Sejarah dan Peninggalan Peradaban Mesopotamia

Sejarah dan Peninggalan Peradaban Mesopotamia – Mesopotamia adalah daerah yang terkenal akan peninggalan sejarah dengan peradaban maju pada zaman kejayaannya.

Sejarah dan Peninggalan Peradaban Mesopotamia

Sejarah dan Peninggalan Peradaban Mesopotamia

Mesopotamia sendiri terletak diantara sungai Eufrat dan sungai Tigris yang membuatnya dikenal sebagai daerah diantara sungai sungai.

Karena letak geografisnya, maka tanah mesopotamia dikenal sebagai tanah bulan sabit yang subur.

Selain  itu, peradaban mesopotamia juga diklaim menjadi salah satu peradaban kuno manusia di masa lalu.

Baca Juga :

Hal ini ditandai dengan peninggalan peradaban mesopotamia yang saat ini masih ada dan bisa dipelajari.

Dari peninggalan mesopotamia tersebut dapat disimpulkan bahwa daerah tersebut pernah menjadi daerah peradaban besar dengan cakupan yang luas serta menjadi jalur perdagangan utama antara daerah timur dan daerah barat.

Peradaban mesopotamia memang menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang sangat begitu beragam.

Hal ini disebabkan karena daerah tersebut tidak hanya didiami oleh satu bangsa saja, tetapi terdiri dari berbagai bangsa bangsa seperti babilonia kuno, sumaria, persia, assyria, dan sebagainya.

Dari berbagai bangsa tersebut tentunya memiliki peninggalan peradaban mesopotamia yang berbeda-beda.

berbagai peninggalan sejarah bangsa mesopotamia yang terdiri dari peninggalan akkadia, peninggalan persia, dan sebagainya

Berbagai peninggalan peradaban mesopotamia pada dasarnya dapat diklasifikasikan kedalam beberapa kategori diantaranya yaitu peninggalan budaya atau hasil budaya mesopotamia, arsitektur bangunan hingga pada sektor irigasi maupun pertanian.

Berbagai peninggalan sejarah tersebut telah kami rangkum berdasarkan kategori dari berbagai sumber.

Peninggalan Peradaban Mesopotamia di Berbagai Bidang

zaman sekarang, telah diciptakan berbagai metode identifikasi yang menunjang arkeolog untuk mengenali berbagai peninggalan bersejarah, salah satunya adalah peninggalan mesopotamia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai peninggalan sejarah mesopotamia yang telah ditemukan dan masih ada sampai sekarang ini.

Pada dasarnya, terdapat beberapa peninggalan peradaban mesopotamia yang ditemukan hingga saat ini.

Dibawah ini merupakan poin-poin penting dari beberapa yang menjadi peninggalan peradaban mesopotamia di berbagai bidang :

1). Ziggurat

Salah satu peninggalan peradaban mesopotamia yang sangat mencolok yaitu peninggalan sejarah dari segi arsitektur, Hampir semua orang dari bangsa sumeria membangun kotanya menggunakan aturan aturan perkotaan yang sangat terencana, umumnya mereka membuat bangunan dari tanah liat dan batu bata.

Selain itu, ditemukannya ziggurat juga pertanda terdapat peninggalan peradaban mesopotamia di bidang arsitektur.

Ziggurat sendiri merupakan sebuah menara yang terdiri dari susunan beberapa tingka yang dibuat oleh bangsa babilonia kuno.

Ziggurat yang paling terkenal hingga saat ini ialah menara barbel yang memiliki ketinggian hingga 90 meter.

Fungsi dari bangunan ini adalah untuk menambah keindahan kota serta menjadi mercusuar bagi pedagang sekitar yang hendak menuju ke kota babilonia.

2). Taman Gantung Babilonia

Selain itu, peinggalan mesopotamia yang sangat menarik ialah pembuatan taman gantung.

Taman ini diciptakan pada era babilonia baru, dibawah kepemimpinan raja bangsa khaldea. Taman ini dibuat menyerupai taman yang sedang menggantung jika dilihat dari kejauhan.

Taman gantung ini memiliki bentuk persis seperti podium yang ditanami pepohonan, rumput, hingga bunga bungan dan berdiri diatas bukit buatan.

Selain itu, terdapat aliran air terjun buatan yang berasal dari sungai Eufrat yang membuat taman ini menjadi lebih indah pada masanya.

Sebagai tambahan peninggalan peradaban mesopotamia ini dipersembahkan raja babilonia kepada istrinya tercinta.

3). Peninggalan di bidang kebudayaan

Salah satu hasil budaya mesopotamia adalah penggunaan bahasa komunikasi, bangsa sumeria umumnya menggunakan abjad berupa huruf paku.

Hal ini diperkuat dengan temuan prasasti yang berisi tata aturan, hukum, serta undang undang yang mengatur kerajaan yang seluruh bahasanya menggunan huruf paku.

4). Peninggalan di bidang ilmu pengetahuan

Peninggalan peradaban mesopotamia yang tidak kalah hebat dari bangsa lain ialah di bidang ilmu pengetahuannya.

Bangsa khaldea adalah salah satu bangsa yang pada saat itu telah mengembangkan astronomi dan astrologi.

Mereka percaya bahwa bintang bintang dapat meramalkan apa yang akan terjadi di masa depan.

Masih pada bidang ilmu pengetahuan, bangsa sumeria juga memiliki peninggalan yang masih diterapkan hingga saat ini yaitu sistem kalender atau penanggalan.

Mereka dapat membagi minggu menjadi tujuh hari, dan selain itu satu hari menjadi duabelas jam secara ganda (12 jam siang, 12 jam malam).

Bangsa sumeria juga menggunakan sistem kalender tahunan, yang setiap tahunnya terdiri dari 360 hari, Inilah peninggalan peradaban mesopotamia yang masih tetap kita terapkan.

5). Perpustakaan tertua

Lain halnya dengan bangsa sumeria, bangsa assyria memberikan peninggalan sejarah berupa perpustakaan tertua di dunia, yaitu perpustakaan niniveh.

Perpustakaan ini juga menyimpan beberapa buku pengetahuan yang berbentuk lempengan tanah liat.

Selain itu, bangsa assyria lah yang telah menyempurnakan huruf paku setelah disederhanakan oleh bangsa persia.

Kerajaan assyria juga telah menemukan berbagai obat obatan dan mengembangkan ilmu kedokteran. Hal ini ditandai dengan budaya mereka yang lebih mementingkan kesehatan para tentaranya.

Baca Juga :

Itulah sebagian peninggalan bangsa mesopotamia yang dapat kita pelajari hingga saat ini. Bagi kami, mesopotamia merupakan daerah yang terdiri dari berbagai bangsa yang mayoritas taraf hidupnya sudah maju di berbagai bidang.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai aspek salah satunya adalah dari hasil budaya, pertanian, arsitektur, hingga ilmu pengetahuan mereka.

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *