Pengertian dan Kewajiban Asasi Manusia

Diposting pada

Pengertian dan Kewajiban Asasi Manusia – Setiap manusia yang hidup di dunia ini memiliki Hak Asasi Manusia atau yang lebih sering disebut dengan HAM.

Pengertian dan Kewajiban Asasi Manusia
Pengertian dan Kewajiban Asasi Manusia

Dengan adanya HAM, maka dapat dipastikan bahwa keadilan terjaga dan keharmonisan antar hidup bermasyarakat juga dapat terjaga.

Namun, setiap orang yang memiliki hak pasti juga memiliki kewajiban yang harus ia laksanakan untuk memperoleh haknya.

Meskipun jarang terdengar, ternyata ada juga istilah Kewajiban Asasi Manusia (KAM).

Lalu, apa pengertian dan definisi dari Kewajiban Asasi Manusia? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Kewajiban Asasi Manusia

Sebelum mengenal lebih lanjut mengenai kewajiban asasi manusia, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu kewajiban.

Menurut Dr. Notonegoro, kewajiban adalah beban yang harus ditanggung oleh seseorang untuk memberikan sesuatu dan tidak dapat diberikan oleh pihak lainnya, yang mana sifatnya memaksa atau harus dilakukan.

Sementara itu, Curzon membagi kewajiban ke dalam lima kelompok, yaitu sebagai berikut.

  • Kewajiban mutlak, yaitu kewajiban yang berdiri sendiri dan terpisah dari hak
  • Kewajiban primer, yaitu kewajiban yang harus dipenuhi oleh seluruh manusia. Beberapa diantaranya adalah kewajiban untuk tidak mencemarkan nama baik, kewajiban untuk tidak melanggar peraturan yang dapat menimbulkan sanksi, kewajiban untuk tidak melawan hukum, dan lain sebagainya.
  • Kewajiban umum, yaitu kewajiban yang harus dipenuhi oleh semua warga negara, baik dalam bidang hukum maupun perjanjian internasional.
  • Kewajiban publik, yaitu kewajiban seseorang untuk mematuhi hukum publik dan perjanjian yang berkaitan dengan hukum perdata.
  • Kewajiban positif, yaitu kewajiban berupa suatu hal yang harus Anda lakukan. Sementara itu, ada juga istilah kewajiban negatif, yaitu hal yang tidak boleh Anda lakukan.

Lalu, apa itu kewajiban asasi manusia? Kewajiban Asasi Manusia (KAM) adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap manusia yang ada di dunia.

Kewajiban tersebut dimiliki oleh semua manusia sejak mereka lahir, sehingga harus dipenuhi baik oleh anak kecil maupun orang dewasa.

Dengan adanya Kewajiban Asasi Manusia (KAM), maka Hak Asasi Manusia (HAM) yang dimiliki setiap orang bisa dibatasi agar tidak mengganggu hak asasi orang lain. Beberapa Kewajiban Asasi Manusia yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

  • Kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Kewiban sebagai manusia berupa kewajiban moral, yaitu apa yang benar dan salah menurut pandangan manusia pada umumnya
  • Kewajiban sosial berdasarkan norma umum yang berlaku di masyarakat tempat tinggal Anda.
  • Kewajiban sebagai anggota keluarga. Sebagai contoh, orang tua memiliki kewajiban untuk mencari uang dan memenuhi kebutuhan anggota keluarganya, sementara anak-anak memiliki kewajiban untuk belajar dengan baik, serta menghormati orang tua mereka.
  • Kewajiban dalam pekerjaan. Setiap orang yang telah memiliki pekerjaan memiliki tanggung jawab dan tugasnya masing-masing. Dengan melaksanakan tugas tersebut, maka mereka bisa memperoleh hak mereka.

Definisi Kewajiban Asasi Manusia

Kewajiban Asasi Manusia (KAM) adalah seluruh kewajiban yang melekat pada tiap manusia untuk menghormati, melindungi , dan menjunjung tinggi nilai-nilai dari hak asasi manusia yang dimiliki oleh setiap orang.

Dengan kata lain, apabila seseorang memiliki hak asasi manusia, maka ia juga harus melaksanakan kewajiban asasi manusia untuk menjamin terpenuhinya hak asasi manusia orang lain.

Jika Anda ingin memahami Kewajiban Asasi Manusia, maka Anda harus memahami Hak Asasi Manusia terlebih dahulu. Berikut merupakan beberapa hak asasi manusia.

  • Hak asasi pribadi (Personal Rights) merupakan hak untuk hidup, hak untuk terbebas dari rasa takut, hak untuk memeluk agama, beribadah menurut agama yang dianut, hak untuk menyatakan pendapat, dan tergabung dalam organisasi yang diinginkan.
  • Hak asasi ekonomi (Property Rights) merupakan hak untuk memiliki sesuatu, termasuk membeli dan menjual sesuatu, serta mengadakan perjanjian tertentu.
  • Hak asasi persamaan hukum (Rights of Legal Equality). Setiap manusia memiliki nilai yang sama di mata hukum, sehingga akan menerima perlakuan yang sama ketika melanggar suatu peraturan.
  • Hak asasi perlakuan yang sama dalam hukum (Procedural Rights), yaitu hak tiap manusia untuk memperoleh perlakuan yang adil ketika melanggar suatu peraturan, meliputi prosedur penangkapan, penahanan, peradilan, hingga pembelaan hukum. (Baca Juga : Pengertian Adil)
  • Hak asasi politik (Political Rights), yang mana setiap orang memiliki hak untuk berstatus sebagai warga negara yang sederajat. Dalam hal ini, maka anggota negara memiliki hak untuk memilih maupun dipilih ketika pemilu, mendirikan partai politi, melakukan kampanye, serta mengadakan petisi untuk menentang keputusan yang diambil oleh pemerintah.
  • Hak asasi sosial dan kebudayaan (Social and Culture Rights), yaitu hak tiap warga negara untuk memperoleh pendidikan formal, serta mengembangkan kebudayaan yang mereka miliki.

Baca Juga : Pengertian Negara

Untuk menjamin hak asasi manusia dari tiap orang, maka perlu dilakukan kewajiban asasi manusia. Sebagai contoh, setiap orang memiliki hak untuk memeluk agama.

Baca Juga :

Oleh karena itu, orang lain memiliki kewajiban untuk menghargai agama orang lain serta membiarkan mereka untuk beribadah sesuai agama dan kepercayaannya.

Itu dia pengertian dan definisi dari kewajiban asasi manusia. Apabila Anda ingin memperoleh hak Anda, maka Anda juga harus melaksanakan kewajiban Anda.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *