jarang dijasikan tanaman hias karena pertumbuhannya yang lambat.
  • Adenium arabicum, jenis tanaman kamboja ini adalah yanh paling jarang ditemukan. Memiliki warna merah dan putih.

Cara menanam tanaman kamboja tidaklah sulit, karena cara menanam tanaman kamboja ini adalah dengan proses teknik pembibitan dengan cara stek.

Dan dapat juga dengan cara dicangkok. Wadah tempat media tanaman kamboja ini adalah pot.

Sebelum kita menanam kita harus perhatikan bahwa disekitar tanah tersebut tidak ada batu, bertujuan untuk tanaman kamboja dapat bertumbuh dengan baik dan sempurna.

Setelah proses menanam kita akan melanjutkan ke tahap perawatan, hingga tanaman kamboja bertumbuh dan berbunga.

Perawatannya pun tidaklah sulit, kita hanya perlu menyiram dengan air jika tanaman kamboja tersebut terlihat kering, dan ada baiknya tanaman kamboja diletakkan di tempat yang mudah terkena cahaya matahari langsung, agar mendapatkan rangsangan dari sinar matahari dan tanaman kamboja dapat bertumbuh dengan sempurna.

Klasifikasi Tanaman Kamboja

  • Kingdom : plantae
  • Subkingdom : Tracheobionta
  • Super Divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnlyphyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Gentilanales
  • Famili : Apocynacecae
  • Genus : Plumeria
  • Spesies : Plumeria acumnita ait

Morfologi Tanaman Kamoboja

  1. Batang

Tanaman kamboja ini memiliki batang yang sangat keras dan bentuknya seperti kayu.

  1. Daun

Warna dari daun tanaman kamboja ini adalah hijau tua dan hijau muda. Daun tanaman kamboja ini sangat membutuhkan sinar cahaya matahari dalam menyimpan makanan dan membuat makanan baru.

  1. Bunga

Bunga yang dimiliki tanaman kamboja ini beragam, tergantung jenis dari tanaman itu sendiri, bentuknya pun bervariasi.

  1. Buah dan biji

Tanaman kamboja memiliki buah yang berbentuk lonjong agak bulat, warnanya hijau, dan hitam jika sudah tua. Biji tanaman kamboja memiliki bentuk yang bulat, putih kusam.

  1. Akar

Akar yang dimiliki tanaman ini adalah akar tunggang. Memiliki warna cokelat muda sampai cokelat tua.

Selain tanaman hias yang memiliki bunga yang cantik, tanaman kamboja ini memiliki beberapa manfaat  yang baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Bunga,daun, akar, getahhingga kulit daripohon tanaman kamboja ini memiliki banyak manfaat  bagi kesehatan dan sebagai obat alami.

Berikut manfaat dari tanaman kamboja antara lain :

  • Mampu menyembuhkan gigi yang sakit atau berlubang

Nyeri pada gigi yang berlubang dapat diatasi dengan getah tanaman kamboja. Yaitu dengan cara : ambil kapas yang sudah di beri air lalu tempelkan  getah tanaman kamboja tersebut, dan tempelkan pada gusi atau gigi yang sedang sakit atau berlubang.

  • Mampu menyembuhkan kencing sakit sampai bernanah

Kencing sakit apalgi bernanah sudah pasti sakit dan tidak enak sekali bukan?

Akar kamboja adalah salah satu tanaman yang mampu menyembuhkan penyakit ini. Caranya adalah: ambil akar tanaman kamboja, lalu rebus akar tanaman kamboja tersebut dan minumlah air rebusan akar tanaman kamboja secara rutin 2 gelas setiap hari.

  • Mampu menyembuhkan bintik kecil pada kulit

Bintik kecil pada kulit yang menular ini dapat diatasi dengan kulit tanaman kamboja loh. Caranya mudah sekali, kulit kamboja yang sudah tersedia kita tumbuk lalu direbus.

Air dari rebusan kulit tanaman kamboja kita gunakan untuk mandi dan bisa juga dengan cara kita gosokokan pada kulit yang sedang mengalami bintik-bintik tersebut.

  • Mampu mengobati bisul

Tanaman kamboja juga berkhasiat untuk mengobati bisul pada tubuh. Caranya adalah, dengan daun kamboja yang diberikan sedikit minyak kelapa, lalau tempelkan pada bisul yang tumbuh di area tubuh.

Dapat juga kita gunakan getah tanaman kamboja tersebut lalu langsung kita tempelkan pada bisul yang tumbuh.

  • Mampu menghilangkan bengkak

Caranya cukup dengan merebus kulit dari tanaman kamboja lalu kita memanfaatkan untuk berendam menggunakan air hangat dan juga air rebusan kulit tersebut.

  • Mampu menyembuhkan luka borok

Cara mengobati luka yang sudah memborok ini dengan cara kita manfaatkan getah dari tanaman kamboja, lalu kita oleskan pada bagian tubuh yang luka tersebut.

  • Mampu menghilangkan atau menghapus tahi lalat.

Dengan cara kita ambil getah tanaman kamboja lalu kita oleskan pada tahi lalat yang akan kita hapus.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018