Dampak Pemberian Air Kotor Terhadap Proses Pertumbuhan Tumbuhan

Dampak Pemberian Air Kotor Terhadap Proses Pertumbuhan Tumbuhan – Air adalah suatu kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Jika manusia kekurangan air pada tubuh maka manusia akan lemas dan tidak ada kekuatan.

Dampak Pemberian Air Kotor Terhadap Proses Pertumbuhan Tumbuhan

Dampak Pemberian Air Kotor Terhadap Proses Pertumbuhan Tumbuhan

Air memiliki peran yang penting bagi tubuh manusia, yaitu untuk menyerap dan mencerna zat makanan  ke dalam darah dan dapat melarutkan semua jenis zat yang berada pada tubuh manusia.

Baca Juga :

Manusia harus mendapatkan jumlah air yang harus tercukupi jumlahnya, tidak beda halnya dengan tumbuhan, tumbuhan juga merupakan makhluk hidup yang dapat bertumbuh dan juga membutuhkan asupan air unntuk proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Air merupakan hal yang penting untuk tumbuhan dan pertumbuhannya, tanpa air tumbuhan tidak dapat bertumbuh. Tanpa air tumbuhan akan mati.

Maka dari itu mengapa tumbuhan pada saat musim hujan sangat subur, karena tumbuhan mendapatkan kecukupan dalam air.

Air adalah mineral yang membuat tumbuhan dapat hidup dan bertumbuh secara baik dan sempurna.

Sebelum membahas dampak air kotor, berikut adalah darimana air berasal.

Inilah sumber-sumber air ang dilihat darimana air tersebut berasal, antara lain :

  • Air laut, air laut ini memiliki sifat asin karena banyak kandungan garam didalamnya, tidak boleh dikonsumsi secara langsung sebelum diproses atau diolah.
  • Air atmosfir, ini adalah air yang memiliki asal dari langit, atau dikenal sebagai air hujan. Air ini adalah satu-satunya air yang sangat murni karena tidak mengandung pencemaran. Air hujan kotor karena adanya polusi udara pada daerah tersebut. Walupun air hujan ini sangat murni namun air hujan tidak boleh dikonsumsi secara langsung.
  • Air permukaan, adalah sumber untuk bahan baku air bersih. Untuk menjadikan air permukaan ini sebagai air minum tetap harus dilihat dari segi kualitas yang dimiliki oleh air tersebut yaitu : kualitas dan mutu air tersebut, jumlahnya. Air permukaan adalah air yang sangat mudah terkena pencemaran, pencemaran yang dilakukan oleh manusia dan apapun yang ada disekitarnya. Air permukaan ada 3 jenis yaitu :
    1. Air sungaiè adalah air yang mengalir dari tempat yang lebih tinggi menuju tempat yang rendah dan akan berakhir dilaut. Air sungai adalah air yang sering digunakan untuk konsumsi air minum (air yang dikonsumsi). Lihatlah air sungai yang akan menjadi air minum ini apakah sudah tercemar atau belum, gunakan alt uji kualitas air agar dapat mengetahui kualitas air sungai tersebut.
    2. Air tanahè adaalah air hujan yang sampai ke permukaan bumi lalu diserap oleh lapisan tanah dan menjadi air tanah.
  • Air kotor, adalah air yang sudah tercemar baik oleh manusia maupun hewan dan tumbuhan yang terdapat dilingkungan sekitar dimana air tersebut berada.

Secara umum akibat yang dapat muncul dari hasil pencemaran air sangat membuat manusia menjadi khawatir, terlebih lagi jumlah polusi pada air yang sudah cukup terbilang banyak dan hampir melewati batas.

Nah pada kesempatan kali ini, kita kaan membahas apa sih dampak pemberian air kotor terhadap proses pertumbuhan tumbuhan? berikut adalah penjelasannya :

1). Dapat mengakibatkan tumbuhan tidak bertumbuh

Tumbuhan tidak dapat bertumbuh dengan baik dan sempurna karena air kotor sudah membuat sistem metabolisme tumbuhan tersebut terganggu.

Dan proses pertumbuhan terhadap tumbuhan tersebut menjadi sangat lambat dan bisa jadi tidak dapat tumbuh atau tumbuhan tersebut mati.

2). Hasil pertanian dapat berubah

Pertanian yang tidak mendapatkan air yang bagus, atau mendapatakan air yang kotor, air yang sudah tercemar maka pertanian atau perkebunan tumbuhan tersebut tidak dapat bertumbuh dengan baik, dan akan lambat dalam pertumbuhannya.

Dari segi hasil waktu yang tidak tepat dan juga segi hasil kualitas dari tumbuhan tersebut. Maka sebisa mungkin hindari pemberian air kotor untuk tumbuhan.

3). Perubahan rasa dari hasil pertanian

Perubahan rasa dari hasil tumbuhan juga akan berdampak dari air yang di berikan terhadap tumbuhan tersebut.

Jika kita memberikan air bersih untuk menyiram tumbuhan maka tidak diragukan lagi tumbuhan tersebut akan menghasilkan buah atau daun yang bagus dan sempurna sebaliknya, jika memberikan air kotor untuk tumbuhan atau pertanian kita maka buah atau dana yang akan dihasilkan sudah pasti tidak menghasilkan yang terbaik dan rasanya sudah pasti tidak seenak tumbuhan atau tanian yang diberikan air bersih.

Untuk pembaca yang sedang melakukan penanaman atau sedang mencoba bertani dan berkebun mulailah perhatikan air apa yang digunakan untuk menyiram tumbuhan tersebut.

Karena sudah jelas seperti yang dijelaskan diatas, bahwa air kotor membawa dampak yang tidak baik bagi tumbuhan, tumbuhan tidak dapat berkembang dengan baik dan sempurna dan ada juga tumbuhan yang mati karena diberikan air kotor.

Air walaupun kelihatannya hal yang sepele namun berperan penting bagi tumbuhan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, agar tidak menganggap remeh dari kegunaan air yang selama ini kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..