Cara Budidaya Tanaman Apel Secara Organik

Cara Budidaya Tanaman Apel Secara Organik – Apel merupakan jenis buah yang populer di Indonesia, banyak varietas apel yang dijual di sini contohnya apel manalagi atau sering disebut apel Malang, apel Granny Smith dan apel Fuji.

Cara Budidaya Tanaman Apel Secara Organik

Cara Budidaya Tanaman Apel Secara Organik

Meskipun banyak apel yang tersebar di Indonesia, apel ini bukan berasal dari Indonesia melainkan Eropa dan Asia Barat.

Kemudian seiring berjalannya waktu penyebarannya meluas hingga ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Hingga kini terdapat kurang lebih ada 8000 varietas apel yang dibudidayakan di seluruh dunia.

Baca Juga :

Dalam proses pembudidayaan nya terdapat syarat yang harus dipenuhi salah satunya adalah iklim. Iklim yang cocok pertumbuhan pohon apel adalah sedang yaitu tidak terlalu panas maupun dingin.

Namun ada beberapa varietas apel memiliki adaptasi yang baik di dataran tinggi yang memiliki suhu dingin seperti apel Malang.

Jenis Tanaman Apel

Beberapa jenis benih apel yang banyak dikembangkan di Indonesia diantaranya Rome Beauty, Manalagi dan Ana.

Pada apel Rome Beauty cirinya adalah kulit buah berwarna merah kehijauan, agak bulat, daging buah agak keras, beraroma kuat, dan rasanya segar sedikit asam.

Kemudian apel manalagi memiliki ciri khas yaitu kulitnya berwarna kuning kehijauan, agak bulat, rasanya manis, aromanya harum (wangi), dan kandungan airnya agak kurang.

Sedangkan apel Ana berbentuk lonjong, kulitnya berwarna merah dan tipis, daging buah lunak dan rasanya asam.

Okulasi merupakan cara yang baik untuk memperbanyak benih dimana untuk batang bawah maupun batang atas lurus dan sehat, akar serabutnya lebat, daunnya subur dan sehat, berumur 6 bulan atau lebih, selain itu juga memiliki bersertifikat.

Tips penanaman apel secara organik

Selain itu pohon apel juga membutuhkan sinar matahari yang cukup yakni sebanyak 50 – 60 % per hari. Lahan penanaman apel sebaiknya beriklim kering atau memiliki curah hujan tahunan sebesar 1.000 – 2.500 mm dan memiliki kelembaban udara 75–85 %. Namun curah hujan tinggi yang turun bersamaan dengan musim pembungaan dapat menggagalkan bunga menjadi buah. Waktu dan temperatur yang disarankan untuk pertumbuhan yang optimum adalah 1000 jam di bawah 7 °C.

Tanaman apel biasanya ditanam pada ketinggian 1500 meter hingga 2600 meter di atas permukaan laut. Jenis tanah yang ditanami pohon apel cukup fleksibel karena dapat tumbuh pada hampir semua jenis tanah.

Namun, jenis tanah yang direkomendasikan untuk pertumbuhan optimal adalah tanah liat yang cukup kering dengan pH optimal berkisar 5.5 sampai 6.5 dengan aerasi yang baik.

Namun untuk penanaman dengan skala yang cukup besar, sebaiknya dilakukan sampling tanah terlebih untuk menentukan apakah tanah tersebut subur dan sesuai.

Bahan-bahan yang dipersiapkan untuk menanam apel

Lahan yang disiapkan untuk penanaman apel biasanya adalah model square atau hexagonal.

Dimana tanah pada lahan tersebut diberi lubang dengan kedalaman masing-masing 60 cm, di dalam lubang disarankan diberi campuran pupuk kandang sebanyak 35 kilogram, 500 gram fosfat, dan 50 gram malathion kemudian dibiarkan mengalami inkubasi minimal 2 minggu.

Adapun jarak tanam yang dianjurkan untuk varietas Manalagi adalah 3 – 3,5 m X 3,5 m, tetapi untuk Ana dan Rome Beauty adalah 2 – 3  m X 2,5-3 m.

Pupuk yang dibutuhkan oleh pohon apel rata-rata 8 hingga 10 kilogram per tahun per pohon. Dimana pupuk tersebut mengandung unsur hara makro (C, H, O, N, P, K, Ca, Mg dan S) dan unsur hara mikro (Fe, Zn, Mn, Cu, B, Mo).

Lalu terakhir ada beberapa perlakuan pada tanaman apel selama pertumbuhan diantaranya perompesan daun atau defoliasi buatan disertai pelengkungan cabang dan pemangkasan bagian ujungnya yang bertujuan memecahkan tunas generatif terutama tunas lateral yang diikuti dengan keluarnya bunga.

Perompesan daun sebaiknya dilakukan ketika tunas generatif sudah padat, biasanya sekitar 2 minggu setelah panen. Pohon apel rata-rata dapat berbuah setelah 4 – 5 bulan dihitung dari waktu dimulainya penanaman.

Mengenal apel lebih dekat, lihat manfaat yang terkandung di dalamnya

Sudah banyak peneliti yang mengemukakan manfaat dari tanaman apel, berikut adalah di antaranya:

  1. Apel dipercaya kaya akan nutrisi

Perlu anda ketahui jika buah apel ini banyak sekali mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat baik dan juga sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti halnya kandungan Vitamin A, C dan berikut dengan kandungan mineral nya yang sangat tinggi. Tentunya kandungan vitamin dan mineral tersebut sangat baik bagi kesehatan kulit dan juga mata kita.

  1. Apel mampu menjaga kesehatan jantung anda

Pada buah apel sendiri terdapat kandungan seperti polifenol, nyatanya memang kandungan itu mampu memberi efek antioksidan yang begitu bermanfaat bagi kesehatan jantung selain itu juga bisa menurunkan risiko dari serangan stroke.

  1. Membantu untuk menurunkan berat badan anda

Apel telah dikenal sebagai buah yang kaya serat dan juga mineral, banyak penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli di negara Amerika telah menyimpulkan bahwa jika anda makan apel dalam waktu  10 minggu maka buah apel mampu memangkas berat tubuh anda.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..