Pengertian, Struktur, Bagian dan Fungsi Bronkus

Pengertian, Struktur, Bagian dan Fungsi Bronkus – Di dalam sistem pernapasan terdapat saluran yang menghubungkan udara dari luar hingga ke dalam tubuh.

Sistem tersebut mempunyai fungsi yakni untuk memasukkan oksigen yang berada dari lingkungan dan juga membuang karbondioksida dari dalam tubuh ke luar lingkungan tubuh.

Saluran pipa tersebut terdiri atas tulang rawan yang saling berhubungan satu sama lainnya.

Pengertian, Struktur, Bagian dan Fungsi Bronkus

Pengertian, Struktur, Bagian dan Fungsi Bronkus

Dan bronkus  merupakan saluran pernapasan yang bisa menyalurkan udara yang berasal dari lingkungan yang masuk ke dalam tubuh begitu pun sebaliknya. Baca Juga :

Oleh karena itu, jika di definisikan bronkus adalah salah satu saluran pernapasan yang terdapat di dalam rongga dada.

Saluran tersebut hasil dari percabangan primes dan menjadi saluran pernapasan yang utama ialah trankea (tenggorokan). Bronkus sendiri dapat di bedakan menjadi 2 bagian, yakni:

  • Bronkus primer

Bronkus ini asal nya dari percabangan trankea atau saluran utama dalam pernapasan. Di mana percabangan tersebut di mulai dari titi hilum atau ujung tulang dada.

Bronkus primer memiliki jumlah sebanyak 2 buah yang kiri dan kanan dan bronkus primer juga berada di dalam rongga dada. Selain itu, struktur dari bronkus primer mirip dengan struktur trankea.

  • Bronkus sekunder

Bronkus sekunder ialah bronkus yang berasal dari percabangan bronkus primer di mana cabang utama bronkus sekunder berada di tiap-tiap lobus paru-paru.

Ukuran bronkus sekunder lebih kecil jka di bandingkan dengan bronkus primer dan memiliki lapisan sel yang lebih tipis.

Selian itu, bronkus primer sebelah kanan memiliki bentuk percabangan sebanyak 3 bronkus sekunder. Dan bronkus primer sebalah kiri memiliki bentuk 2 bronkus sekunder.

Jumlah yang berbad-beda tersebut telah di sesuaikan dengan jumlah lobus paru-paru. Karena junlah paru-paru yang berada di bagian kaknan memiliki 3 lobus.

Sedangkan paru-paru di bagian kiri memiliki 2 lobus, hal itu karena paru-paru yang berada di sebelah kiri berbagi runag dengan jantung.

Struktur Bronkus

Bronkus memiliki struktur sebanyak 4 buah, yakni jaringan epitel, lamina propia, jaringan otot dan juga tulang rawan. Dan berikut adalah penjelasan dari struktur bronkus.

  1. Jaringan Epitel

Epitel yang menyusun brokus ialah jenis epitel silindris bersilia. Di mana terdapat sel-sel epitel yang dapat menghasilkan lender atau mucu yang memiliki fungsi untuk menangkap kotoran.

  1. Lamina Propina

Lamina propina (membrane dasar) mempunyai fungsi sebagai pondasi untuk sel epitel. Lamina propia ialah salah satu lapisan jaringan ikat dan lapisan yang berada di dalam nya ialah sel-sel limfosit yang telah terkait dengan sistem pertahanan tubuh.

  1. Jaringan Otot

Jaringan otot yang menyusun bronkus ialah otot polos dan lapisan jaringan tersebut berada di bawah lapisan lamina propia.

  1. Tulang Rawan

Tulanga rawan adalah tulang yang sangat utama dalam penyusunan saluran pernapasan. Tulang rawan berbeda dengan trankea. Karena tulang rawan tersusun sangat teratur dan berbentuk seperti jala. Baca Juga :

Susunan tulang rawan pada bronkus berada di paling luar. Selain itu tulang rawan juga sangat ideal dalam saluran pernapasan di karenakan tulang rawan bersifat lunak sehingga mudah dalam gerakan pernapasan.

Fungsi Bronkus

  • Untuk melembabkan udara pernapasan
  • Sebagai tempat untuk menyaring udara pernapasan.
  • Sebagai tempat untuk menangkap kotaran yang masuk bersama udara pernapasan.
  • Sebagai penghubung trankea dan juga paru-paru.
  • Sebagai tempat untuk menyalurkan karbondiaksida dari dalam tubuh ke luar.
  • Menyalurkan oksigen yang berasal dari lingkungan masuk ke dalam tubuh.
  • Sebagai tempat untuk menopang paru-paru.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..