Sejarah dan Asal Usul Berdirinya Bank BRI

Sejarah dan Asal Usul Berdirinya Bank BRI – Sejarah terbentuknya perbankan di Indonesia tidak terlepas dari masa penjajahan Hindia Belanda.

Pada tanggal 24 Januari 1828  dibentuklah De javasche Bank, kemudian muncul bank lainya seperti Nederlandsche Indische Escompto Maatschappij  pada tahun 1918 sebagai pemegang monopoli pembelian hasil bumi di Indonesia.

Sejarah dan Asal Usul Berdirinya Bank BRI

Sejarah dan Asal Usul Berdirinya Bank BRI

Oleh karena itu, sejarah perbankan di Indonesiapun tidak lepas dari pengaruh negara yang menjajahnya baik dalam bank pemerintah maupun bank swasta nasional.

Setelah kemerdekaan Indonesia, sekitar tahun 1958, pemerintah melakukan nasionalisasi pada bank-bank milik Belanda. Pada tahun 1959 yang kemudian diubah kembali menjadi Bank Umum Negara (BUNEG).

Berikut ini adalah singkat sejarah bank-bank milik pemerintah, yaitu:

  1. Bank Sentral

Bank Sentral Indonesia atau yang sekarang kita kenal dengan nama Bank Indonesia (BI) bank ini dulunya bernama De Javasche Bank yang di nasionalkan pada tahun 1951.

  1. Bank Rakyat Indonesia dan Bank Expor Impor

Bank ini dulunya bernamai De Algemene Volkskrediet Bank, setelah menjadi bank tunggal kemudian berganti nama dengan nama Bank Nasional Indonesia (BNI) Unit II yang bergerak di bidang rural dan expor impor (exim).

  1. Bank Negara Indonesia (BNI ’46)

Bank ini dulunya menjalani BNI Unit III dengan UU No 17 Tahun 1968 kemudian berubah nama menjadi Bank Negara Indonesia ’46.

  1. Bank Dagang Negara(BDN)

BDN dulunya bernama Escompto Bank, dengan UU No 18 Tahun 1968 menjadi Bank Dagang Negara.

  1. Bank Bumi Daya (BBD)

BBD dulunya bernama Nederlandsch Indische Handelsbank, berdasarkan UU No 19 Tahun 1968 berganti nama lagi menjadi Bank Bumi Daya.

  1. Bank Tabungan Negara (BTN)

BTN dulnya bernam De Post Paar Bank yang kemudian menjadi Bank Tabungan Pos tahun 1950. Diubah menjadi Bank Tabungan Negara dengan UU No 20 Tahun 1968.

  1. Bank Mandiri

Bank Mandiri dibentuk pada tahun 1999 merupakan gabungan dari Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) dan Bank Expor Impor Indonesia (Bank Exim).

Sejarah Berdirinya BRI

Sejarah Bank BRI dimulai sejak didirikan lembaga semacam Bank oleh Raden Aria Wiriatmadja pada tahun 1894 di Purwokerto, Jawa Tengah.

Lembaga tersebut diberi nama De Peorwokertoscne Hulp En Spaarbank Der Inlandsche Hoofden atau Bantuan dan Simpanan Milik Pribumi.

Sekitar tahun 1895 didirikanlah sebuah Bank Perkreditan Rakyat pertama di Indonesia dengan nama Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Ambteneren atau Bank Bantuan dan Simpana kaum priyai. Sejak saat itu Bank BRI mengalami beberapa kali pergantian nama,sebagai berikut:

  • Tahu 1912 berganti nama menjadi Centralekas Voor Het Volkscredietwezen.
  • Tahun 1934, berganti nama lagi menjadi Algemeene Volkscrediet Bank (AVB) yang menggabungkan semua bank perkreditan. (Baca Juga : Pengertian Kredit)
  • Tahun 1942, AVB berganti nama lagi menjadi Syomin Ginko.
  • Tahun 1945 Sejak kemerdekaan Republik Indonesia berubah nama lagi menjadi Bank Rakyat Indonesia yang kemudian berganti nama lagi menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat (BARRIS) lalu menjadi Bank Menengah.

Dengan di buatnya Perpu No. 41, berdirilah Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupakan gabungan dari bank BRI, Bank Tani Nelayan dan Nederlandsche Handels Maatschappij (NHM).

Dengan berdasarkan penpres No. 9 tahun 1965, BKTN diintegrasikan kedalam lingkup Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan.

Setelah dibentuknya bank tunggal dengan Nama BNI unit II bidang rural, dan berdasarkan UU No. 14 tahun 1967 Undang-undang perbanka dan UU No.13 tahun 1968 tentang Undang-undang Bank Sentral yang mengembalikan fungsi dari Bank Indonesia sebagai Bank Sentral.

Perubahan status Bank BRI menjadi persero, terjadi pada tanggal 1 Agustus 1992 berdasarkan peraturan pemerintah RI No. 21 tahun 1992 yang mengubah status Bank BRI menjadi PT. BRI Persero tbk.

Visi, Misi, dan Tujuan PT. BRI (persero) Tbk

Visi dari Bank BRI mengutamakan kepuasan nasabah dan menjadi bank komersial terkemuka. dan bank BRI memiliki 3 MISI, yaitu:

  1. Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan terhadap usaha-usaha mikro, ritel dan menengah untuk menunjang perkembangan perekonomi rakyat.
  2. Melakukan pelayanan yang terbaik kepada semua nasabah dengan ditunjang oleh sumber daya manusia yang profesional dan melaksanakan sistem kerja “Good Corporate Governance”.
  3. Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak nasabah.

Tujuan PT BRI (persero) Tbk sebagai berikut:

  1. Menjadi bank terbesar dan terbaik dalam pengembangan usaha kecil dan menengah rakyat.
  2. Menjadi bank yang mempunyai portofolio pinjaman ritel yang sehat, tumbuh dan menguntungkan.
  3. Menjadi salah satu bank terbaik dalam bidang consumer banking.

BRI Dimasa Sekarang

Sejak tanggal 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-Undang Perbankan No. 7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992 status PT.Bank BRI berubah menjadi perusahaan perseroan terbatas. Kepemilikan BRI pada saat itu masih 100% milik Pemerintah Republik Indonesia.

Pada tahun 2003, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menjual saham bank BRI sebesar 30% dari saham bank, sehingga menjadi perusahaan publik.

Anggaran Dasar Perusahaan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengalami beberapa perubahan, yaitu:

  • Anggaran Dasar PT. BRI (persero), Tbk. Perubahannya tercantum dalam Akta No. 51 tanggal 26 Mei 2008 yang telah disetujui oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No.AHU-48353.AH.01.02 tanggal 6 Agustus 2008.
  • Akta Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan (PERSERO) PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk No.51 tanggal 26 Mei 2008.
  • Akta Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Perusahaan (PERSERO) PT Bank Rakyat Indonesia Nomor 4 tanggal 2 Februari 2009.
  • BRI (Persero) tetap konsisten, dan fokus pada pembiayaan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..